Sukses


Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli, Pahami Jenis dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Pengertian sumber daya alam adalah segala sesuatu yang bisa diambil atau dimanfaatkan dari alam karena memiliki nilai manfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Sumber daya alam di Indonesia sangat beragam dan melimpah, tersebar di berbagai wilayah dari Sabang hingga Merauke, Rotes sampai Miangas.

Sumber daya alam terdiri beberapa jenis dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Namun, sumber daya alam tidak bisa dimanfaatkan begitu saja, perlu ada pelestarian agar tidak cepat habis.

Sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Peranan sumber daya alam penting untuk kehidupan manusia, terlebih lagi sumber daya alam yang berkaitan dengan energi, seperti listrik dan bahan bakar minyak.

Itu adalah pemahaman singkat mengenai sumber daya alam, untuk mengetahui lebih lanjut kamu bisa mencermati artikel di bawah ini.

Berikut pengertian sumber daya alam menurut para ahli, pahami pula jenis dan manfaatnya, seperti disadur dari Merdeka, Rabu (12/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli

Ada beberapa pendapat mengenai pengertian sumber daya alam menurut para ahli, yaitu:

Chapman (1969)

Sumber daya alam adalah hasil penilaian manusia terhadap unsur-unsur lingkungan hidup yang diperlukannya, di mana terdapat tiga definisi sumber daya alam yakni persediaan total (total stock), sumber daya (resources), dan cadangan (reserve).

Isard (1972)

Sumber daya alam adalah keadaan lingkungan dan bahan-bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kesejahteraannya.

Ireland (1974)

Sumber daya alam merupakan suatu keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Suryanegara (1977)

Sumber daya alam adalah unsur-unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.

Katili (1983)

Sumber daya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia. 

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam dan Contohnya

Sumber daya alam dibedakan menjadi beberapa bagian, berikut perinciannya:

1. Sumber daya alam berdasarkan pemulihannya

- Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources)

Sumber daya alam jenis ini dapat dikembalikan persediaannya, diperbarui dalam waktu yang terbilang cepat, dan bisa dibudidayakan.

Sumber daya alam yang dapat diperbarui ini terdiri dari sumber daya alam hayati dan hewani, contohnya seperti perkebunan, pertanian, kehutanan, perikanan, dan peternakan.

- Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable resources)

Sumber daya alam jenis ini tidak dapat dipulihkan sama sekali karena proses terbentuknya yang jauh lebih lambat dibandingkan umur manusia serta jumlahnya lebih statis, contohnya bahan mineral, batu bara, gas bumi, dan minyak bumi.

2. Sumber daya alam berdasarkan sifatnya

- Sumber daya alam fisik

Sumber daya alam fisik memiliki ciri melimpah dan digunakan seluruh makhluk hidup. Sumber daya alam fisik, contohnya tanah, air, udara, dan sinar matahari.

- Sumber daya alam hayati

Sumber daya alam hayati memiliki ciri jika habis terpakai, bisa dikembangkan atau dikembangbiakkan kembali. Contoh sumber daya alam hayati adalah tumbuhan dan hewan.

3. Sumber daya alam berdasarkan lokasi

- Sumber daya alam terrestrial

Sumber daya alam ini terdapat di daratan, contohnya tanah, hutan, dan bahan galian.

- Sumber daya alam akuatik

Sumber daya alam ini terdapat di perairan, misalnya rumput laut dan energi gelombang.

4 dari 5 halaman

Manfaat Sumber Daya Alam

1. Sumber energi dan bahan bakar, misalnya minyak bumi.

2. Pembangkit listrik, misalnya minyak bumi dan sinar matahari.

3. Memenuhi kebutuhan manusia dan hewan, misalnya hewan dan tumbuhan.

4. Untuk tempat tinggal, misalnya pepohonan.

5. Untuk menjaga keseimbangan alam.

6. Menyuplai oksigen (tumbuhan).

7. Cadangan devisa negara.

5 dari 5 halaman

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam harus terus dilestarikan dan dijaga. Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam di bumi:

1. Konservasi Sumber Daya Alam

Satu di antara cara untuk menjaga kelestarian sumber daya alam adalah dengan melakukan konservasi sumber daya alam.

Cara ini berupa pengelolaan sumber daya alam untuk menjamin pemanfaatannya secara bijaksana serta kesinambungan ketersediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai serta keanekaragamannya.

2. Hemat Energi

Cara menjaga kelestarian sumber daya alam berikutnya adalah dengan melakukan gerakan hemat energi. Langkah yang satu ini dapat diaplikasikan saat menggunakan berbagai macam energi, seperti listrik, air, dan lain sebagainya.

Selain merusak upaya kelestarian sumber daya alam, menggunakan energi secara berlebihan juga dapat berdampak pada pengeluaran sehari-hari Sehingga penggunaannya harus benar-benar sesuai kebutuhan.

3. Menggunakan Barang Isi Ulang

Satu di antara hal yang memicu kerusakan lingkungan hidup dan alam adalah penggunaan berbagai barang sekali pakai. Hal ini mengakibatkan tingginya produksi barang yang menggunakan hasil sumber daya alam hingga penumpukan sampah yang tak terkendali.

Maka itu, satu di antaranya solusinya yakni dengan menggunakan barang yang dapat digunakan secara berulang.

4. Membuat Sumur Resapan dan Biopori

Kemudian, cara menjaga kelestarian sumber daya alam yang bisa dilakukan ialah dengan membuat sumur resapan dan biopori. Langkah ini bisa membuat air kembali masuk ke tanah serta menjadi air tanah.

Sama halnya dengan sumur resapan, biopori juga memungkinkan air untuk cepat meresap ke dalam tanah. Di dalamnya, kita dapat menyimpan beragam sampah organik yang dapat difungsikan kembali sebagai pupuk tanaman.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Khulafa Pinta Winastya. Publsihed: 11/6/2021)

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer