Sukses


Contoh-Contoh Dampak Negatif Globalisasi

Bola.com, Jakarta - Perubahan sosial di era modern seperti saat ini sangat berkaitan erat dengan globalisasi. Perlu diketahui bahwa tidak hanya memberikan dampak positif, globalisasi juga memiliki dampak negatif.

Globalisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia.

Globalisasi juga dapat diartikan sebagai meluasnya pengaruh kebudayaan maupun ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia.

Globalisasi menciptakan suatu masyarakat di seluruh penjuru dunia dapat saling bergantung dalam berbagai bidang kehidupan.

Dalam era globalisasi ini dikenal dengan istilah "global village" atau desa global yang berarti bahwa batas-batas antar wilayah negara makin pudar. Hal ini terjadi karena adanya kemajuan dalam teknologi dan komunikasi.

Beberapa bentuk globalisasi di antaranya globalisasi bidang IPTEK, bidang ekonomi, komunikasi, dan budaya.

Globalisasi yang terjadi saat ini tentunya banyak menimbulkan dampak positif dan negatif terhadap masyarakat secara global. Akan tetapi, globalisasi di seluruh dunia tidak dapat dihentikan dan akan terus berlangsung. Maka itu, globalisasi merupakan tantangan besar bagi setiap negara.

Untuk setiap bangsa harus mempunyai kemampuan untuk menempatkan diri dalam era globalisasi ini, tetapi juga harus dapat mempertahankan kehidupan kebangsaannya dari dampak-dampak negatif globalisasi.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mencermati apa saja contoh dari dampak negatif globalisasi, di bawah ini.

Berikut contoh-contoh dampak negatif globalisasi, lengkap dengan penjelasannya, dilansir dari emodul.kemendikbud.go.id, Selasa (18/10/2022).

 

2 dari 4 halaman

Munculnya Sikap Westernisasi

Makin cepatnya arus informasi di era globalisasi, berpengaruhterhadap perubahan sosial budaya masyarakat Indonesia. 

Hal tersebut dapat membuat interaksi antarmasyarakat makin intensif bahkan bisa jadi arus informasi dari luar tersebut tidak disaring ataupun tidak tekendali. Satu di antaranya adalah munculnya sikap westernisasi.

Westernisasi adalah sikap atau tindakan masyarakat yang meniru kebudayaan barat sehingga melunturkan nasionalisame atau rasa cinta terhadap budaya sendiri.

Contohnya gaya berpakaian kalangan generasi muda yang mengikuti cara berpakaian masayarakat barat. Selain itu menyukai kehidupan malam dengan pergi ke klub malam, pergaulan bebas, dan sebagainya.

 

3 dari 4 halaman

Memunculkan Sikap Individualisme

Sikap individualisme dapat diartikan sebagai perilaku yang mementingkan diri sendiri dan tidak mau tahu urusan atau kepentingan orang lain. 

Di kota besar, sikap individualisme terlihat jelas, bahkan tak jarang dengan tetangga sebelah rumah tidak saling mengenal. Hal tersebut terjadi karena kurangnya sosialisasi antarmasyarakat. 

Selain itu, kepedulian terhadap sesama juga makin pudar. Perilaku gotong royong yang merupakan ciri khas masyarakat Indonesia perlahan mulai luntur digerus perkembangan zaman.

Contoh lain, saat ini sudah tidak asing lagi ditemukan orang yang menggunakan handphone tanpa peduli dengan keadaan sekitar. Istilah “handphone dapat mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat” cocok untuk menggambarkan kondisi sekarang.

4 dari 4 halaman

Kerusakan Lingkungan

Masuknya perusahaan asing dan pembangunan akan menimbulkan perubahan pula pada lingkungan alam. Berbagai kemudahan yang kita rasakan beriringan dengan dampak lingkungan yang ditimbulkan, yakni berupa pencemaran lingkungan. 

Pencemaran ini dapat dikategorikan pada pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah dan pencemaran suara. 

Pencemaran lingkungan ditandai dengan berubahnya kondisi lingkungan akibat dari kegiatan manusia atau proses alam sehingga tidak dapat berfungsi lagi sebagaimana mestinya. 

Misalnya pencemaran udara oleh asap kendaraan bermotor atau asap pabrik. Pencemaran air oleh limbah rumah tangga maupun limbah industri. Pencemaran tanah oleh penggunaan pupuk kimia maupun limbah yang dibuang ke tanah, polusi suara dapat diakibatkan oleh kendaraan bermotor maupun pabrik.

Semua pencemaran tersebut akan berdampak bagi kesehatan manusia maupun makhluk hidup yang lainnya.

Dampak yang ditimbulkan antara lain banyaknya wabah penyakit yang ditimbulkan oleh pencemaran, seperti sesak napas, asma, TBC, dan sebagainya. 

 

Sumber: Kemendikbud

Silakan klik tautan ini untuk artikel edukasi dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer