Sukses


Cara Mengatasi Bullying di Tempat Kerja

Bola.com, Jakarta - Kantor maupun di tempat kerja lainnya berpotensi menjadi tempat terjadinya kasus bullying (perundungan). Maka itu, Anda perlu tahu cara mengatasinya untuk membantu apabila ada teman yang mengalaminya, atau bahkan Anda sendiri yang menjadi korban.

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, perundungan adalah hal merundung, yakni menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun psikis, dalam bentuk kekerasan verbal, sosial, atau fisik berulang kali dan dari waktu ke waktu, seperti memanggil nama seseorang dengan julukan yang tidak disukai, memukul, mendorong, menyebarkan rumor, mengancam, atau merongrong.

Bullying yang dilakukan pelaku di tempat kerja berdampak buruk terhadap korban, yakni bisa membahayakan kesehatan fisik dan mental baik jangka pendek maupun panjang, hingga berdampak terhadap status ekonomi.

Adapun contoh bullying di tempat kerja, di antaranya korban mengalami berbagai tindakan negatif, dalam bentuk kekerasan, komentar, godaan, pengecualian sosial, dan lain-lain. 

Pelaku bullying di tempat kerja biasanya mereka yang punya kekuasaan atau jabatan yang lebih tinggi, mereka yang dekat dengan atasan, bahkan kolega sendiri.

Dalam menghadapi perundungan di tempat kerja, tidak bisa hanya mengandalkan respons pelaku. Alih-alih berdiam diri, jika Anda mengetahui atau mengalami bullying oleh rekan kerja, bicarakan ini dengan atasan Anda. Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan.

Perlu diketahui, jika Anda adalah seorang korban, sebaiknya hindari langsung bereaksi agresif atau membalas secara frontal. Selain itu, percaya dan yakin bahwa diri Anda berharga, justru perundunglah yang dirugikan. Kelilingi diri Anda dengan teman dan keluarga yang suportif agar Anda tetap positif.

Berikut ini beberapa cara mengatasi bullying di tempat kerja, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (4/10/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Bullying di Tempat Kerja

Buat Catatan

Buatlah catatan mengenai insiden perundungan yang terjadi, semisal siapa yang berkata atau melakukan sesuatu dan kapan itu terjadi.

Edukasi Diri

Baca segala informasi yang berkaitan dengan bullying. Misalnya jenis-jenis bullying, ciri-ciri bullying di kantor, dan sebagainya. Hal ini penting untuk mengerti perilaku perundung dan cara yang bisa Anda lakukan untuk meresponsnya.

Anda juga dapat lebih paham apakah tindakan yang dialami termasuk bentuk perundungan atau bukan.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Bullying di Tempat Kerja

Bicara dengan Rekan Kerja

Cari masukan dari rekan kerja Anda; apakah mereka pernah melihat perundungan yang pernah Anda rasakan? Jika ya, kesaksian mereka bisa berguna jika pada suatu hari Anda akan mengajukan komplain.

Tidak menutup kemungkinan rekan kerja Anda juga mengalami perundungan serupa sehingga bisa membantu mengatasi masalah secara kolektif.

Bicara dengan Atasan

Rencanakan pertemuan ketika Anda sudah tenang dan bawa catatan terjadinya perundungan yang Anda alami. 

Jika tidak memungkinkan atau tidak mencapai hasil yang diinginkan, Anda dapat membuat pengaduan formal sesuai prosedur internal ke departemen HRD.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 26/5/2022)

Silakan klik tautan ini untuk artikel kesehatan mental dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer