Sukses


Cara Terbaik untuk Mengatasi Takut akan Kegagalan

Bola.com, Jakarta - Pernahkan kamu membayangkan melakukan segala hal dalam kehidupan ini tanpa harus merasa takut akan kegagalan?

Tentunya hal tersebut akan membuat kita selalu percaya diri, tanpa berpikir dengan kegagalan yang bisa saja kita alami.

Rasa takut, satu di antaranya takut gagal, menjadi hal yang wajar dan normal terjadi. Kamu tidak bisa menghapus rasa takut itu begitu saja.

Yang harus kamu pahami, kegagalan bukan tanda bahwa kamu harus berhenti karena dari kegagalan, kita bisa mendapatkan pelajaran untuk memperbaiki diri dan meneruskan kehidupan.

Bagi kamu yang masih kerap diselimuti ketakutan akan kegagalan, mulai sekarang bisa belajar untuk menerima fakta bahwa kegagalan bukanlah aib apalagi jika sebelumnya kamu telah berusaha yang terbaik.

Lalu, ada beberapa cara yang bisa kamu jadikan sebagai pembelajaran dan bahan renungan untuk meredam dan menghilangkan ketakutanmu terhadap kegagalan. 

Berikut cara terbaik untuk mengatasi takut akan kegagalan, seperti dilansir dari Inspiringtips, Jumat (9/12/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Terbaik untuk Mengatasi Takut akan Kegagalan

1. Pahami bahwa Kegagalan Bukan Sesuatu yang Memalukan

Kecuali kamu telah merugikan orang lain, kamu tidak perlu malu melakukan kesalahan. Asal tahu saja, kegagalan tidak mendefinisikan seseorang, tetapi itu adalah karakternya.

2. Berhentilah Memikirkan Apa yang akan Dikatakan Orang Lain tentangmu

Satu di antara alasan mengapa kebanyakan orang takut gagal adalah karena apa yang akan dikatakan orang lain. 

Adalah normal bagi manusia untuk menginginkan persetujuan dan penghargaan dari orang lain, tetapi tidak sehat untuk mendasarkan nilai dirimu pada bagaimana orang lain memandangmu. 

Ingat bahwa tidak ada yang berhak menghakimi kamu, bahkan mereka yang memiliki posisi di atasmu.

3. Jadikan Kegagalan sebagai Pelajaran

Alih-alih berkecil hati setiap kali kamu gagal, gunakan itu sebagai tantangan untuk berusaha lebih keras di lain waktu. Cari tahu mengapa kamu gagal, dan cari tahu bagaimana kamu dapat menghindari kesalahan yang sama pada percobaan berikutnya. 

Belajarlah dari kesalahan itu dan terapkan pembelajaran itu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di lain waktu.

3 dari 4 halaman

Cara Terbaik untuk Mengatasi Takut akan Kegagalan

4. Jadikan Kegagalan sebagai Ujian Karakter

Yang membuat kegagalan menjadi lebih buruk adalah jika kamu gagal meresponsnya dengan cara yang benar. Sering kali, kegagalan terjadi dalam hidupmu untuk menguji karaktermu. 

Ada beberapa yang terpaksa menyalahkan orang lain, mengkritik mereka yang telah berhasil, dan tidak cukup sportif untuk menerima kekalahan. 

Di sisi lain, cara terbaik untuk menanggapi situasi seperti itu adalah dengan rendah hati, terbuka terhadap saran dan kritik, serta gigih untuk melakukan yang lebih baik.

5. Bersedia Menerima Kritikan

Kerendahan hati adalah satu di antara sifat terbaik dari orang-orang sukses. Jika kamu ingin sukses dalam hidup, kamu harus menerima bahwa kamu belum mengetahui segalanya dan kamu membutuhkan bantuan. 

Meminta bantuan dari mereka yang lebih tahu darimu adalah langkah bijak. Juga, terima kritik secara konstruktif dan gunakan untuk meningkatkan kinerjamu.

6. Lakukan yang Terbaik dan Serahkan Sisanya kepada Tuhan

Memiliki iman kepada Tuhan akan membantu kamu lebih percaya diri dalam mengejar tujuanmu, terutama jika kamu dengan tulus meminta bantuan kepada-Nya. 

Percaya bahwa Dia adalah pemberi upah bagi mereka yang percaya kepada-Nya dan Dia cukup adil untuk membantu para pekerja keras, yakinlah bahwa kamu akan mendapatkan apa yang dimaksudkan untukmu. Percayalah bahwa Tuhan ada di pihakmu.

4 dari 4 halaman

Cara Terbaik untuk Mengatasi Takut akan Kegagalan

7. Membaca Kisah Orang-Orang Sukses

Satu di antara cara terbaik untuk tidak takut gagal adalah dengan memahami bahwa semua orang sukses telah melalui kegagalan yang mengecilkan hati terlebih dahulu, sebelum mereka mendapatkan yang terbaik. 

Alih-alih putus asa, kebanyakan dari mereka menggunakan kekecewaan mereka sebagai motivasi untuk berusaha lebih keras agar berhasil. 

Pada akhirnya, mereka telah membuktikan bahwa kegagalan dapat menjadi batu loncatanmu ke puncak baru.

8. Memahami Kegagalan Merupakan Bagian dari Kesuksesan

Kamu tidak sempurna sehingga kamu tidak dapat mengharapkan dirimu untuk mencapai tujuan targetmu dengan sempurna pada percobaan pertama. 

Hidup adalah serangkaian coba-coba, dan itu hanya tergantung kepadamu kapan harus berhenti mencoba. Ketahuilah bahwa kamu tidak akan pernah bisa menang jika kamu berhenti, dan akan selalu ada peluang untuk menang selama kamu tidak berhenti.

9. Berani Mengambil Risiko

Hidup adalah pertaruhan, hal ini berarti tidak ada jaminan bahwa kamu akan selalu menang. Namun, jika kamu takut gagal, kamu akan takut mengambil risiko. 

Melihat orang lain mencapai apa yang selalu kamu inginkan akan membuatmu menyesali kesempatan yang kamu lewatkan.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer