Sukses


Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Pegal di Telapak Kaki

Bola.com, Jakarta - Mengalami pegal pada telapak kaki tentu merupakan hal yang tidak menyenangkan, terlebih apabila aktivitas dan mobilitas yang kamu lakukan terbilang tinggi.

Pegal yang dirasakan pada telapak kaki bisa sangat mengganggu dan mengurangi produktivitasmu. Pasalnya, dengan telapak kaki yang pegal, kamu akan kesulitan dalam bergerak.

Keluhan pegal pada telapak kaki sering dianggap remeh, padahal jika dibiarkan dan tidak segera diatasi bisa menyebabkan cedera lebih lanjut.

Lantas, bagaimana cara mengatasi jika telapak kaki kita sedang mengalami pegal-pegal?

Berikut cara mudah dan ampuh mengatasi pegal di telapan kaki, yang bisa kamu praktikkan, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (13/10/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Pegal di Telapak Kaki

1. Istirahatkan Kaki

Cara menghilangkan pegal di telapak kaki bisa dengan mengistirahatkan kaki. Batasi aktivitasmu untuk sementara agar kaki tidak makin pegal atau sakit.

Jadi, sebelum beristirahat malam, istirahatkan kakimu dengan meluruskan seluruh tungkai di permukaan datar dan lakukan pijatan ringan, terutama di bagian telapak kaki.

2. Kompres Dingin

Melakukan kompres dingin di area yang terasa nyeri, terbukti dapat mengurangi nyeri dan pegal di telapak kaki. 

Selain di telapak kaki, kompres dingin juga dapat kamu aplikasikan pada betis yang mengalami pembengkakan atau nyeri.

Coba untuk melakukan kompres dengan menggunakan es pada area yang terkena selama 5-15 menit beberapa kali sehari. Hal ini akan membantu mengurangi peradangan serta nyeri.

3 dari 4 halaman

Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Pegal di Telapak Kaki

3. Mengganti Alas Kaki

Cara ini penting untuk mengatasi telapak kaki yang terasa pegal. Gantilah sepatu ataupun alas kakimu dengan yang lebih nyaman. 

Sebab, memakai sepatu dengan alas yang lunak dan dapat menyokong lengkung kakimu dapat mengurangi gejala nyeri ataupun kelelahan pada otot kaki.

Khususnya bagi kaum wanita, sebisa mungkin kurangi, bahkan hindari penggunaan sepatu hak tinggi. 

4. Peregangan Kaki (Toe Stretches)

Untuk meregangkan kaki, kamu dapat duduk di alas datar dengan menekuk lutut sehingga bagian tumit menempel di alas dudukmu sementara jari-jari tetap terangkat. 

Kemudian, secara perlahan tarik ibu jari kaki dan tahan selama 15–30 detik. Lakukan ini pada semua jari dan telapak kaki yang lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Pegal di Telapak Kaki

5. Konsumsi Antinyeri

Ada beberapa obat bebas yang dapat kamu coba untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan. Obat-obatan yang dimaksud seperti acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen sodium, yang dapat mengurangi rasa sakit serta peradangan.

Kamu mungkin perlu minum obat jenis ini selama mengeluhkan pegal atau bengkak pada area telapak kaki. 

Namun, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter jika keluhan tak kunjung membaik dan menghindari efek sampingnya.

6. Merendam Kaki

Merendam kakimu dengan menggunakan air hangat berguna untuk mengurangi pegal pada telapak kaki. 

Lebih lanjut, menambahkan garam Epsom ke dalam rendaman kaki terbukti dapat meredakan nyeri otot, bahkan bisa mengurangi pembengkakan.

Kamu dapat membuat rendaman air hangat beserta garam Epsom selama sekitar 20 menit untuk meredakan berbagai keluhan pada telapak kakimu.

7. Konsumsi Multivitamin

Sebelum tidur, ada baiknya untuk konsumsi multivitamin sebagai nutrisi otot dan sendi serta untuk mengurangi rasa pegal. 

Multivitamin ini biasanya mengandung kalium dan magnesium aspartat untuk mengurai asam laktat (penyebab pegal-pegal dan otot kaku).

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 7/6/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer