Sukses


Jenis Gelombang Elektromagnetik Berdasarkan Frekuensi yang Paling Besar hingga Kecil

Bola.com, Jakarta - Pada kehidupan sehari-hari kita kerap memanfaat gelombang elektromagnetik tanpa disadari. Contohnya teknologi rontgen, microwave, hingga sinyal yang diterima smartphone.

Lantas apa yang dimaksud dengan gelombang elektromagnetik? Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang memancar tanpa melalui media rambat yang memuat energi listrik dan magnet (elektromagnetik).

Selain itu, gelombang elektromagnetik terdiri dari sebaran spektrum radiasi dengan variasi panjang gelombang dan frekuensi. 

Frekuensi adalah jumlah gelombang yang melalui suatu titik dalam satu satuan waktu. Hubungan antara kecepatan gelombang, frekuensi, dan panjang gelombang.

Di sisi lain, panjang gelombang dan frekuensi merupakan dua besaran yang saling berbanding terbalik. Panjang gelombang besar menunjukkan frekuensi kecil dan panjang gelombang kecil menunjukkan frekuensi besar.

Lalu, jenis gelombang elektromagnetik apakah yang memiliki frekuensi paling besar dan paling kecil?

Berikut ini jenis gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi dari yang paling besar ke yang paling kecil, dikutip dari laman Fisika, Jumat (16/9/2022).

2 dari 5 halaman

Jenis Gelombang Elektromagnetik Berdasarkan Frekuensi

1. Sinar Gamma

Jenis gelombang elektromagnetik dengan frekuensi paling besar adalah sinar gamma. Frekuensi yang dimiliki sinar gamma berada dalam rentang 1018 Hz sampai 1022 Hz. Sinar gamma dihasilkan melalui proses di dalam inti atom (nuklir).

2. Sinar X

Di urutan kedua, ditempati oleh Sinar-X, yang dikenal juga dengan nama sinar Rontgen. Sinar-X berada pada rentang frekuensi 3 x 1013 Hz dan 5 x 1019 Hz. Sinar-X dihasilkan melalui proses transisi internal elektron di dalam atom atau molekul.

3 dari 5 halaman

Jenis Gelombang Elektromagnetik Berdasarkan Frekuensi

3. Sinar Ultraviolet (UV)

Urutan ketiga ditempati oleh sinar ultraviolet (UV). Rentang frekuensi sinar ultraviolet berada pada kisaran 8 x 1013 Hz sampai 1017 Hz. Sinar ultraviolet berasal dari matahari.

4. Cahaya atau Sinar Tampak

Urutan keempat ditempati oleh cahaya atau sinar tampak. Spektrum frekuensi sinar tampak berada pada rentang 4 x 1013 Hz sampai 8 x 1013 Hz. Sinar tampak dihasilkan melalui proses dalam skala atom dan molekul berupa pengaturan internal dalam konfigurasi elektron.

4 dari 5 halaman

Jenis Gelombang Elektromagnetik Berdasarkan Frekuensi

5. Sinar Inframerah (Infrared/IR)

Sinar inframerah (infrared/IR) berada di urutan kelima. Rentang frekuensi sinar inframerah berada pada kisaran 3 x 1011 Hz sampai 4 x 1013 Hz. Sinar inframerah dihasilkan oleh proses di dalam molekul dan benda panas akibat getaran atomik dan molekuler.

6. Gelombang Mikro

Gelombang mikro ada di peringkat keenam. Frekuensi gelombang mikro berada pada kisaran 3 x 109 Hz sampai 3 x 1011 Hz. Gelombang mikro dihasilkan pada sistem radar untuk mendeteksi keberadaan objek.

5 dari 5 halaman

Jenis Gelombang Elektromagnetik Berdasarkan Frekuensi

7. Gelombang Radio

Gelombang elektromagnetik dengan frekuensi paling kecil ditempati oleh gelombang radio. Rentang frekuensi gelombang radio berada pada kisaran 5 × 105 Hz sampai 109 Hz.

Gelombang radio dihasilkan dari alat-alat elektronik berupa rangkaian osilator yang terdiri dari variasi dan gabungan komponen resistor (R), induktor (L), dan kapasitor (C).

 

Sumber: Fisika

Dapatkan artikel jenis berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer