Sukses


Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar, Pahami Format Penulisannya

Bola.com, Jakarta - Dalam bekerja di suatu perusahaan, karena beberapa alasan, kamu mungkin ingin mengakhiri pekerjaan di perusahaan tersebut.

Untuk menjaga reputasimu agar tidak buruk dan tetap memiliki citra baik di perusahan baru dan lamamu, tentu kamu perlu alasan yang logis mengapa keluar dari pekerjaan.

Walau terkesan sepele, alasan mengapa mengundurkan diri dari pekerjaan akan memengaruhi reputasimu di tempat lama bekerja dan tempat baru yang akan kamu tuju.

Mengajukan surat pengunduran diri dari pekerjaan biasanya menjadi syarat yang diminta perusahaan. Dengan memberikan surat ini, kamu bisa mengundurkan diri secara resmi dan terhormat.

Jika kamu tidak begitu mengerti bagaimana membuat surat pengunduran diri, banyak contoh yang dapat kamu lihat di berbagai media.

Berikut contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan yang baik dan benar, serta pahami format penulisannya, seperti dikutip dari Salamadian, Senin (10/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Format Surat Pengunduran Diri

Sebelum membahas contoh surat pengunduran diri. Berikut ini format surat pengunduran diri atau resign secara umum:

1. Kota dan Tanggal Pembuatan Surat

Bagian ini berisi kota, tanggal, bulan, dan tahun surat dibuat.

2. Nama dan Alamat yang Dituju

Surat tersebut biasanya ditujukan kepada bagian HRD atau langsung kepada kepala instansi.

Jika harus menuliskan nama atasan atau jabatannya tulislah dengan benar lengkap dengan gelar, bagian atau unit kerja, dan nama instansi atau perusahaanmu.

3. Salam Pembuka

Gunakan salam pembuka yang resmi atau biasa digunakan dalam surat yang bersifat kedinasan, yaitu dengan hormat atau salam dalam bahasa Arab.

4. Identitas Penulis

Sebutkan identitasmu lengkap, meliputi nama, nomor karyawan, bagian atau unit tempatmu bekerja, jabatanmu, dan informasi lainnya berkaitan dengan identitasmu di instansi tersebut.

5. Alasan Pengunduran Diri

Katakan alasan pengunduran dirimu dengan sopan dan bahasa yang baik. Hindari menulis alasan secara detail. Jangan mengatakan kamu mengundurkan diri karena tidak betah atau alasan lainnya yang menjelekkan perusahaan. 

6. Tuliskan Tanggal Pengunduran Dirimu

Tegaskan kembali tanggal, bulan, tahun kamu mengundurkan diri agar semuanya jelas dan terang.

7. Ucapan Terima Kasih

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada instansi yang telah memberikan kepercayaan kamu untuk bekerja dan belajar di sana.

8. Permohonan Maaf

Sampaikan  permohonan maaf atas kesalahanmu selama bekerja di sana. Tambahkan pula harapan agar perusahaan makin berkembang untuk menjaga citra positif anda.

9. Salam Penutup

Jika kamu membuka surat dengan bahasa Arab, tutuplah juga dengan bahasa Arab. Tambahkan pula frasa 'hormat saya' sebagai penutup karena surat ini dibuat sendiri oleh orang yang bersangkutan.

10. Nama dan Tanda Tangan Pembuat Surat

Tulislah nama lengkapmu dan tambahkan tanda tangan di sana. Terkadang, perusahaan meminta surat tersebut bermaterai untuk pengurusan administratif. Tanda tangan ditempatkan di kanan atau kiri sesuai dengan posisi tempat dan tanggal pembuatan surat.

3 dari 5 halaman

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Jakarta, 12 Oktober 2021

 

Kepada Yth:

Ibu Elissa Lestiawati

Direktur UtamaPT GRAHA CORPORATION

Jl. Mahameru III No. 1023

Jakarta 12650

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Mitsni Heri dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Produksi di departemen Teknik. Dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Ibu pimpin efektif tertanggal  13 Oktober 2021.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Ibu dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga PT. GRAHA CORPORATION selalu maju, berkembang, dan sukses selalu ke depannya.

 

Hormat saya,

 

Mitsni Heri

4 dari 5 halaman

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Alasan Kesehatan

Bandung, 16 Juni 2021

 

Kepada Yth. HRD Manager

PT MANDIRI JAYA INDONESIA

Jl. Soekarno Hatta No 143

Bandung

Perihal: Surat Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini.

Nama: Dian Nur Hasanah

NIK: 19820000094

Unit: Pengadaan Logistik

Jabatan: Supervisi

Bermaksud mengajukan pengunduran diri kerja terhitung sejak 17 Juni 2021, dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik sehingga membutuhkan waktu istirahat yang lebih intensif.

Terima kasih saya ucapkan pada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama lebih dari tiga tahun dan terlibat dalam pengembangan perusahaan.

Saya mempunyai keyakinan perusahaan ini dapat lebih berkembang ke depannya. Tak lupa, pada kesempatan ini juga, saya memohon maaf atas kesalahan-kesalahan saya selama bekerja sama dengan perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari pihak mana pun. Atas perhatian, kerja sama, dan perhatian Bapak/Ibu sekalian, saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Dian Nur Hasanah

5 dari 5 halaman

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Resign Diri Karena Keluarga

Semarang, 17 September 2021

 

Kepada Yth.

HRD Manager PT. Raung Kautama

Jl. Gatot Subroto No 189

Semarang

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

 

Dengan Hormat,

Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Raung Kautama sesuai Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                    : Resih Maulani

Jabatan                 : Logistic and Planning Manager

Departemen          : Keuangan

Alamat                  : Jln. Brawijaya No 92, Semarang

Dengan ini bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Raung Kautama dikarenakan ingin lebih dekat keluarga di Wonosobo. Surat pengunduran ini saya buat sesuai prosedur hubungan industrial tanpa adanya motivasi negatif.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama dua tahun ini. Saya juga memohon maaf pada perusahaan juga rekan-rekan sejawat apabila selama ini saya banyak melakukan kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian, kerja sama serta pemahamannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Resih Maulani

 

Sumber: Salamadian

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer