Sukses


Macam-Macam Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Fungsi Otak

Bola.com, Jakarta - Otak menjadi satu di antara organ tubuh yang memiliki fungsi vital sehingga menjaga kesehatan dan fungsinya setiap saat menjadi sebuah keharusan.

Otak merupakan organ yang beperan sebagai pusat kendali tubuh dan menyusun sistem saraf pusat. Dengan tugas krusial tersebut, itulah mengapa otak harus selalu dijaga.

Pada saat fungsi otak mengalami gangguan, hal tersebut akan memengaruhi keadaan tubuh secara menyeluruh, terutama kemampuan daya ingat.

Ada banyak hal yang tanpa sadar kita lakukan dapat membuat fungsi otak menjadi terganggu dan bahkan memiliki efek buruk yang berkepanjangan.

Berbagai hal tersebut tentu harus dihindari agar fungsi otak tetap optimal dan kesehatan kita secara menyeluruh tidak terganggu.

Apa saja kebiasaan buruk tersebut? Berikut macam-macam kebiasaan buruk yang dapat merusak fungsi otak, dilansir dari PharmiWeb, Sabtu (3/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Fungsi Otak

1. Tidak Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Kekurangan waktu tidur bisa menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan. Hal tersebut juga bisa menyebabkan kantuk di siang hari, depresi, dan ingatan yang terganggu.

Kurang tidur bisa mengganggu hingga merusak fungsi otak secara keseluruhan, bahkan kekurangan tidur yang digantikan dengan tidur semalaman tidak dapat membantu otak Anda pulih dengan cepat.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah berusaha untuk memiliki waktu tidur yang cukup, paling tidak 7-8 jam setiap malamnya, dan melakukan kegiatan yang menenangkan pikiran sebelum tidur agar otak lebih rileks.

2. Merokok

Selain dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, merokok yang Anda lakukan bisa mengganggu atau merusak fungsi otak.

Asap rokok mengandung berbagai macam bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Kecanduan nikotin yang ada di dalam rokok dapat menyusutkan otak, dan penyusutan otak untuk waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

3. Terlalu Banyak Makan

Terlalu banyak mengonsumsi makanan bisa menyebabkan kita mengalami kelebihan berat badan, merasa kembung, dan menyebabkan beberapa penyakit.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan juga dapat merusak fungsi otak. Hal tersebut bisa mengeraskan pembuluh darah di otak dan merusak kemampuan mental.

3 dari 4 halaman

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Fungsi Otak

4. Tidak Sarapan

Banyak orang meninggalkan waktu sarapan mereka. Padahal, setiap pagi setelah bangun tidur, tubuh Anda membutuhkan asupan nutrisi. Melewatkan waktu sarapan dapat menyebabkan otak kekurangan asupan nutrisi.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa beberapa anak-anak yang memakan sarapan, memiliki kinerja yang baik di sekolah daripada mereka yang tidak.

Selain itu melewatkan waktu sarapan Anda, bisa menyebabkan kadar glukosa darah rendah, yang berdampak buruk pada fungsi otak.

5. Memutar Musik Menggunakan Earphone Terlalu Keras

Jika Anda mempunyai kebiasaan mendengarkan musik menggunakan earphone terlalu keras, hentikan kebiasaan tersebut mulai saat ini juga.

Kebiasaan itu bisa menyebabkan gangguan pada pendengaran bahkan kehilangan kemampuan mendengar. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah pada otak, seperti kehilangan memori dan kerusakan jaringan otak.

6. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dalam jangka waktu yang lama dapat mengganggu tubuh untuk menyerap protein dan nutrisi.

Hal tersebut menimbulkan kondisi yang biasa disebut sebagai malnutrisi, yang dapat menghambat pertumbuhan otak.

Hal ini terjadi karena tubuh mengalami kekurangan nutrisi yang cukup signifikan di dalam darah dan menyebabkan suplai nutrisi ke otak tidak berjalan lancar serta menyebabkan terhalangnya pertumbuhan otak.

4 dari 4 halaman

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Fungsi Otak

7. Minum Alkohol

Alkohol dapat merusak organ tubuh, terutama sistem saraf, hati, dan jantung. Hal tersebut akan berdampak pada reaksi kimia yang terjadi di otak. Alkohol dapat memengaruhi otak dalam banyak hal, seperti gangguan memori dan memperlambat waktu reaksi.

8. Tidak Banyak Bergerak

Tidak banyak melakukan aktivitas fisik juga bisa memengaruhi kesehatan otak Anda. Makin lama tidak berolahraga secara teratur, makin besar kemungkinan Anda mengalami demensia.

Anda juga lebih mungkin terkena diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi, yang semuanya berkaitan dengan Alzheimer.

Anda tidak perlu pergi ke gym atau melakukan olahraga berat lainnya. Cukup berlari kecil atau berjalan cepat di taman atau sekitar lingkungan sudah cukup. Yang penting, lakukan aktivitas ini secara rutin minimal tiga hari dalam seminggu.

 

Sumber: PharmiWeb

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer