Sukses


Tata Cara Mandi Taubat beserta Bacaan Niatnya

Bola.com, Jakarta - Sebelum melakukan salat taubat, penting untuk dipahami oleh umat muslim bacaan niat dan tata cara mandi taubat. Salat taubat dikerjakan karena penyesalan akan dosa-dosa yang telah dilakukan. 

Setiap umat Muslim pasti pernah berbuat dosa, baik yang disengaja atau tidak. Sebab manusia memang tidak dapat luput dari kesalahan. Lalai meninggalkan salat menjadi satu di antara yang kerap dilakukan.

BACA JUGA: Tata Cara Mandi Wajib untuk Laki-laki dan Perempuan Beserta Bacaan Niatnya

Saat tahu melakukan kesalahan, seorang muslim perlu memohon ampunan kepada Allah Swt., satu di antaranya dengan bertaubat kepada-Nya dan berjanji tak akan mengulangnya.

Taubat bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Satu di antaranya dengan melakukan mandi dan salat taubat.

Mandi taubat dilakukan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa akibat maksiat dan dosa yang dikerjakan. Dengan mandi taubat, tubuhmu akan makin bersih dan siap memohon ampunan Allah Swt.

Berikut tata cara mandi taubat beserta bacaan niatnya yang perlu diketahui umat muslim, disadur dari Dream, Senin (7/11/2022).

2 dari 4 halaman

Hadis Tentang Anjuran Bertaubat

Bagi sebagian orang, melakukan kesalahan atau dosa bisa menyebabkan ketaknyamanan dalam hidup. Namun, dengan mengakui kesalahan dan bertaubat kepada Allah maka hidup lebih tenang dan damai.

Maka itu, Rasulullah saw. juga menganjurkan kepada umatnya untuk menyegerakan bertaubat jika sadar melakukan kekhilafan.

Perintah bertaubat telah disebutkan dalam sebuah hadis. Rasulullah saw. bersabda: "Setip anak Adam pasti pernah melakukan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah bertaubat." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, dihasankan oleh Imam Al-Albani)

Segera mungkin bagi umat Islam dianjurkan untuk mengucapkan niat mandi taubat, lalu melakukan tata cara mandi taubat, dan diakhiri dengan salat taubat.

Menurut Kitab Nihayah al Zain karangan Syekh Al-Nawawi Al-Jawi, mandi taubat sebaiknya segera dilakukan seketika setelah melakukan dosa, meski dosa kecil.

Menurut Imam Nawawi, menunda taubat justru akan menambah dosa. Mayoritas ulama berpendapat satu di antara cara untuk bertaubat adalah dengan melakukan niat mandi taubat dan tata caranya serta salat taubat. Mandi taubat juga dianjurkan bagi seorang mualaf (orang yang baru masuk Islam).

3 dari 4 halaman

Niat Mandi Taubat

Tak hanya salat saja, mandi taubat juga ada niatnya. Niat yang baik akan mendatangkan pahala yang baik pula. Saat hendak mandi taubat, hal pertama yang dilakukan adalah dengan niat.

Melafalkan niat mandi taubat bisa membuat jiwa menjadi lebih siap untuk bertaubat secara sungguh-sungguh kepada Allah Swt. Adapun bacaan niat mandi taubat adalah sebagai berikut:

Nawaitul ghusla littaubati ‘an jami’idzunuub.

Artinya:

"Aku berniat mandi taubat dari segala dosa dhahir dan batin."

4 dari 4 halaman

Tata Cara Mandi Taubat

Setelah mengetahui niat mandi taubat di atas, hal yang perlu diketahui selanjutnya adalah tata cara mandi taubat.

Sebenarnya cara mandi taubat ini hampir sama dengan mandi wajib setelah haid atau berhubungan badan. Perbedaannya terletak pada niatnya saja. Simak tata cara mandi taubat di bawah ini:

  1. Membaca niat mandi taubat.
  2. Membasuh kedua telapak tangan sampai ke sela-sela jari. Dilanjutkan membasuh kedua tangan sebanyak tiga kali.
  3. Membasuh bagian intim menggunakan air dengan tangan kiri hingga bersih.
  4. Membasuh semua anggota badan dengan air lalu menggosok-gosoknya dengan sabun kemudian dibilas hingga bersih.
  5. Berwudu seperti halnya wudu saat hendak salat.
  6. Membasuh sela-sela rambut dengan air dan membersihkannya dengan jari tangan.
  7. Mengguyur bagian kepala sebanyak tiga kali.
  8. Mengguyur seluruh tubuh dimulai dari bagian kanan lalu kiri.
  9. Membasuh dan membersihkan kaki hingga sela-sela kaki.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 31/4/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer