Sukses


Cara Mendapatkan Tubuh Langsing dan Berat Badan Ideal, Ketahui Pula Tipsnya

Bola.com, Jakarta - Cara mendapatkan tubuh langsing dan berat badan ideal banyak dicari. Akan tetapi, membuat badan menjadi langsing dengan berat badan ideal bukan perkara gampang.

Maka itu, cara yang benar-benar efektif banyak dicari. Hanya, cara tinggal cara saja tanpa diimbangi dengan disiplin untuk melakukannya.

Yap, mencapai berat badan ideal dengan bonus tubuh langsing baru bisa dicapai dengan keseriusan. 

Perlu diketahui, memiliki berat badan ideal tidak hanya berpengaruh terhadap penampilan, melainkan menghindarkan kita dari potensi terkena berbagai penyakit.

Berat badan yang lebih atau obesitas menjadi pintu masuk berbagai penyakit. Orang dengan berat badan berlebih juga kerap merasa kurang percaya diri.

Nah, ada beberapa cara untuk menurunkan berat badan yang terbukti ampuh. Ketahui pula tipsnya sehingga usahamu mencapai berat badan ideal bisa maksimal.

Berikut cara ampuh mendapatkan tubuh langsing dan berat badan ideal, ketahui pula tipsnya, disadur dari Klikdokter, Rabu (7/12/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Tubuh Langsing dan Berat Badan Ideal

1. Kurangi Porsi Makan

Makanan yang dikonsumsi tak digunakan sepenuhnya sebagai energi untuk beraktivitas hanya akan tertimbun sebagai lemak tubuh. maka itu jikakamu tak ingin menimbun lebih banyak lemak, mengurangi porsi makan adalah tindakan pertama yang mesti dilakukan.

Dalam penerapannya, pastikan kamu menghindari makanan berkalori tinggi dan tanpa gizi. Akan lebih baik bila kamu mengonsumsi makanan yang lebih padat kalori. Ingat juga, jangan terlalu stres. Pasalnya, stres bisa memicu keinginan untuk banyak makan camilan.

2. Mengukur Asupan

Hal ini masih berkaitan dengan cara yang pertama, yaitu memperbanyak makanan bernutrisi dan kurangi kalori. Secara umum, makanan terbaik adalah daging tanpa lemak, sayur-sayuran, dan sedikit pati.

Untuk mengetahui seberapa banyak yang mesti dikonsumsi, kamu bisa menggunakan tangan sebagai alat ukur. Begini kira-kira ilustrasi asupan yang perlu dikonsumsi per hari bila diukur menggunakan tangan:

  • 1 genggam karbohidrat
  • 1 porsi protein seukuran telapak tangan
  • 1 porsi lemak sehat (bisa didapat dari ikan, telur, dan kacang-kacangan) seukuran jempol
  • 1 genggam sayur-sayuran

Bagi pria yang membutuhkan banyak energi, kamu tinggal menggandakan ilustrasi asupan di atas supaya tak mengalami badan lemas.

3. Aktif Bergerak

Pada dasarnya, makin sering kamu bergerak, makin banyak pula jumlah kalori yang terbakar.

Kamu bisa menaiki tangga ketimbang elevator atau eskalator. Jika kamu ingin makan siang di luar kantor dan lokasinya tidak terlalu jauh, kamu bisa memilih untuk berjalan kaki.

Memang, kegiatan sepele tersebut tidak akan membuatmu memiliki tubuh bak model. Akan tetapi, dengan membuang jauh rasa malas gerak alias mager, kamu akan bisa menurunkan berat badan.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Tubuh Langsing dan Berat Badan Ideal

4. Memperkuat Otot Tubuh

Pernahkah kamu melihat orang langsing, tetapi tubuhnya tampak tak kencang? Hal itu karena mereka melupakan latihan otot.

Dengan melatih otot, penampilan menjadi makin menarik dan kamu akan mampu melakukan berbagai aktivitas fisik lainnya.

Makin kuat otot, makin cepat juga kadar lemak tubuh yang hilang.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat otot, misalnya berlatih squat atau angkat beban di pusat kebugaran. Lakukan latihan yang memang ditujukan untuk memperkuat otot setidaknya 45 menit sehari. Dalam beberapa bulan, berat badanmu akan berkurang dan tubuh terlihat lebih kencang.

5. Lakukan Interval Cardio

Selain otot, yang tidak kalah penting ialah melakukan aktivitas pembakaran kalori seperti bersepeda, berlari, dan kegiatan kardio lainnya. Untuk memulainya, ada beberapa cara simpel seperti berikut ini:

  • Kayuh sepeda dengan cepat selama 30 detik untuk pemanasan
  • Kayuh sepeda dengan lambat selama 60 detik untuk pendinginan

Perlu diketahui, dua hal tersebut dihitung sebagai satu putaran. Agar hasilnya maksimal, lakukanlah setidaknya enam putaran.

4 dari 4 halaman

Tips Menurunkan Berat Badan secara Optimal

Sebagai catatan, kelima hal di atas bisa tidak dilakukan secara bersamaan. Terlalu memaksakan diri dengan melakukan kegiatan penurunan berat badan hanya akan membuatmu frustasi dan akhirnya menyerah.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut tips tambahan yang bisa kamu terapkan:

  • Lakukan secara bertahap. Jika sudah berhasil melakukan tahap pertaman, lanjutkan dengan melakukan tahap berikutnya. Ingat, semuanya butuh proses dan kemajuan, bukan instan.
  • Konsumsi minyak ikan dan multivitamin.
  • Jangan makan terburu-buru.
  • Jika sudah hampir kenyang (80 persen kenyang), berhenti makan.
  • Pastikan selalu ada sayur dan protein setiap kali kamu makan.
  • Kurangi porsi karbohidrat.
  • Latihan fisik setidaknya tiga kali seminggu.
  • Lakukan relaksasi setidaknya 20 menit per hari.

 

Disadur dari: Klikdokter.com

Silakan klik tautan ini untuk artikel berat badan dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer