Sukses


Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat yang Mudah dan Praktis

Bola.com, Jakarta - Dalam upaya memiliki kesehatan tubuh yang sempurna, tindakan pertama yang wajib kamu lakukan adalah menumbuhkan niat untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat adalah upaya seseorang untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup.

Namun, sebagian orang memiliki rasa malas untuk memulai gaya hidup sehat. Menurut mereka, gaya hidup sehat dianggap menyusahkan dan ribet.

Padahal, gaya hidup sehat adalah kunci panjang umur. Maka itu, agar kondisi tubuh tetap prima dan terus terasa bugar, gaya hidup sehat patut diterapkan.

Berikut cara menerapkanĀ gaya hidup sehat yang mudah dan praktis, disadur dari Klikdokter, Kamis (15/12/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat yang Mudah dan Praktis

Luangkan waktu untuk olahraga

Berolahraga secara rutin dan teratur setiap hari tak hanya membuat tubuh sehat, tetapi juga mengasah ketajaman otak (kognitif) dan tingkat kreativitas.

Tak hanya itu,Ā olahraga dapat membantu memperbaikiĀ mood karena aktivitas sehat ini merangsang pengeluaran endorfin alias hormon kebahagiaan.

Minum air putih yang cukup

Menurut studi yang dilakukan oleh University of Connecticut di Amerika Serikat, kehilangan 1,5 persen volume air dari tubuh dapat menurunkanĀ moodĀ atau suasana hati.

Selain itu, kurang mengonsumsi air putih juga dapat menyebabkan dehidrasi, yang gejalanya adalah badan lemas, mudah cemas, dan sulit berkonsentrasi.

Apa solusinya? Tentu saja mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup, kira-kira sebanyak delapan gelas dalam sehari.

Namun, jika aktivitas kamu sangat padat atau mengeluarkan banyak keringat, kamu dapat mengonsumsi air putih lebih dari jumlah tersebut.

Makan sehat dan bergizi seimbang

Bagaimana pola makan kamu selama ini? Apakah kamu makan cukup buah dan sayur dalam sehari? Jika tidak, cobalah untuk memperbanyak asupan buah dan sayur mulai sekarang.

Menurut beberapa penelitian, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayur dalam sehari. Meski awalnya sulit, coba untuk melakukannya secara bertahap.

Penelitian yang dipublikasikan diĀ theĀ American Society for NutritionĀ (ASN)Ā Annual MeetingĀ diĀ Experimental BiologyĀ 2015 di Boston, Amerika Serikat, menemukan bahwa responden yang mengonsumsi sayuran hijau dua porsi setiap hari memiliki fungsi kognitif yang lebih baik.

3 dari 3 halaman

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat yang Mudah dan Praktis

Lakukan detoks media sosial

Menurut penelitian yang dilakukan olehĀ The University of Pittsburgh School of MedicineĀ di Amerika Serikat, rata-rata orang menghabiskan waktu selama satu jam 40 menit setiap hari untuk menggunakan media sosial.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa makin banyak waktu yang kamu habiskan menggunakan media sosial, makin tinggi pula tingkat risiko mengalami depresi.

Jadi, bila kamu tak ingin berakhir pada kondisi depresi dan mengalami dampak buruk yang ada di baliknya seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke, batasi penggunaan media sosial mulai saat ini.

Bergaul dengan orang-orang yang positif

Menurut penelitian yang dilakukan olehĀ the University of Pennsylvania, menghabiskan waktu dengan orang-orang yang bersikap positif,Ā easy going,Ā dan bahagia dapat membuat kamu merasakan hal yang sama.

Selalu bahagia dan terhindar dari stres dapat menurunkan risiko kamu terkena berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

Selain itu, studi yang ada di jurnalĀ The LancetĀ menyebutkan bahwa berbahagia dan bersikap positif juga dapat membuat kamu lebih panjang umur.

Ā 

Disadur dari:Ā Klikdokter.com (Published: 12/9/2018)

Yuk, baca artikelĀ edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer