Sukses


Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tetap di Batas Aman

Bola.com, Jakarta - Cara menjaga kadar kolesterol tetap di batas aman penting untuk diketahui. Dengan pemahaman tersebut, kamu bisa menjaga diri dan orang-orang terdekatmu dari potensi terkena penyakit berbahaya.

Kolesterol dibutuhkan tubuh untuk membuat hormon, vitamin D, dan membantu mencerna makanan. Akan tetapi, apabila jumlahnya terlalu tinggi, dapat menyebabkan penyakit yang fatal, seperti stroke.

Selain dipengaruhi faktor keturunan, kolesterol tinggi biasanya dipengaruhi gaya hidup. Seringnya mengonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi, seperti daging merah, makanan laut dan produk susu dan jarang berolahraga, akan menyebabkan tingginya kolesterol jahat dan rendahnya kolesterol baik.

Kolesterol baik (HDL) membawa kolesterol dari tubuh ke hati untuk dieliminasi oleh tubuh. Sedangkan LDL adalah kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah.

Kolesterol tinggi biasanya tidak memberikan tanda dan gejala apa pun, tetapi dapat diketahui melalui tes darah. Tanda dan gejala biasanya muncul ketika kolesterol tinggi sudah menimbulkan penyakit pada tubuh.

Berikut adalah cara-cara untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal, seperti disadur dari Klikdokter, Sabtu (26/11/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal

1. Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Jantung

Makanan yang sehat untuk jantung dan baik untuk kolesterol termasuk makanan rendah lemak (susu skim atau fat free), buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan gandum. Gunakan juga minyak yang lebih sehat seperti minyak sayur untuk memasak.

Dari pandangan ahli gizi, cara untuk menjaga kadar kolesterol adalah mengurangi asupan lemak jenuh dan trans.

Rekomendasi dari American Heart Association adalah membatasi asupan lemak jenuh 5 hingga 6 persen dari kalori sehari-hari dan meminimalkan jumlah lemak trans.

Mengurangi asupan kedua lemak tersebut adalah dengan membatasi asupan daging merah, produk susu (susu full cream, keju, mentega, krim, dan yoghurt), makanan gorengan dan makanan kudapan seperti kue, dan biskuit.

2. Gaya Hidup Lebih Aktif

Gaya hidup yang tidak sehat akan mengurangi kadar kolesterol baik HDL sehingga lebih sedikit kolesterol baik untuk menyingkirkan kolesterol jahat dari pembuluh darah.

Aktivitas fisik atau olahraga penting untuk menjaga kolesterol tetap normal. Lakukan olahraga aerobik dengan intensitas sedang hingga tinggi selama 40 menit dalam 3-4 kali seminggu.

Kebiasaan baik ini dapat menjaga kadar kolesterol tetap normal. Olahraga yang bisa kamu pilih antara lain jalan cepat, berenang, bersepeda atau kelas dansa.

 

3 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal

3. Menurunkan berat badan

Berat badan berlebihan dan obesitas lebih mudah memiliki kolesterol jahat yang tinggi dan kolesterol baik yang rendah. Menurunkan berat badan dapat menjaga kadar kolesterol tubuh.

Hanya dengan menurunkan berat badan sebanyak 10 persen dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi.

4. Berhenti Merokok

Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik. Dengan merokok, risiko untuk memiliki penyakit jantung koroner lebih tinggi pada pengidap kolesterol tinggi.

Merokok juga meningkatkan risiko penyakit lain seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Berhenti merokok dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga pembuluh darah tubuh.

 

Disadur dari: Klikdokter.com

Silakan klik tautan ini untuk artikel kesehatan dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer