Sukses


Macam-Macam Aktivitas Sehat agar Tubuh Lebih Bugar di Akhir Pekan

Bola.com, Jakarta - Akhir pekan menjadi waktu yang selalu dinantikan banyak orang. Tak hanya orang dewasa yang bisa rehat dari aktivitas kerja, melainkan juga remaja dan anak-anak sekolah juga bisa lepas sejenak dari urusan belajar.

Seperti diketahui, kebanyakan kalangan karyawan atau pekerja mendapatkan jatah libur dua hari yaitu, Sabtu dan Minggu. Liburan akhir pekan merupakan saat berharga untuk meluangkan waktu sejenak dan beristirahat.

Libur akhir pekan memang sering digunakan untuk bersantai, tetapi jangan disia-siakan begitu saja. Anda bisa melakukan beberapa aktivitas yang menyehatkan agar tubuh lebih bugar di akhir pekan.

Yap, pastikan Anda bisa melakukan aktivitas yang baik untuk tubuh. Selain sehat dan dapat menjaga kebugaran tubuh, aktivitas tersebut juga baik untuk mengembalikan energi sebelum kembali bekerja.

Ada beberapa aktivitas menyehatkan yang bisa dilakukan agar tubuh terasa lebih bugar di akhir pekan. Apa saja aktivitas sehat tersebut?

Berikut ini beberapa aktivitas sehat yang bisa dilakukan agar tubuh lebih bugar di akhir pekan, disadur dari Klikdokter, Jumat (23/9/2022).

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Aktivitas Sehat agar Tubuh Lebih Bugar di Akhir Pekan

Jangan Sering Tidur

Saat hari libur, biasanya banyak orang memanfaatkan kesempatan ini untuk bangun siang, bahkan sampai tidur siang berkali-kali.

Padahal, mengubah pola tidur dapat mengacaukan ritme tubuh. Pada akhirnya, Anda akan kesulitan untuk tidur pada malam hari.

Kalau sampai kurang tidur, bukan tak mungkin Anda kurang berenergi, pusing, dan lemas saat harus kembali beraktivitas pada hari Senin.

Luangkan Waktu untuk Bermeditasi

Saat Anda stres, cobalah untuk bermeditasi. Tidak hanya bisa mengurangi stres, meditasi juga meningkatkan kebahagiaan, penerimaan, dan harga diri.

Studi menunjukkan bahwa meditasi setidaknya seminggu sekali bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kekebalan tubuh.

Selain manfaat yang disebutkan di atas, meditasi juga diketahui dapat meningkatkan daya ingat, memperbaiki pola tidur, serta membantu meredakan nyeri.

3 dari 5 halaman

Aktivitas Sehat agar Tubuh Lebih Bugar di Akhir Pekan

Menari

Menari memiliki manfaat untuk fisik serta mental. Jika Anda menyukainya, tak ada waktu yang lebih tepat untuk melakukannya selain saat akhir pekan.

Menari dapat membantu Anda mengontrol berat badan sambil meningkatkan kekuatan otot, daya tahan, dan kebugaran motorik.

Tak hanya itu, kegiatan fisik ini juga bisa membantu memperbaiki suasana hati sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Membersihkan Rumah

Jika Anda tak punya pembantu di rumah, manfaat akhir pekan dengan membersihkan rumah.

Percayalah, rumah yang bersih bisa bikin Anda betah, segar, serta mengurangi risiko terkena penyakit akibat rumah yang kotor atau kambuhnya alergi akibat tungau debu.

Mungkin belum banyak yang tahu, rajin membersihkan rumah juga dapat mencegah gangguan cemas. Rumah berantakan memberikan stimulus berlebih, sehingga pikiran Anda terus berpacu.

Selain itu, ini juga membuat Anda jadi sulit fokus dalam mengerjakan sesuatu, sulit relaks, baik fisik maupun mental.

4 dari 5 halaman

Aktivitas Sehat agar Tubuh Lebih Bugar di Akhir Pekan

Jangan Terlalu Sering Main Gawai

Saat libur, biasanya banyak orang yang akan menghabiskan waktu lebih lama memelototi gawainya. Penggunaan gawai secara berlebihan sangat berhubungan dengan berbagai keluhan seperti sakit kepala, nyeri telinga, dan gangguan konsentrasi.

Kondisi tersebut diduga berasal dari paparan gelombang elektromagnetik. Selain itu, penggunaan gawai yang tidak bijak juga dapat menyebabkan gangguan emosi.

Berdasarkan satu penelitian di Swedia, didapat hubungan antara penggunaan gawai yang terlalu sering dengan stres, gangguan tidur, dan terjadinya depresi. Penelitian lain juga menyimpulkan adanya hubungan antara penggunaan gawai dengan stres.

Dalam penelitian yang dilakukan pada sejumlah pengguna gawai, dilaporkan bahwa semakin seorang mengalami ketergantungan pada gawai, semakin tinggi angka stres yang dialami.

5 dari 5 halaman

Aktivitas Sehat agar Tubuh Lebih Bugar di Akhir Pekan

Bersosialisasi

Ketika stres telanjur hadir, bagi sebagian orang, apalagi bagi mereka yang cenderung introvert, hari libur inginnya dinikmati sendirian saja.

Padahal, interaksi sosial juga penting bagi kesehatan. Bersosialisasi bisa membantu melawan risiko depresi serta menurunkan risiko demensia karena dapat meningkatkan daya ingat dan kognitif, sekaligus baik untuk kesehatan mental.

Jangan Minum Alkohol

Menurut studi yang dilansir jurnal medis “The Lancet”, alkohol menjadi faktor risiko utama berbagai penyakit dan kematian dini pada pria dan wanita usia 15-49 tahun di seluruh dunia pada tahun 2016.

Dilaporkan hampir 1 dari 10 kematian disebabkan oleh alkohol. Pada tahun tersebut, kematian yang disebabkan oleh alkohol tercatat sejumlah 2,8 juta kasus.

Kematian tersebut berkaitan dengan kanker, penyakit jantung, infeksi (seperti TBC), kecenderungan menyakiti diri sendiri, kecelakaan lalu lintas, dan kecelakaan yang tidak disadari seperti tenggelam atau kebakaran.

Disadur dari: Klikdokter (Published: 20/4/2019).

Video Populer

Foto Populer