Sukses


Cara Sehat Tetap Langsing untuk Penggemar Wisata Kuliner

Bola.com, Jakarta - Wisata kuliner merupakan kegiatan sekaligus hobi yang menyenangkan. Pasalnya, kamu dapat mencoba berbagai jenis kudapan yang lezat dari berbagai daerah, dalam dan luar negeri.

Selain itu, makanan-makanan tersebut bisa menjadi postingan yang menarik di media sosial.

Namun, jangan sampai hobi ini malah menyebabkan berat badanmu ikut naik. Sebab, kelebihan berat badan adalah satu di antara faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga postur tubuh tetap ideal. Bagi kamu yang hobi wisata kuliner, tetapi ingin tetap kurus, beberapa trik ini bisa dicoba.

Berikut cara sehat tetap langsing untuk penggemar wisata kuliner, dinukil dari Klikdokter, Sabtu (12/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Sehat Tetap Langsing untuk Penggemar Wisata Kuliner

1. Buatlah Jadwal untuk Makan

Hindarilah makan di luar jam makanmu, apalagi ngemil yang tidak sehat. Perlu kamu ketahui, cara agar tetap langsing walaupun makan banyak adalah dengan menghindari makan camilan di sela-sela jam makan. Jadi, buatlah jadwal makan dan patuhi jadwal tersebut. 

2. Pilih Camilan yang Tepat

Selain membuat jadwal makan, bagimu yang hobi makan, tetapi ingin tetap kurus, hindari makan camilan yang tidak sehat.

Jika kamu sedang ingin ngemil, pilihlah buah-buahan segar sebagai kudapan. Dengan cara ini, kamu dapat melakukan wisata kuliner pada jam makan besarmu.

3. Tetap Perhatikan Keseimbangan Gizi

Ingin tahu rahasia makan banyak, tetapi tetap kurus? Tetap perhatikan keseimbangan gizi pada makanan yang dikonsumsi. Jika hendak berwisata kuliner, ini menjadi satu di antara hal penting untuk kamu perhatikan.

Jika kamu sudah mengonsumsi makanan kaya protein hari ini, jangan lupakan buah dan sayuran.

3 dari 4 halaman

Cara Sehat Tetap Langsing untuk Penggemar Wisata Kuliner

4. Tingkatkan Konsumsi Serat

Apabila kamu sedang berkuliner, tetap upayakan konsumsi makanan tinggi serat. Hal ini dilakukan agar kenyang yang dirasakan lebih lama sehingga kamu terhindar dari makan berlebih.

5. Hindari Porsi Besar

Ketika kamu ingin mencoba beberapa jenis makanan di waktu bersamaan, sebaiknya pilihlah porsi kecil atau bagi porsi dengan partnermu. Ini dapat membantumu yang hobi makan, tetapi ingin tetap kurus untuk menjaga asupan kalori agar tidak berlebih.

6. Hindari Makanan yang Diolah dengan Cara Digoreng

Saat melakukan wisata kuliner, pilihlah jenis makanan yang sehat.  Hindari makanan dengan kandungan lemak yang tinggi, seperti makanan yang digoreng.

Kendati terasa lezat, makanan dengan kandungan minyak yang tinggi tidak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

7. Hindari Karbohidrat Sederhana

Tips makan banyak, tetapi tetap kurus berikutnya adalah dengan memperhatikan komposisi makananmu. 

Usahakan setiap kali kamu makan ada unsur karbohidrat (roti gandum, kentang). Sebaliknya, hindari karbohidrat sederhana seperti makanan yang mengandung gula tinggi.

Karbohidrat sederhana tidak baik untuk kesehatan karena hanya terdiri dari satu (monosakarida) atau dua molekul gula (disakarida). Lantaran bentuknya yang sederhana, gula jenis ini sangat cepat dicerna. Setelah karbohidrat sederhana ini dimakan, kadar gula akan naik dengan cepat.

4 dari 4 halaman

Cara Sehat Tetap Langsing untuk Penggemar Wisata Kuliner

8. Berolahraga Rutin

Jika kamu termasuk orang yang hobi makan, tetapi ingin tetap kurus, jangan lupakan olahraga. Setelah seharian berwisata kuliner, sempatkan untuk berolahraga.

Dengan berolahraga, kamu sudah membakar kalori yang masuk dan dapat mempertahankan berat badanmu.

Tidak hanya saat berwisata kuliner, olahraga sebaiknya dilakukan secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

9. Pilih Olahraga yang Tepat untuk Membakar Kalori

Apa jenis olahraga yang disarankan untukmu, pencinta kuliner? kamu dapat mencoba olahraga jenis aerobik, seperti berlari, joging, atau berenang.

Olahraga aerobik membakar kalori dan dapat mempertahankan berat badanmu agar tetap stabil. Kamu dapat berolahraga selama 30 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

10. Aktif Bergerak

Selain olahraga, usahakan untuk tetap aktif bergerak. Hindari duduk dalam waktu lama. Kamu dapat menyiasati dengan berjalan kaki di tengah aktivitasmu.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 22/10/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer