Sukses


Manfaat Berkeringat bagi Kesehatan Tubuh yang Penting untuk Diketahui

Bola.com, Jakarta - Berkeringat merupakan satu di antara cara tubuh untuk menyesuaikan suhu. Jika suhu lingkungan di sekitarnya lebih rendah dari suhu kulit, pengeluaran panas akan meningkat. 

Sedangkan jika suhu lingkungan di sekitarnya lebih panas, kelenjar keringat akan diaktifkan. Berolahraga merupakan satu di antara kegiatan fisik yang bisa menyebabkan tubuh berkeringat.

Meski banyak orang yang sering merasa kesal ketika berkeringat, berkeringat memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Maka itu, bagi kamu yang takut atau malas berkeringat, mulai sekarang jangan segan-segan untuk melakukan aktivitas yang bisa mengeluarkan keringat.

Ketika berkeringat, zat-zat racun dari dalam tubuh bisa keluar melalui keringat, atau bisa dikatakan detoksifikasi secara alami.

Berikut manfaat berkeringat bagi kesehatan tubuh yang patut untuk diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (23/11/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Berkeringat bagi Kesehatan Tubuh

1. Detoksifikasi Logam Berat

Sebuah penelitian pada 2016 di China mengatakan bahwa kadar logam berat dalam tubuh orang yang berolahraga rutin lebih rendah dibandingkan dengan orang yang jarang latihan. 

Logam berat ini dapat ditemukan di dalam keringat dan urine. Namun, komposisi logam berat lebih banyak ditemukan dalam keringat.

Hal tersebut dapat menjelaskan mengapa orang yang sering berkeringat memiliki kadar logam berat yang lebih rendah dalam tubuhnya. Penumpukan logam berat di dalam tubuh bisa berbahaya bagi tubuh.

2. Mengeluarkan Zat Kimia Berbahaya bagi Tubuh

Beberapa zat kimia berbahaya seperti bisphenol A (BPA) dan polychlorinated biphenyls (PCB) dapat dikeluarkan dari dalam tubuh melalui keringat. 

PA merupakan zat yang digunakan dalam industri plastik. BPA berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan otak dan perilaku, serta dapat meningkatkan tekanan darah.

Sementara itu, PCB merupakan zat kimia organik yang dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan. 

Beberapa uji coba telah membuktikan bahwa BPA dan sebagian jenis PCB dapat dikeluarkan dari tubuh melalui keringat. Oleh karena itu, berkeringat berarti dapat mengurangi risiko kelebihan zat kimia yang berdampak negatif bagi kesehatan.

3. Membersihkan Bakteri

Ada tanda-tanda bahwa zat glikoprotein di dalam keringat dapat mengikat bakteri dari pori-pori kulit. Zat glikoprotein dapat membantu pembersihan bakteri tersebut.

Alhasil, saat berkeringat dapat mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi kulit. Kendati demikian, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Selain itu, keringat yang mengandung bakteri harus segera dibersihkan dengan cara mandi. Mandi bertujuan agar bakteri tidak menjadikan keringat sebagai media untuk berkembang biak dan menyebabkan bau tubuh yang tak sedap. 

3 dari 4 halaman

Manfaat Berkeringat bagi Kesehatan Tubuh

4. Memperbaiki Mood

Manfaat keluar keringat bagi tubuh lainnya adalah melepas hormon endorfin yang memicu perasaan positif. Hal ini berarti, berkeringat dapat membantu suasana hati menjadi lebih baik. 

Kamu bisa mendapatkan mood yang stabil atau happy dengan cara berolahraga dan mengeluarkan keringat.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Berkeringat yang didapat dari latihan fisik maupun aktivitas sehari-hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian tahun 2015 yang dilakukan di Finlandia selama 20 tahun. 

Menurut peneliti pada studi tersebut, orang yang lebih sering berkeringat di sauna cenderung punya risiko rendah terhadap penyakit berbahaya.

6. Memulihkan Otot

Keluarnya keringat dari dalam tubuh bermanfaat untuk membantu otot cepat pulih. Berkeringat dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu pengeluaran asam laktat.

Penumpukkan asam laktat dapat menyebabkan rasa lelah dan nyeri otot. Dengan berkeringat, rasa sakit bisa berkurang dan proses pemulihan setelah olahraga juga makin cepat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Berkeringat bagi Kesehatan Tubuh

7. Membakar Kalori

Dengan berolahraga yang memicu keringat keluar, hal ini juga bersamaan dengan kalori yang dibakar oleh tubuh. 

Dengan rutin berolahraga, risiko kalori berlebih dalam tubuh karena makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat ditekan.

8. Menjaga Suhu Tubuh

Satu di antara tujuan tubuh mengeluarkan keringat adalah agar menjaga suhu tubuh terjaga dengan baik. Contohnya, ketika suhu tubuh mengalami peningkatan saat demam. Tubuh pun akan berupaya mengeluarkan keringat.

Hal ini bertujuan agar suhu di dalam tubuh tidak terlalu tinggi. Ini karena suhu tubuh yang terlalu tinggi berpotensi picu kerusakan organ jika berlangsung dalam jangka waktu cukup panjang.

9. Memperlancar Sirkulasi Darah

Fungsi keringat lainnya adalah membantu memperlancar peredaran darah. Hal ini juga berkaitan dengan kesehatan jantung. 

Keringat dapat keluar setelah menjalani aktivitas fisik, seperti olahraga. Hal inilah yang kemudian membuat jantung dapat memompa dengan baik. Dengan begitu, sirkulasi darah juga dapat terjaga dengan baik.

10. Menjaga Berat Badan Ideal

Rutin berolahraga hingga berkeringat dapat membantu seseorang mencapai berat badan ideal dan mempertahankannya. Hal ini tentu menjadi bagian dari menjalani pola hidup sehat. 

Dengan menjalani pola hidup yang sehat, kamu dapat terhindar dari berbagai penyakit.

 

Sumber: Klikdokter.com (Publsihed: 10/5/2022)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer