Sukses


Bacaan Doa agar Langit Cerah dan Tidak Hujan

Bola.com, Jakarta - Hujan dalam Islam adalah rahmat dan berkah dari Allah Swt. untuk kemakmuran setiap makhluk-Nya. Manfaatnya bisa dirasakan dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Akan tetapi, bagaimana jika hujan yang deras tak kunjung berhenti, sedangkan ada di antara kita yang mempunyai keperluan di luar ruangan.

Nabi Muhammad saw. menganjurkan umat muslim untuk membaca bacaan doa agar langit cerah dan hujan reda. Ketika hujan tak kunjung reda tentu berpotensi menyebabkan bencana dan akan sangat mengganggu aktivitas masyarakat luas.

Sebab, hanya Allah Swt., Sang Maha Penguasa, yang berhak dan dapat menurunkan serta menghentikan hujan dari langit.

Bacaan doa agar langit cerah dan tidak hujan yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. berisi permohonan supaya hujan benar-benar menjadi sebuah karunia dan tidak mengganggu aktivitas yang dilakukan oleh umat muslim.

Berikut bacaan doa agar langit cerah dan tidak hujan, seperti disadur dari Dream, Jumat (23/9/2022).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Langit Cerah dan Tidak Hujan

Menurunkan dan menghentikan hujan merupakan kuasa Allah Swt. Namun, agama Islam juga mengajarkan kepada pemeluknya untuk berdoa kepada Allah agar hujan yang turun membawa manfaat daripada musibah.

Nabi Muhammad saw. mengajarkan doa agar langit cerah dan tidak hujan ketika wilayahnya diguyur hujan yang tak berkesudahan. Pada waktu itu, hujan yang mengguyur menyebabkan makanan busuk dan akses jalan terputus.

Doa ini sebenarnya dipanjatkan agar hujan yang turun tidak menjadi musibah dan bahaya bagi umat manusia. Namun, doa ini juga bisa dipanjatkan untuk memohon agar langit cerah dan tidak hujan.

Berikut bacaan doanya dalam bahasa Arab, latin sekaligus artinya:

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya:

"Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan (hujan) yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan."

3 dari 3 halaman

Doa agar Terhindar dari Musibah ketika Hujan

Selain membaca doa agar langit cerah dan tidak hujan, umat muslim dianjurkan membaca doa agar terhindar dari musibah ketika turun hujan.

Tidak jarang hujan turun disertai angin kencang, petir, dan bencana lainnya yang merugikan. Sebagai manusia yang memiliki Tuhan, kita hanya bisa berdoa dan menjaga alam tetap terjaga keseimbangannya.

Bacalah doa berikut ini agar Anda terhindar dari marabahaya ketika turun hujan:

Bismillahilladzi la yadhurru ma'asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami'ul 'alim.

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 16/2/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer