Sukses


Arti Surat Rekomendasi dan Jenis-jenisnya

Bola.com, Jakarta - Rekomendasi adalah istilah yang sudah tidak asing lagi. Biasanya istilah rekomendasi ini diikuti dengan sesuatu yang disarankan berupa kata benda, contohnya rekomendasi film, rekomendasi buku, dan lain sebagainya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, rekomendasi adalah saran yang menganjurkan (membenarkan, menguatkan).

Makna lain dari rekomendasi adalah penyungguhan, atau hal minta perhatian bahwa orang yang disebut dapat dipercaya dengan baik (biasa dinyatakan dengan surat).

Rekomendasi merujuk pada suatu saran atau anjuran dari seseorang terhadap orang lain. Saran atau anjuran ini bisa berupa rekomendasi untuk melakukan sesuatu ataupun rekomendasi dalam menentukan pilihan.

Istilah rekomendasi tidak jarang juga merujuk pada surat rekomendasi. Surat rekomendasi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang berwenang untuk memberi keterangan atas suatu pribadi atau organisasi.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang surat rekomendasi, disadur dari Liputan6, Rabu (28/9/2022).

2 dari 3 halaman

Surat Rekomendasi

Rekomendasi kerap dikaitkan dengan surat rekomendasi. Apalagi, satu di antara pengertian rekomendasi adalah hal minta perhatian bahwa orang yang disebut dapat dipercaya dengan baik (biasa dinyatakan dengan surat).

Surat rekomendasi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang berwenang untuk memberi keterangan atas suatu pribadi atau organisasi.

Surat rekomendasi ini bersifat resmi dan dibuat menggunakan kata-kata yang formal. Biasanya, surat rekomendasi dipakai untuk memberikan rekomendasi atas prestasi kerja, pendidikan, dan lain sebagainya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), surat rekomendasi adalah surat yang menyatakan, menguatkan, membenarkan, dan sebagainya bahwa orang yang disebut dapat dipercaya, baik, dan sebagainya.

Surat rekomendasi dipakai seseorang dari perusahaan atau instansi tertentu untuk menunjukan bahwa ia memiliki bukti yang kuat mendapatkan persetujuan dari pihak ketiga.

Kadang surat ini juga digunakan sebagai syarat berkas yang dibutuhkan sebagai dokumen administrasi bersifat wajib disertakan.

3 dari 3 halaman

Jenis Surat Rekomendasi

- Employment recommendation atau surat rekomendasi karyawan adalah surat rekomendasi yang diberikan oleh atasan atau supervisor.

- Academic recommendation atau surat rekomendasi akademik adalah surat rekomendasi yang diberikan oleh guru atau dosen.

- Character reference atau surat rekomendasi karakter adalah surat rekomendasi yang biasanya diberikan oleh individu tertentu bisa tokoh terkenal, teman, atau kerabat terdekat.

Surat rekomendasi dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin sering kamu dengar di antaranya adalah surat rekomendasi kerja, surat rekomendasi beasiswa, surat rekomendasi sekolah, surat rekomendasi kegiatan, surat rekomendasi pembuatan visa, hingga surat rekomendasi magang.

Jenis-jenis surat rekomendasi tersebut tentunya memiliki manfaat tertentu bagi penerimanya, bahkan juga untuk pemberi surat rekomendasi tersebut.

Bagi penerima surat rekomendasi, surat ini berguna untuk memberi dukungan moral, hal ini disebabkan karena isinya tentu akan menonjolkan sisi baik dari penerima.

Sementara itu, untuk pihak pemberi surat rekomendasi, surat tersebut berguna untuk membangun hubungan baik dengan pihak penerima surat.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi. Published: 2/1/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer