Sukses


5 Contoh Cerita Nonfiksi Singkat Berbagai Topik yang Menarik Dibaca

Bola.com, Jakarta - Cerita nonfiksi adalah karangan yang dibuat berdasarkan kenyataan atau fakta yang ada di kehidupan nyata. Namun, penulis boleh mengembangkan data nonfiksi sesuai imajinasinya.

Selain itu, penulis boleh menggunakan bahasa kiasan atau mendayu agar pembaca cerita nonfiksi tidak bosan.

Cerita nonfiksi disebut juga dengan cerita yang sebenarnya atau sesuai fakta. Pasalnya, cerita nonfiksi mengemas kejadian-kejadian yang sebenarnya ada tanpa unsur mengada-ada dan bersifat informatif.

Berdasarkan pengertian di atas, cerita nonfiksi biasanya digunakan sebagai bahan rujukan informasi atau sumber bagi pembacanya karena isinya yang faktual, jelas, akurat, serta kaidah kebahasaan yang digunakan logis.

Setelah memahami mengenai apa itu cerita nonfiksi, kamu bisa menyimak berbagai contohnya pada artikel ini.

Berikut ini beberapa contoh cerita nonfiksi singkat berbagai topik yang menarik dibaca, dikutip dari laman Mapel dan Dosenpintar, Senin (3/10/2022).

2 dari 6 halaman

Perkembangan Olahraga Sepak Bola

Permainan sepak bola atau menendang bola sudah berkembang di China kali pertama sejak abad kedua dan ketiga sebelum Masehi. Permainan yang dimainkan di masa Dinasti Han ini dilakukan oleh sekelompok masyarakat yang menendang bola kulit serta memasukkannya ke jaring kecil. Selain berkembang di China, permainan menendang bola juga dilakukan di Jepang.

Sepak bola tradisional kemudian mengalami perkembangan menjadi sepak bola modern di Inggris. Sepak bola modern ini ditandai dengan adanya aturan-aturan dasar dalam permainan.

Namun, disebabkan oleh banyaknya timbul kekerasan selama permainan sepak bola membuat Raja Edward III kemudian melarang dilakukannya sepak bola pada 1365. Permainan sepak bola kembali mendapatkan hati masyarakat pada 1815 setelah sejumlah sekolah dan universitas memainkan permainan ini.

Pada 1863 dilakukan pemisahan peraturan dan jenis antarolahraga sepak bola dengan rugby. Hal ini berdasarkan rumusan peraturan sepak bola modern yang dilakukan di Freemasons Tavern. Pada 1869 kemudian dibentuk peraturan bahwa dalam sepak bola dilarang untuk membawa bola di tangan.

Asosiasi sepak bola dunia FIFA kemudian dibentuk pada 1904 setelah permainan ini makin menjamur di kalangan masyarakat dunia. Para nelayan, pedangan dan tentara dari Inggris membawa permainan ini ke berbagai negara. Semenjak saat itu berbagai kompetisi sepak bola dimainkan di seluruh negara.

3 dari 6 halaman

Albert Einstein

Albert Einstein merupakan seorang pria genius kelahiran Ulm Wurttemberg, 14 Maret 1879. Ayahnya, Hermann Einstein, merupakan seorang penjual ranjang bulu. Sementara, sang ibu, Pauline merupakan pekerja di perusahaan elektrokimia.

Einstein kecil dikenal sebagai anak autis. Ini yang membuat Einstein suka menyindiri dan cenderung pendiam. Walau begitu, ia tidak memiliki kekurangan secara akademik. Contohnya ketika Einstein remaja, ia berhasil lulus dari Eidgenössische Technische Hochschule.

Kemudian, pada 1921, Einstein mendapatkan penghargaan nobel fisika karena teorinya mengenai efek fotolistrik dan pengabdiannya teoritis.

4 dari 6 halaman

Sejarah UNICEF

UNICEF adalah kependekan dari United Nations Children's Fund atau dalam bahasa Indonesia diartikan dengan Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa Bangsa. UNICEF merupakan organisasi Internasional yang didirikan pada 11 Desember 1946 oleh Majelis Umum PBB.

Saat pertama didirikan pada 1946, organisasi ini diberi nama United Nations International Children's Emergency Fund. Kemudian pada 1953 kata "International" dan "Emergency" dihapus sehingga menjadi United Nations Children's Fund.

Awalnya organisasi ini didirikan dengan tujuan memberikan bantuan kesehatan dan makanan darurat kepada negara–negara yang terdampak Perang Dunia ke-2. Kemudian pada 1953 UNICEF ditetapkan menjadi bagian tetap sistem PBB, sekaligus memperluas tugasnya untuk membantu menangani kebutuhan anak–anak di negara berkembang.

5 dari 6 halaman

Perdagangan dan Pelayaran di Selat Malaka

Selat Malaka adalah satu di antara pelabuhan terkenal di negara Indonesia. Pelabuhan Malaka ini sering digunakan sebagai tempat persinggahan juga sebagai dermaga dari berbagai pendatang seluruh dunia.

Malaka adalah sebuah tempat pertemuan para pedagang dari negara Arab, Gujarat, Persia, Indonesia serta China. Pedagang yang melalui selat Malaka terus melakukan sebuah perjalanan hingga menuju ke India.

Ada juga yang bertujuan ke teluk Persia, melalui Suriah lewat Laut Tengah, serta ada juga beberapa yang menuju laut Merah, melewati negara Mesir hingga ke Laut Tengah.

Setelah terjadi melintasi di wilayah Asia, perjalanan kemudian dilanjutkan ke Eropa. Di Malaka, sistem dari perdagangan Indonesia akan dihubungkan melalui jalur barat dengan jalur yang akan membentang hingga ke India, Persia, Suriah, Afrika Timur, Arab, dan Laut Tengah.

Dari utara hingga ke Siam serta Pegu, dari timur menuju China dan ada juga Jepang. Merupakan sistem perdagangan yang cukup terbesar di dunia dan dua tempat dari pertukaran utama yang berada di Gujarat, India barat laut serta di Malaka. Rempah-rempah dari Indonesia adalah satu di antara hasil yang paling berharga di dalam sistem dari perdagangan ini.

6 dari 6 halaman

Revolusi Rusia 1917

Revolusi pada Rusia dimulai pada 8 Maret 1917, di mana sekelompok perempuan ikut berkumpul di Petrograd karena terjadi kekurangan makanan serta semangat moral pendidikan, mulai terjadi kemenurunan dan tuntutan distribusi roti, yang diikuti dengan kasus pencurian di pabrik-pabrik roti. Duma yang bertindak cepat dengan memproklamasikan sebuah pembentukan pemerintahan sementara pada 12 Maret 1917. Setelah tiga hari, Tsar Nicolas II turun takhta.

Revolusi Maret merupakan hasil dari kerusuhan dengan dipimpin oleh orang-orang yang telah mengalami kelaparan di daerah perkotaan yang terbukti dengan didukung oleh seluruh bagian negara. Semua kelompok politik serta juga partai politik yang menginginkan terwujudnya suatu kemerdekaan serta demokratisasi.

Pemerintah yang sementara memberikan sebuah pernyataan kedudukan yang sama di dalam hukum, pers, agama, parlemen, dan juga hak-hak dari para pekerja. Revolusi Rusia ini memicu perubahan yang besar di negara Rusia, yang bermula dengan bentuk kerajaan absolut, kemudian berubah menjadi diktator proletariat dengan berdasarkan pada Doktrin Marxis. Seluruh lembaga sosial, dengan bentuk negara sampai dengan keluarga batih, sudah mengalami perubahan dengan cara mendasar.

 

Sumber: Mapel, Dosenpintar

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer