Sukses


Cara Aman Berolahraga untuk Pengidap Alergi Debu

Bola.com, Jakarta - Memiliki alergi membuat seseorang harus berhati-hati terhadap pantangannya. Alergi yang paling cukup menyiksa adalah alergi debu.

Pasalnya, debu mudah dijumpai di berbagai tempat. Maka itu, pengidap alergi debu cenderung sering membatasi aktivitasnya, termasuk saat olahraga di tempat tertentu.

Hal tersebut sengaja dilakukan untuk menghindari kekambuhan akibat berkontak dengan alergen.

Sebenarnya, alergi debu adalah alergi terhadap tungau yang berada di partikel debu. Bila sebuah tempat memiliki lingkungan yang bersih dan tidak lembap, biasanya tungau tak akan berada di situ dan risiko alergi untuk kambuh juga kecil.

Agar kamu tidak terus-menerus menolak ajakan teman untuk berolahraga bersama karena takut alergi kambuh, berikut beberapa cara aman berolahrga untuk pengidap alergi debu, disadur dari Klikdokter, Kamis (3/11/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Aman Berolahraga untuk Penderita Alergi Debu

Pilih jenis olahraga yang lebih aman

Pada beberapa orang, terutama yang benar-benar sensitif, alergi debu mudah kambuh. Apabila kamu khawatir dengan kondisi tersebut, sejak awal pilih olahraga yang tidak akan berkontak dengan debu, misalnya berenang.

Berenang memiliki banyak manfaat, seperti dapat meredakan gejala kekakuan sendi pada pengidap arthritis, mengurangi gejala cemas, menguatkan tulang, hingga meningkatkan kapasitas dan volume paru-paru.

Meski berenang tak menyebabkan alergi debu kambuh, bukan berarti kamu bisa sembarangan memilih kolam renang umum. Pilih kolam renang yang airnya jernih, tak banyak sampah, dan bila perlu ada penjaga khusus yang dapat menangani kondisi-kondisi gawat di dalam kolam renang.

Tingkatkan daya tahan tubuh

Reaksi kekambuhan alergi biasanya akan makin buruk bila kamu sedang dalam kondisi yang tak fit. Oleh sebab itu, sebelum melakukan aktivitas fisik yang melelahkan, ada baiknya kamu tingkatkan dulu daya tahan tubuh.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh bisa dengan memperbanyak asupan sayur dan buah (khususnya yang mengandung vitamin C), konsumsi suplemen, serta memperbaiki pola istirahat. Hindari juga bergadang sebelum olahraga.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Berolahraga untuk Pengidap Alergi Debu

Buat kondisi ruangan tidak lembap

Jika olahraga yang dipilih adalah olahraga dalam ruangan, seperti senam atau yoga, perhatikanlah kelembapan ruangan yang dipilih, apalagi jika tidak memiliki pendingin ruangan.

Agar ruangan tak lembap, tak bau apek, dan sirkulasi udaranya lancar, lebih baik buka semua jendela yang ada di ruangan tersebut. Biarkan angin dan sinar matahari masuk.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang lain untuk membersihkan ruangan yang hendak dipakai dan menyingkirkan beberapa barang lama yang sudah berdebu.

Makin lega, tak lembap, dan bersih kondisi ruangan yang dipakai, risiko untuk mengalami kekambuhan energi juga makin kecil.

Gunakan masker khusus olahraga

Olahraga di luar ruangan berpotensi membuat alergi debu kambuh. Maka itu, gunakan masker khusus olahraga (training mask) yang dijual di toko peralatan olahraga ataupun secara online.

Hindari menggunakan masker sekali pakai yang kerap kamu lihat sehari-hari. Sebab, ada kemungkinan hal tersebut justru membuat pernapasan jadi sesak.

Minum obat alergi hanya saat alergi kambuh, bukan untuk mencegah

Saking takutnya alergi kambuh, sebagian orang justru sudah mengonsumsi obat alergi terlebih dahulu untuk mencegahnya. Padahal, tindakan seperti itu tidak dianjurkan oleh dokter.

Untuk mencegahnya, cukup dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan melakukan langkah-langkah di atas. Tidak perlu menggunakan obat.

Jika obat alergi terus-menerus diminum hanya untuk mencegah kekambuhan, bisa-bisa tubuhmu justru jadi kebal dan obat alergi jadi tak bisa lagi berfungsi maksimal.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 31/11/2019)

Yuk, baca artikel olahraga lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer