Sukses


Bacaan Doa agar Diterima Kerja Menurut Islam

Bola.com, Jakarta - Untuk mempermudah jalan dalam mencari pekerjaan, Anda dapat melafalkan bacaan doa agar diterima kerja.

BACA JUGA: Doa Dimudahkan Segala Urusan Lengkap Dengan Artinya

Bisa mendapatkan pekerjan yang sesuai keinginan tentu bukan perkara mudah. Banyaknya saingan sering menjadi satu di antara alasannya.

Selain berusaha sekuat mungkin, bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan juga harus memperbanyak berdoa kepada Allah Swt.

Memanjatkan doa kepada Allah Swt. dimaksudkan untuk memohon petunjuk serta kemudahan dari Sang Maha Kuasa atas apa yang sedang dilakukan.

Percuma saja jika sudah berusaha, tetapi Allah belum mengizinkan untuk mendapatkannya. Allah Swt. merupakan tempat di mana kita meminta dan hanya Dia yang bisa memudahkan jalan kita.

Berikut bacaan doa agar diterima kerja menurut Islam yang bisa Anda lafalkan, seperti disadur dari Dream, Selasa (20/9/2022).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Diterima Kerja

Doa Minta Ampun agar Diterima Kerja

Setiap manusia tentu tidak terlepas dari dosa. Namun, selama masih hidup dan Anda menyadari akan dosa tersebut, segeralah untuk bertobat dan memohon ampun kepada Allah Swt.

Dengan menyadari kesalahan dan ingin memohon ampun secara tulus dan ikhlas, ampunan Allah Swt. akan diberikan.

Jika Anda merasa bahwa dosa yang pernah dilakukan di masa lalu telah menghambat jalan rezeki, berikut bacaan doa yang bisa diamalkan:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي ، وَوَسِّعْ لِي فِي خُلُقِي ، وَطَيِّبْ لِي كَسْبِي ، وَقَنِّعْنِي بِمَا قَسَمْتَ لِي ، وَلا تَذْهَبْ بِنَفْسِي إِلَى شَيْءٍ قَدْ صَرَفْتَهُ عَنَى.

Artinya: "Ya Allah, ampunillah dosaku, muliakanlah akhlakku, berikanlah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku bersyukur saat menerima apa pun yang Engkau anugerahkan kepadaku, dan janganlah Engkau buatku mengingat sesuatu yang telah Engkau palingkan dariku." (HR. Ibnu An-Najjar).

Doa Memohon Rezeki

Allah Swt. tentu saja sudah membagi rezeki setiap hamba dengan sangat adil dan tidak mungkin tertukar. Perlu diketahui juga bahwa rezeki yang diberikan Allah Swt. tidak hanya sebatas materi.

Namun, bisa juga berupa kesehatan, tempat kerja yang nyaman, keluarga yang harmonis, teman yang baik, dan hal-hal baik lainnya. Berikut bacaan doa memohon rezeki yang bisa Anda amalkan:

اللَّهُمَّإِنِّيأَسْأَلُكَعِلْمًانَافِعًاوَرِزْقًاطَيِّبًاوَعَمَلًامُتَقَبَّلًا

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima." (Shahih, HR. Ahmad, IV/322).

Doa Memasrahkan Diri kepada Allah Swt.

Dalam mencari pekerjaan, jika Anda sudah berusaha dan berdoa, selanjutnya tinggal berpasrah kepada Allah Swt. Hal itu karena Allah Swt. yang memiliki kuasa untuk memberikan pekerjaan yang tepat untuk Anda. Berikut doa memasrahkan diri kepada Allah Swt. atas rezeki yang kelak didapatkan:

رَبِّإِنِّيلِمَاأَنْزَلْتَإِلَيَّمِنْخَيْرٍفَقِيرٌ

Artinya: "Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku sangat berhajat kepada rezeki pemberian yang Engkau berikan" (QS. Al-Qashash: 24).

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Diterima Kerja

Doa Mohon Kekuatan dalam Menghadapi Tantangan

Doa agar diterima kerja berikutnya adalah doa untuk memohon kekuatan dalam menghadapi tantangan. Tak bisa dimungkiri, ketika mencari pekerjaan, biasanya ada berbagai tantangan yang menghadang.

Tantangan itu sebaiknya dihadapi dengan penuh kesabaran. Jika tidak, mudah saja bagi Anda untuk berputus asa.

Berikut bacaan doa memohon kekuatan dalam menghadapi tantangan:

اللَّهُمَّلاَسَهْلَإِلاَّمَاجَعَلْتَهُسَهْلاًوَأَنْتَتَجْعَلُالحَزْنَإِذَاشِئْتَسَهْلاً

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah." (Shahih, HR. Ibnu Hibban, 3/225).

Doa Mohon Dibukakan Pintu Rezeki

Selanjutnya, memohon kepada Allah Swt. agar dibukakan pintu rezeki yang seluas-luasnya. Dengan begitu, proses untuk mencari rezeki pun terasa mudah karena bantuan dari Allah Swt. Berikut bacaan doa memohon dibukakan pintu rezeki oleh Allah Swt. yang bisa Anda lafalkan:

اَللهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا اَبْوَابَ الْخَيْرِ وَاَبْوَابَ الْبَرَكَةِ وَاَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَاَبْوَابَ الْقُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلاَمَةِ وَأَبْوَابَ الْجَنَّةِ. رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَارَشَدًا. بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

Artinya: "Ya Allah, bukakanlah atas kami; pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah."

Doa Memohon Kemudahan

Saat berdoa untuk memohon agar diterima kerja, sebaiknya Anda tidak lupa untuk membaca doa agar diberika kemudahan. Doa tersebut ada dalam firman Allah Swt. melalui surat Al-Kahfi ayat 10, berikut ini:

Surat Al-Kahfi Ayat 10

اِذْاَوَىالْفِتْيَةُاِلَىالْكَهْفِفَقَالُوْارَبَّنَآاٰتِنَامِنْلَّدُنْكَرَحْمَةًوَّهَيِّئْلَنَامِنْاَمْرِنَارَشَدًا

Artinya: "(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, "Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami." (QS. Al-Kahfi: 10).

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Published: 4/4/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer