Sukses


Pengertian Investasi beserta Jenis dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Setiap orang tentu ingin selalu memiliki kondisi finansial yang mencukupi, pada saat ini dan di masa depan. Satu di antara cara agar finansial tetap stabil adalah melakukan investasi.

Secara umum, investasi merupakan upaya menyimpan aset atau barang dengan tujuan untuk menambah pendapatan.

Sementara, menurut OJK pengertian investasi adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.

Pada era modern ini, investasi telah menjadi sebuah tren bagi sebagian kalangan dalam menghasilkan penghasilan tambahan. Investasi sering dilakukan dengan membeli suatu barang atau aset.

Investasi bisa dilakukan oleh individu maupun badan usaha seperti perusahaan, yang manfaatnya bisa diambil di kemudian hari.

Untuk memahami lebih lanjut perihal investasi, Anda bisa membaca pengertian beserta manfaat dari melakukan investasti.

Berikut pengertian investasi beserta jenis dan manfaatnya, seperti disadur dari Merdeka, Kamis (1/9/2022)

2 dari 5 halaman

Pengertian Investasi

Pengertian investasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Berdasarkan pada pengertian tersebut, kita tahu bahwa investasi adalah satu di antara cara mendapatkan keuntungan.

Di samping pengertian tersebut, investasi memang hal yang lekat dengan kegiatan usaha ataupun bisnis.

Pada suatu tatanan produsen, investasi tidak hanya dapat diwujudkan dalam bentuk uang, melainkan juga bisa dalam berbentuk persediaan modal yang bersifat fisik seperti halnya mesin, bangunan, serta properti yang lainnya.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan investasi cenderung akan dilakukan untuk bidang barang penunjang produksi.

3 dari 5 halaman

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Mulyadi

Pengertian investasi adalah sebuah keterkaitan antara dari sumber-sumber yang dalam suatu periode dengan masa yang panjang untuk mendapatkan hasil keuntungan di masa yang selanjutnya.

Haming dan Basmalah

Pengertian investasi merupakan pengeluaran pada saat ini untuk kemudian membeli berbagai jenis aset lain seperti tanah, kendaraan bermotor, rumah, dan lain-lainnya. Aset-aset inilah yang nantinya dapat digunakan untuk mencapai tujuan dalam memperoleh pendapatan yang lebih besar pada masa depan.

Sadono Sukirno

Pengertian investasi adalah sebuah bentuk dari kegiatan menanam dan mengeluarkan modal, yang digunakan untuk bisa menambah barang keperluan baik dalam hal produksi. Barang produksi ini nantinya akan digunakan untuk perkembangan usaha dalam bidang ekonomi. 

Martono dan D. Agus Marjito

Pengertian investasi merupakan penanaman dari modal atau dana yang dilakukan pada suatu perusahaan untuk kemudian dimasukkan menjadi sebuah aset dengan sebuah harapan untuk bisa memperoleh pendapatan yang lebih besar di masa yang akan datang.

Boediono

Pengertian investasi adalah suatu pengeluaran dari sektor produsen untuk melakukan pembelian sebuah barang dan jasa yang akan digunakan untuk makin menambah stok dan makin memperluas area dari pabrik itu sendiri.

James C. Van Horn

Pengertian investasi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan atau dilangsungkan dengan memanfaatkan kas yang ada pada masa saat ini atau sekarang. Hal tersebut ditujukan agar bisa memiliki dan memperoleh pendapatan yang lebih besar di masa depan.

Henry Simamora

Pengertian investasi adalah aktiva yang digunakan pada sebuah company untuk meningkatkan pertumbuhan kekayaan lewat distribusi dari hasil investasi. Contohnya royalti, bunga, deviden, pendapatan sewa dan berbagai hal lainnya.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan manfaat bagi perusahaan melalui hasil hubungan perdagangan yang diperoleh melalui cara berinvestasi.

Fitz Gerald

Pengertian investasi adalah sebuah kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan sebuah usaha penarikan sumber-sumber yang akan digunakan untuk mengadakan suatu barang.

4 dari 5 halaman

Manfaat Melakukan Investasi

Setelah mengetahui pengertian investasi, Anda juga harus mengetahui apa saja manfaat dari investasi. Ada banyak alasan mengapa setiap orang akan perlu melakukan investasi.

Pasalnya, investasi yang dapat dilakukan saat ini akan dapat diproyeksikan untuk tujuan serta manfaat tertentu, sesuai kebutuhan manusia masing-masing.

Berikut ini beberapa tujuan dan manfaat dari melakukan investasi:

Mengamankan Aset Kekayaan

Kita telah mengetahui aset kekayaan yang dimiliki seseorang bisa saja hilang ataupun habis sewaktu-waktu karena berbagai hal, misal inflasi. Melakukan investasi merupakan suatu hal yang bisa jadi cara untuk mengamankan aset kekayaan yang telah dimiliki seseorang.

Contohnya, saat terjadi inflasi di dalam satu tahun sebanyak tiga persen maka investasi dengan imbal hasil tiga persen akan dapat kembalikan atau menjaga aset yang Anda miliki.

Sebagai Dana Pensiun

Pengertian investasi adalah suatu upaya untuk menabung jangka panjang. Investasi akan dapat digunakan untuk dana simpanan atau pensiunan di masa tua yang akan datang.

Untuk itu, perlu dipersiapkan dana pensiun di hari tua. Sebab, manfaat dari investasi bisa disimpan dan dinikmati ketika sudah pensiun dan tidak dapat bergantung pada gaji. Dengan begitu, kebutuhan masa tua tetap bisa terpenuhi.

Rencana Pendidikan Anak

Seiring berjalannya waktu maka juga makin meningkatnya mutu dari pendidikan, dan yang paling signifikan adalah biaya pendidikan juga ikut meninggi.

Seperti yang disinggung sebelumnya, manfaat investasi bisa dirasakan di kemudian hari. Hal ini berarti melakukan investasi sedini mungkin bisa jadi jalan untuk memenuhi biaya pendidikan anak di masa depan.

Sebagai Dana Rencana Lainnya

Pengertian investasi adalah sebagai upaya untuk menabung dan simpanan di hari kelak nanti. Bukan saja untuk dana pensiun atau rencana pendidikan, manfaat investasi juga bisa dimanfaatkan untuk rencana lainnya sesuai kebutuhan.

Misalnya, untuk pernikahan atau kebutuhan lain yang membutuhkan dana tidak sedikit. Hasil dari investasi bisa dimanfaatkan sebagai tabungan untuk dana tambahan.

5 dari 5 halaman

Jenis-jenis Investasi

Setelah kita mengetahui pengertian dan manfaat investasi, Anda juga harus mengetahui jenis-jenis investasi yang patut untuk dilakukan. Beberapa jenis-jenis investasi yang dapat dilakukan antara lain:

Reksa Dana

Reksa Dana bisa menjadi satu di antara pilihan investasi bagi pemula. Reksa dana terbilang mudah dipelajari dan dijangkau dibanding jenis investasi lainnya.

Terlebih saat ini banyak platform yang memfasilitasi kegiatan investasi reksa dana dengan mudah. Pembelian reksa dana juga bisa dimulai dengan modal yang kecil dan bisa dilakukan untuk jangka panjang dan jangka menengah.

Saham

Saham merupakan satu di antara jenis investasi yang digandrungi saat ini. Bahkan, bisa dibilang saham ini adalah jenis investasi yang paling populer dan banyak peminatnya saat ini.

Menurut KBBI, saham adalah surat bukti pemilikan yang menjadi bagian modal perseroan terbatas. Pemilik saham, berhak atas dividen sesuai besar kecilnya modal yang disetor.

Emas

Investasi juga dapat kita lakukan dengan membeli serta kemudian menyimpan perhiasan seperti emas. Emas merupakan satu di antara produk yang harganya terus alami kenaikan sehingga akan cocok dijadikan sebagai barang investasi yang dapat dimanfaatkan kemudian hari.

Properti

Sama halnya emas, kepemilikan properti seperti rumah, tanah, dan apartemen juga bisa jadi pilihan investasi. Seperti emas, nilai investasi properti akan terus mengalami peningkatan harga setiap tahun. Kepemilikan properti sebagai bentuk investasi juga menjadi pilihan banyak orang.

Selain harga yang terus naik, properti bisa dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan selama masa investasi. Namun, investasi properti juga membutuhkan modal yang tidak sedikit.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Rakha Fahreza Widyananda. Published: 9/3/2021)

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer