Sukses


Macam-Macam Persiapan Sebelum Menjalani Hari Pertama Kelas Tinju

Bola.com, Jakarta - Tinju adalah satu di antara olahraga yang bisa untuk menurunkan berat badan. Selain itu, tinju berguna untuk menjaga kebugaran tubuh, serta membakar lemak.

Tinju bisa dilakukan baik pria maupun wanita. Kamu bisa mulai mendalami olahraga tinju dengan mengikuti kelas tinju yang difasilitasi pelatih berpengalaman atau bersertifikat.

Namun, sering kali akan muncul perasaan gugup saat akan menjalani hari pertama kelas tinju.

Perasaan gugup tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Kamu hanya perlu mengendalikannya dengan melakukan beberapa persiapan yang benar.

Berikut macam-macam persiapan sebelum melakukan olahraga tinju, disadur dari Klikdokter, Rabu (9/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Persiapan Sebelum Menjalani Hari Pertama Kelas Tinju

1. Datang Lebih Awal

Kamu dapat datang minimal sepuluh menit lebih awal sebelum kelas dimulai. Jadi, kamu dapat mempersiapkan diri lebih mantap lagi sebelum kelas dimulai. 

Datang lebih awal juga akan membantumu lebih berkonsentrasi ketika memulai kelas. Hal ini penting karena tinju merupakan olahraga yang memerlukan konsentrasi penuh untuk bisa mempelajari gerak dan tekniknya dengan benar. 

2. Jangan Makan Terlalu Banyak

Makan dalam porsi besar, darah akan terkonsentrasi ke usus. Hal ini akan membuat aliran darah ke otot berkurang yang akhirnya membuat tubuhmu lemas.

Melansir Sportsver, kamu dapat makan sepotong buah atau roti panggang sebelum latihan tinju dimulai. Keduanya merupakan makanan rendah kalori dan gula yang dihasilkan dapat memberikan tambahan energi untukmu.

3. Gunakan Pakaian yang Ketat

Lebih baik untuk tidak menggunakan pakaian yang longgar saat kelas tinju. Pakaian yang longgar dapat menghalangi pergerakan ataupun bisa membuat kamu tersandung. 

Saat berlatih tinju, kamu dapat menggunakan legging atau celana pendek untuk bersepeda. Bisa pula dipadukan dengan t-shirt ataupun tank top yang pas di tubuhmu.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Persiapan Sebelum Menjalani Hari Pertama Kelas Tinju

4. Gunakan Cross Trainer daripada Sepatu Lari

Sepatu lari tidak terlalu memberikan banyak topangan bagi kaki kamu ketika melakukan banyak gerakan pada latihan tinju.

Kamu dapat memilih sepatu cross trainer yang dapat menopang pergelangan kaki serta lengkungan kaki. Ini diperlukan karena latihan tinju melibatkan banyak gerakan maupun topangan kaki. 

5. Siapkan Tubuh Lakukan Latihan Penuh

Tidak sekadar melemparkan atau menghindari pukulan, tinju merupakan olahraga yang juga melatih kemampuan otot tubuh. Termasuk otot kaki dan otot inti.

Jadi, persiapkan tubuhmu. Sebab, selama kelas tinju, kamu juga akan melakukan squat, lunes, rounds on the bag, serta latihan mountain climbers.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Persiapan Sebelum Menjalani Hari Pertama Kelas Tinju

6. Jumping Rope

Jumping rope dibutuhkan dalam kelas tinju untuk menjaga agar otot tetap hangat dan membuat gerakan tinju kamu lebih baik. Selain itu, melakukan jumping rope baik untuk koordinasi mata, tangan, kaki, daya tahan, dan gerak kakimu. 

Maka itu, pelatih biasanya akan meminta kamu untuk melakukan jumping rope di awal ataupun di tengah sesi. 

7. Sarung Tangan 

Tangan yang berkeringat saat tinju akan membuat kamu merasa tidak nyaman saat berolahraga. Jadi, penting bagi kamu untuk menggunakan sarung tangan yang bisa kamu beli sendiri ataupun menyewanya di tempat kamu berlatih.

8. Istirahat Cukup Sebelum Memulai Kelas

Penting bagi kamu untuk beristirahat dengan cukup sebelum memulai latihan tinju. Hal ini berguna agar otot kamu tidak tegang sebelum latihan. 

Di samping itu, tidak disarankan untuk melakukan olahraga lain pada hari yang sama sebelum kelas tinju. Pastikan pula tubuh kamu tetap terhidrasi dengan meminum banyak air dan membawa minuman sendiri saat kelas.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 6/12/2021)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer