Sukses


Macam-Macam Bentuk Latihan Daya Tahan Otot

Bola.com, Jakarta - Daya tahan otot adalah kapasitas sekelompok otot untuk melakukan kontraksi secara terus-menerus saat menahan suatu beban dalam jangka waktu tertentu.

Memiliki daya tahan otot yang kuat tentu menjadi keinginan banyak orang, terutama kaum laki-laki. Kekuatan otot perlu dilatih supaya kebugaran tubuh terjaga.

Satu di antara cara yang digunkan untuk meningkatkan daya tahan otot ialah dengan latihan. Makin sering berlatih maka jaringan pada persendian dan bagian tubuh lainnya, terutama otot akan makin kuat.

Ada banyak bentuk latihan yang bisa diptaktikkan untuk daya tahan otot. Bagi Anda yang ingin meningkatkan daya tahan otot, penting mengetahui bentuk-bentuk latihannya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Apa saja bentuk-bentuk latihan untuk daya tahan otot?

Berikut ini bentuk-bentuk latihan untuk daya tahan otot yang bisa dilakukan, dilansir dari Modul Pembalajaran SMA PJOK terbitan Kemdikbud, Rabu (28/9/2022).

2 dari 4 halaman

Bentuk Latihan Daya Tahan Otot

Plank

Cara melakukan plank:

Gerakan plank hampir sama dengan gerakan push up. Bedanya hanya pada posisi tangan. Jika dalam gerakan push up telapak tangan menyangga berat badan, pada gerakan plank seluruh lengan bawah yang menyangga badan (dari siku hingga tangan).

Sikap kedua tangan mengepal dan jari kelingking berada di bawah. Kemudian saat push up, kita menekuk tangan dan meluruskannya hingga badan terangkat (naik), sedangkan gerakan plank kita hanya menahannya untuk beberapa waktu.

Squat

Cara melakukan squat dengan beban tubuh:

Pertama, berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu. Tahan tangan lurus di depan dada. Lakukan gerakan berjongkok hingga seperti hendak duduk atau membentuk sudut 90 derajat antara tungkai atas dan tungkai bawah.

Posisi lutut tidak boleh melewati ujung kaki kalian. Telapak kaki tetap menempel di lantai dengan keadaan tumit tidak terangkat. Berat badan ada di tumit dan posisi tulang belakang lurus.

3 dari 4 halaman

Bentuk Latihan Daya Tahan Otot

Melangkah Lunges

Sikap awal dari gerakan ini adalah berdiri tegak, kemudian langkahkan kaki ke depan sejauh mungkin dan tekuk lutut. Saat kaki depan ditekuk, posisi lutut tidak boleh melebihi ujung kaki.

Jatuhkan kaki belakang ke depan hingga lutut hampir menyentuh lantai dan tumit kaki terangkat. Gerakan melangkah lunges bisa kalian lakukan dengan berjalan pada jarak tertentu atau melakukan secara berulang di tempat.

Saat gerakan lunges selesai dilakukan, posisi kembali berdiri tegak.

Push Up

Gerakan push up kebanyak orang tentu sudah paham karena gerakan ini sering Anda lihat atau lakukan. Guna mendapatkan hasil yang baik dalam latihan ini, lakukan gerakan hingga siku tangan lurus saat mendorong badan ke atas.

Apabila Anda belum kuat untuk melakukan gerakan ini dengan kaki yang lurus dan bertumpu pada ujung kaki, Anda boleh bertumpu dengan kedua lutut.

4 dari 4 halaman

Bentuk Latihan Daya Tahan Otot

Sit Up

Selain gerakan push up, gerakan sit up adalah gerakan yang juga Anda sudah tahu cara melakukannya. Anda pasti pernah melihat orang lain melakukan latihan ini atau kalian pernah melakukannya.

Lakukan gerakan ini secara perlahan, hindari gerakan yang memantulkan badan atau menekan siku untuk membantu badan terangkat. Jika gerakan sudah bisa Anda lakukan dengan baik, tingkatkan kecepatan saat melakukan gerakan ini.

 

Sumber: Kemdikbud

Silakan klik tautan ini untuk artikel macam dari berbagai tema lain.  

Euforia fans Timnas Prancis usai lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer