Sukses


Cara Menjadi Moderator yang Baik dan Benar, Lengkap dengan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Adanya seorang moderator dalam suatu acara menjadi hal penting bagi keberlangsungan acara tersebut. Moderator bisa menjadi satu di antara kunci sukses suatu acara.

Banyak orang yang menyamakan MC atau pembawa acara dengan moderator, padahal keduanya berbeda.

Seorang MC bertugas mengendalikan seluruh kegiatan, sedangkan moderator adalah pemegang kendali pada sesi tertentu dalam sebuah kegiatan setelah dipersilakan oleh MC.

Peran utama seorang moderator adalah mengendalikan sesi presentasi dari narasumber dan sesi tanya jawab atau diskusi.

Jika kamu ingin menjadi moderator dan mensukseskan suatu acara, tentu kamu juga harus memahami cara menjadi moderator yang baik dan benar.

Berikut cara menjadi moderator yang baik dan benar beserta contohnya, seperti dikutip dari laman Salamadian dan 99, Rabu (12/10/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Menjadi Moderator yang Baik dan Benar

1. Cari Informasi Tentang Narasumber

Cari tahu informasi tentang narasumber sebanyak-banyaknya, melalui internet atau bertanya langsung pada panitia. Pastikan kamu menghapal dan mengingat jelas nama narasumber tersebut dan jangan sampai lupa, apalagi misalnya ketika di tengah diskusi.

Mencari tahu informasi tentang narsum juga akan memudahkan moderator menempatkan diri dan beradaptasi di atas panggung. Bagaimanapun karakter setiap orang berbeda-beda dan cara pendekatannya juga berbeda.

2. Pelajari Materi yang Akan Disampaikan Narasumber

Kendati, kita tidak paham secara utuh materi yang akan disampaikan, setidaknya kita jangan terlalu blank dengan materi tersebut. Pelajari materi tersebut, meski sekilas. 

3. Berkordinasi dengan Panitia

Kamu harus memastikan jadwal atau waktu yang diberikan panitia agar kamu bisa mempersiapkan diri untuk mengatur berapa lama waktu narasumber berbicara, berapa lama sesi tanya jawab atau juga berapa lama kamu harus "berbasa-basi" di atas panggung untuk mengulur waktu.

4. Mempersiapkan Peralatan

Persiapkan pulpen atau kertas untuk mencatat pertanyaan atau poin-poin penting yang disampaikan pembicara. Poin tersebut nanti harus kamu bacakan sebagai kesimpulan ketika acara akan ditutup.

5. Mempersiapkan Teks Jika Diperlukan

Pada acara-acara formal, terkadang moderator atau MC membawa kertas ke atas panggung, kertas tersebut berisi informasi ataupun teks yang akan mereka bacakan. 

3 dari 5 halaman

Contoh Teks Moderator

Contoh Teks Moderator dalam Rapat

Selamat siang,

Yth. Bapak Azhar selaku Kepala Divisi Pemasaran dan rekan sekalian yang berbahagia.

Marilah kita ucapkan puji dan syukur kita kehadirat Tuhan yang Maha Esa, berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini untuk melakukan rapat evaluasi bulanan. Saya, Andi, selaku moderator dan rekan saya, Bunga, yang akan menjadi notulen pada hari ini.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan kita lakukan pada hari ini adalah:

- Pembukaan

- Penyajian materi

- Sesi tanya jawab

- Penutup

Berhubung sesi pembukaan telah dilaksanakan maka sesi selanjutnya adalah pemaparan materi. Bagi pemateri, saya persilakan untuk memaparkan kepada peserta diskusi. Kepada penyampai materi, tempat dan waktunya saya persilakan.

Sesi Tanya Jawab Rapat pada Contoh Teks Moderator

Terima kasih kepada pemateri karena telah memberikan pemaparan yang jelas bagi kami.

Selanjutnya, kita akan memasuki sesi tanya jawab. Sebelum memulai sesi tanya jawab, saya akan membacakan beberapa ketentuan yang harus Anda perhatikan. Adapun beberapa ketentuan tersebut adalah:

1. Kesempatan untuk melakukan kegiatan tanya jawab akan disediakan sebanyak dua kali. Dengan jumlah pertanyaan pada masing-masing kesempatan adalah tiga pertanyaan dan dua kali sanggahan.

2. Sesi tanya jawab akan kami batasi sekitar lima menit.

3. Pada saat sesi tanya jawab sedang berlangsung, diharapkan para peserta diskusi untuk selalu tertib dan tenang.

Berdasarkan hasil diskusi pada hari ini, didapatkan beberapa kesimpulan. Adapun beberapa kesimpulan tersebut adalah:

a. Kenaikan gaji pegawai sebesar tiga persen akan diberlakukan mulai bulan depan

b. Pegawai akan mendapatkan ekstra 10 persen dari gajinya sebagai bonus pada saat Lebaran

Demikianlah poin kesimpulan yang sudah kita sepakati tadi, saya harap semua peserta diskusi dapat memakluminya.

Demikianlah diskusi kita pada hari ini mengenai rencana kenaikan gaji karyawan pada PT. Maju Jaya. Saya selaku moderator mohon maaf jika ada kesalahan baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian pada audiens.

4 dari 5 halaman

Contoh Teks Moderator

Contoh Teks Moderator Rapat

Assalaamualaikaum wr. wb.

Selamat malam, rekan-rekan sekalian, terima kasih saya ucapkan atas kehadirannya pada acara rapat kali ini. Agar rapat ini bisa segera dimulai, saya akan membacakan susunan acara inti pada rapat malam ini, sebagai berikut.

  • Pembacaan daftar presensi oleh sekretaris.
  • Pembahasan iuran anggota.
  • Pembahasan iuran seragam.

Baiklah, mari kita mulai acara pertama malam ini, yaitu pembacaan daftar presensi oleh sekretaris. Kepada Saudara/Saudari …………….. kami persilakan.

Selanjutnya, kita masuk ke acara kedua, yaitu pembahasan mengenai iuran anggota sekaligus diskusi yang diharapkan dapat menghasilkan keputusan tentang besarnya iuran anggota dan alokasi pemanfaatannya.

Alhamdulillah, pembahasan mengenai iuran anggota telah mencapai kesepakatan dan sekarang, kita masuki agenda rapat berikutnya, yaitu pembahasan mengenai iuran seragam.

Baiklah, rekan-rekan sekalian, kita bersyukur karena acara rapat malam ini berjalan lancar dan menghasilkan kesepakatan yang bisa diterima semua pihak.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasinya dan mohon maaf jika ada kekurangan dalam rapat kali ini. Semoga apa yang kita putuskan malam ini mendapat berkah dari Allah Swt.

Wassalaamualaikum wr. wb.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Moderator

Contoh Teks Moderator Memperkenalkan Narasumber

Baiklah, hadirin sekalian, kini saatnya kita mendengarkan pemaparan dari pembicara pertama, yaitu Bapak Wildan Syukri. Beliau adalah seorang sastrawan yang sudah banyak menghasilkan karya puisi, khususnya yang bertema nasionalisme.

Bapak Wildan yang lahir di Bandung 50 tahun yang lalu, pernah dipercaya menjadi Ketua Dewan Kesenian pada tahun 1994-1998. Aktivitas kesenian beliau saat ini adalah sebagai penggiat sastra di Bengkel Puisi "Nurani", Bandung.

Karya-karya beliau telah banyak mendapatkan apresiasi dan dipublikasikan di berbagai media massa, baik lokal maupun nasional. Selain itu, beliau telah menulis dua buah buku kumpulan puisi, yaitu Menjaring Matahari dan Indonesia, Cintaku.

Pada kesempatan kali ini, beliau akan menyampaikan makalah dengan judul "Peran Penting Puisi sebagai Karya Sastra untuk Menumbuhkan Nasionalisme pada Generasi Milenial". Baiklah, langsung saja kita simak paparan beliau. Kepada Bapak Wildan Syukri, kami persilakan.

 

Sumber: Salamadian, 99

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer