Sukses


Bacaan Doa Ketika Hujan Lebat dan Angin Kencang, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Membaca doa merupakan kebiasaan orang muslim, termasuk ketika turun hujan. Berdoa saat turun hujan merupakan hal yang disunahkan bagi umat Muslim.

BACA JUGA: Doa ketika turun hujan beserta arab dan latinnya

Rasulullah meminta umat Islam bersyukur saat hujan turun melalui doa. Hal itu karena hujan merupakan satu di antara berkah dan nikmat yang diberikan Allah Swt. Maka itu, adanya fenomena alam tersebut patut disyukuri.

Melalui adanya hujan, setiap makhluk di bumi bisa mendapatkan air yang dijadikan sebagai sumber kehidupan.

Itulah mengapa, sudah selayaknya, saat turun keberkahan seperti halnya hujan, sebagai hamba-Nya perlu mengucapkan syukur dengan memanjatkan doa-doa.

Apalagi jika hujan turun dengan sangat lebat disertai angin kencang. Membaca doa hujan lebat memang dianjurkan dengan harapan air yang turun dari langit dapat bermanfaat dan jadi berkah bagi makhluk hidup.

Selain itu, saat hujan lebat diserta angin kencang, kebanyakan orang biasanya merasa takut dan khawatir dengan kondisi tersebut. 

Dengan berdoa, kita berharap hujan lebat dan angin kencang tersebut tidak akan menimbulkan bencana.

Berikut ini bacaan doa ketika hujan lebat dan angin kencang lengkap beserta artinya, disadur dari Dream, Senin (10/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Doa Hujan Lebat dan Angin Kencang

Doa Hujan Lebat dan Angin Kencang

Ketika hujan lebat disertai angin kencang, doa yang perlu dibaca adalah seperti hadis yang diriwayatkan oleh Imam muslim berikut ini. Rasulullah saw. selalu membaca doa ini ketika turun hujan disertai angin kencang.

Allohumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan dari angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau datangkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

Doa Hujan Lebat dan Angin Kencang Lainnya

Tak hanya itu, masih ada bacaan doa hujan lebat dan angin kencang lainnya. Berikut ini lafalnya:

Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wad-dhiraabi, wa buthunil auwdiyati, wa manabitis-syajari.

Artinya:

"Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan."

3 dari 3 halaman

Doa agar Terhindar dari Banjir

Doa Rasulullah agar Terhindar dari Banjir

Selain doa hujan lebat dan angin kencang, umat Islam juga dianjurkan memanjatkan doa agar terhindar dari banjir.

Hal itu karena saat hujan lebat selama beberapa jam biasanya akan menimbulkan banjir. Rasulullah saw. juga mengajarkan doa agar terhindar dari banjir. Berikut bacaan doanya:

Allohumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa, allahumma ‘alal ahkaami wadh dhiroobi, wa buthuunil audiyati, wa manaabitsis-syajarati.

Artinya:

"Ya Allah berilah hujan di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah berilah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan."

Zikir setelah Hujan Lebat dan Angin Kencang

Setelah hujan lebat dan angin kencang, bacalah zikir berikut ini sebagai ucapan syukur atas karunia dan rahmat yang Allah berikan. Berikut zikir setelah turun hujan:

Muthirna bi fadhlillaahi wa rohmatihi.

Artinya:

"Kita diberi hujan dari langit karena karunia dan rahmat Allah."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Reporter: Arini Saadah. Published: 21/3/2022)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer