Sukses


Contoh-Contoh Perilaku Menghargai Jasa Pahlawan

Bola.com, Jakarta - Lahirnya bangsa Indonesia yang merdeka dan berdaulat merupakan jerih payah dari perjuangan para pahlawan nasional.

Ada banyak pahlawan nasional di Indonesia, baik pahlawan di era penjajahan Belanda dan Jepang, pahlawan revolusi serta pahlawan di era setelah proklamasi.

Berkat jasa-jasa pahlawan nasional tersebut, Indonesia bisa merdeka dan menjadi bangsa yang besar dan lebih baik lagi seperti sekarang.

Sebagai rakyat yang baik, sudah seharusnya kita mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur membela harkat dan martabat Indonesia.

Beragam cara bisa dilakukan untuk mengenang peristiwa dan menghargai jasa para pahlawan. Selain itu, ada banyak contoh sikap yang bisa dilakukan untuk menghargai jasa pahlawan.

Berikut ini beberapa contoh perilaku menghargai jasa pahlawan dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari sdn2bugeman.sch.id, Selasa (18/10/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Menghargai Jasa Pahlawan

1. Saling Menghormati dan Menghargai Satu Sama Lain

Penting untuk selalu menghormati dan menghargai satu sama lain, terutama dalam aspek perbedaan, baik itu suku, etnis, daerah, agama, dan lain sebagainya.

Para pahlawan perjuangan dapat meraih kemenangan karena mereka berjuang bersama dan menyampingkan perbedaan.

Itulah mengapa penting menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.

2. Memupuk Semangat Cinta Tanah Air

Kecintaan para pahlawan pada bangsa Indonesia mengantarkan semangat mereka untuk berjuang merebut kemerdekaan. Hal tersebut tentu perlu dilanjutkan oleh para pemuda pemudi sebagai generasi penerus bangsa.

Kita harus senantiasa mencintai Tanah Air Indonesia, bangga akan bangsa sendiri, dan menjaga eksistensi bangsa Indonesia secara bersama-sama.

3 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Menghargai Jasa Pahlawan

3. Tidak Melupakan Jasa Pahlawan

Sikap yang bisa dilakukan untuk menghargai jasa pahlawan ialah selalu mengingat perjuangan para pahlawan dan tidak melupakan jasa mereka.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara selalu menceritakan kisah-kisah perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia kepada setiap generasi baru.

Catatan sejarah, peristiwa penting, semangat perjuangan, dan lain sebagainya harus selalu tersampaikan pada para generasi muda.

Hal itu karena dalam cerita tersebut terdapat makna-makna yang perlu ditanam dan dicontoh, seperti makna Sumpah Pemuda, makna kemerdekaan Indonesia, dan lain sebagainya.

4. Belajar dengan tekun

Para pahlawan menjunjung tinggi semangat perjuangan untuk dapat mencapai cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Sebagai bentuk menghargai jasa para pahlawan, setiap warga negara juga wajib untuk belajar dengan tekun.

Mengapa demikian? Karena generasi peneruslah yang kemudian harus melanjutkan cita-cita bangsa Indonesia dalam mencapai masa depan yang lebih baik sehingga jasa para pahlawan tidak akan sia-sia, terutama dalam peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

4 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Menghargai Jasa Pahlawan

5. Memperingati Peristiwa Penting

Menghargai jasa pahlawan juga dapat dilakukan dengan upacara bendera pada saat peringatan peristiwa-peristiwa berserjarah, seperti peristiwa kemerdekaan Indonesia, peringatan hari Sumpah Pemuda, hari lahirnya Pancasila, hari Pahlawan, dan lain sebagainya.

6. Menjalankan Pancasila dan peraturan lainnya

Contoh sikap menghargai jasa pahlawan yang terakhir adalah dengan selalu menjalankan Pancasila atau memahami maknanya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kita juga harus menjalankan peraturan perundang-undangan yang berlaku, peraturan agama, maupun budaya yang ada dalam masyarakat secara baik dan benar.

 

Sumber: sdn2bugeman.sch.id

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer