Sukses


Macam-Macam Penyebab Perut Mual setelah Mengonsumsi Vitamin

Bola.com, Jakarta - Banyak hal yang bisa kita lakukan agar tubuh tetap fit dan terjaga kesehatannya. Selain melakukan aktivitas fisik, kita bisa rutin mengonsumsi vitamin.

Tubuh manusia membutuhkan banyak asupan vitamin agar tetap sehat. Banyak sumber makanan yang mengandung vitamin tertentu, contohnya jeruk mengandung vitamin C dan wortel mengandung vitamin A.

Asupan vitamin tidak hanya bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan semata, tetapi bisa juga dari suplemen ataupun pil vitamin.

Namun, adakalanya seseorang mengalami mual bahkan hingga muntah-muntah setelah mengonsumsi suplemen vitamin.

Terkait ini, ada beberapa penyebab yang bisa diperhatikan, mengapa seseorang bisa mengalami mual setelah mengonsumsi vitamin.

Berikut macam-macam penyebab perut mual setelah mengonsumsi vitamin, disadur dari Klikdokter, Selasa (8/11/2022).

2 dari 4 halaman

Penyebab Perut Mual setelah Konsumsi Vitamin

1. Mengonsumsi Vitamin saat Perut Kosong

Satu di antara penyebab perut mual setelah minum vitamin adalah karena mengonsumsi vitamin ketika perut kosong.

Mual terjadi terutama ketika kamu minum vitamin C. Suplemen ini memiliki kadar asam yang tinggi.

Dampak minum vitamin C saat perut kosong bisa menyebabkan mual. Untuk mengurangi mual, kamu dapat mengonsumsi camilan terlebih dulu. 

2. Terlalu Banyak Kandungan Zat Besi

Tambahan zat besi selama kehamilan dibutuhkan untuk menghindari risiko kekurangan darah atau anemia. Meski begitu, terlalu banyak asupan zat besi bisa menyebabkan mual.

Seorang ahli gastroenterologi di New York University Langone Medical Center, Amerika Serikat, mengungkap mual juga bisa terjadi ketika suplemen zat besi dikonsumsi saat perut masih kosong.

Para ahli menyarankan agar suplemen zat besi digunakan sesaat sebelum mengonsumsi makanan berat.

Proses penyerapan zat besi yang dikonsumsi bersama makanan mungkin bisa berkurang, tetapi ini lebih baik daripada mineral ini tidak diserap sama sekali.

Untuk menghindari perasaan tidak nyaman akibat mual, zat besi bisa dikonsumsi sesaat sebelum tidur.

3 dari 4 halaman

Penyebab Perut Mual setelah Konsumsi Vitamin

3. Vitamin Dikonsumsi Bersama Obat Lain

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa multivitamin dapat menyebabkan efek samping bila dikonsumsi bersamaan dengan obat lain. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Mual setelah minum vitamin bisa diatasi dengan mengonsumsi obat terlebih dahulu. Lalu, tunggulah beberapa saat dan lanjutkan minum vitamin. Sebaliknya, kamu juga bisa minum vitamin dulu, kemudian obatnya. 

Agar tidak menimbulkan efek samping, penting bagi kamu untuk menginformasikan kepada dokter mengenai obat dan vitamin yang sedang dikonsumsi. Hal ini juga bertujuan untuk tidak mengurangi kemanjuran obat dan vitamin tersebut.

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Vitamin

Mual juga bisa disebabkan mengonsumsi beberapa vitamin secara bersamaan. Terlebih, jika yang dikonsumsi adalah jenis vitamin larut dalam lemak. Vitamin yang dimaksud, yaitu vitamin A, D, dan E.

Berbeda dengan vitamin yang larut dalam air, tubuh tidak mengeluarkan limbah sisa pengolahan vitamin larut dalam lemak melalui urine.

Akibatnya, kamu mengalami gejala keracunan, berupa mual dan diare. Untuk mencegahnya, jangan mengonsumsi lebih dari asupan harian yang disarankan. 

Asupan vitamin A yang disarankan adalah 700 mikrogram untuk wanita dan 900 mikrogram untuk pria. Sementara, asupan vitamin D sebanyak 15 mikrogram dan vitamin E sebanyak 15 miligram per hari.  

4 dari 4 halaman

Penyebab Perut Mual setelah Konsumsi Vitamin

5. Mengonsumsi Vitamin Sebelum Aktivitas Berat

Tidak sedikit orang mengonsumsi vitamin ketika hendak melakukan aktivitas berat, seperti olahraga. Cara ini diyakini dapat menambah energi ketika beraktivitas.

Hanya, bukan tambahan energi yang didapat, mengonsumsi vitamin sebelum olahraga justru bisa menyebabkan mual. Maka itu, hindari mengonsumsi vitamin sebelum olahraga. 

Vitamin berbentuk suplemen bisa menjadi alternatif untuk memenuhi nutrisi tubuh. Namun, vitamin jenis ini dapat menimbulkan sejumlah efek samping.

Mual setelah minum vitamin adalah contoh efek samping yang mungkin muncul ketika suplemen ini dikonsumsi sembarangan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 13/7/2022)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer