Sukses


Macam-Macam Olahraga untuk Membasmi Lemak di Perut

Bola.com, Jakarta - Lemak yang ada di bagian tubuh mungkin menjadi satu di antara hal yang mengganggu penampilan. Itulah mengapa, tidak sedikit orang ingin membakar lemak yang ada di bagian tubuh seperti perut, pinggang maupun lengan.

Tidak hanya memperburuk penampilan, lemak terutama yang ada di perut dapat memicu beberapa penyakit, seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Memang tak mudah menurunkan berat badan dan membakar lemak yang ada di tubuh. Beragam cara dilakukan untuk membakar lemak dalam tubuh, satu di antaranya dengan olahraga.

Bagi orang yang terlanjur memiliki penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh, disarankan untuk melakukan olahraga.

Namun, tak semua orang mengetahui olahraga yang efektif untuk membakar lemak. Apa saja olahraga yang ampuh membakar lemak di dalam tubuh?

Berikut ini beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk membasmi lemak di perut, disadur dari Klikdokter, Senin (26/9/2022).

2 dari 5 halaman

Gerakan Memanjat Tebing

Mulailah dengan posisi push-up, dengan wajah menghadap ke depan. Lalu secara bergantian, tekuk kaki ke arah dada. Gerakan ini akan melatih otot-otot di perut dan membakar timbunan lemak.

Selain bisa bikin perut kencang, gerakan ini baik untuk melatih keseimbangan sekaligus dapat mengencangkan otot di lengan.

Lakukan gerakan ini secara berulang, sebanyak 20 detik, lalu istirahat selama 10 detik. Begitu seterusnya hingga empat menit lamanya.

3 dari 5 halaman

Latihan Kettlebell

Kettlebell adalah perangkat latihan beban yang bentuknya seperti peluru meriam yang memiliki pegangan. Kettlebell merupakan satu di antara peralatan olahraga yang populer asal Rusia.

Kettlebell, yang bobotnya bisa bervariasi ini, dapat menjadi teman setia bila ingin membasmi timbunan lemak di perut.

Pilih berat bola yang sesuai keinginan dan kemampuan, lalu simpan di samping meja kantor atau di sisi tempat duduk favorit Anda di ruang keluarga. Saat ada waktu senggang, ambil dan mulailah bergerak.

Caranya, berdirilah dengan posisi tegak. Renggangkan kaki sehingga kedua kaki sejajar dengan kedua bahu. Kemudian, tekuk sedikit kedua lulut, tetapi upayakan untuk punggung tetap tegak.

Pegang kettlebell dengan kedua tangan, posisikan menghadap ke bawah dan berada di antara kedua paha. Ayunkan kettlebell dari bawah hingga lurus ke depan (setinggi bahu).

Pastikan punggung dan leher tetap tegak lurus sepanjang gerakan. Melakukan gerakan di atas selama 12 menit, kalori yang dibakar lebih banyak dibandingkan dengan berlari.

4 dari 5 halaman

Plank

Banyak orang yang mengandalkan plank untuk mengecilkan perut. Meski sederhana tanpa bantuan alat apa pun dan tampak mudah, plank bisa cukup menantang. Anda harus melakukannya dengan benar.

Caranya, posisikan tubuh seperti hendak push-up, dengan siku ditekuk dan berada sejajar dengan bahu. Kaki harus sejajar dengan pinggul, sedangkan siku harus sejajar bahu.

Katupkan kedua tangan Anda, lalu kontraksikan otot-otot perut Anda. Tubuh Anda harus sejajar, lurus dari ujung kepala hingga kaki. Tahan posisi tersebut selama 60 detik atau semampunya.

Posisi tersebut tak hanya berguna untuk membentuk perut rata, tetapi juga untuk melatih kekuatan otot lain seperti lengan dan paha.

5 dari 5 halaman

Variasi Plank dengan Melata

Melata yang dimaksud di sini adalah bergerak dengan menempelkan perut ke tanah. Posisi plank seperti pada poin tiga juga bisa divariasikan dengan gerak melata.

Saat melakukan plank, bergeraklah maju dengan melata menggunakan kedua siku. Ingat, selama bergerak maju, posisi kaki harus lurus dan lutut tidak boleh menyentuh lantai.

Lakukanlah sejauh yang Anda mampu dan lemak di perut akan terbakar seiring dengan gerakan maju selangkah demi selangkah.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 7/12/2018)

Baca artikel seputar olahraga lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer