Sukses


Makna Peringatan Hari Ibu Nasional di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Di Indonesia, setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu Nasional. Hari Ibu merupakan sebuah upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan para kaum perempuan Indonesia.

Tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Penetapan itu didasarkan pada tanggal pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia.

Hari Ibu hadir melalui keputusan Kongres Perempoean Indonesia III di Bandung pada 22 Desember 1938. Tujuan peringhatan Hari Ibu di Indonesia adalah mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan.

Ibu merupakan sosok paling berjasa dan berarti bagi kehidupan setiap orang di dunia. Hal itu karena setiap orang pastinya terlahir dan tumbuh dewasa berkat perjuangan seorang ibu.

Namun, Hari Ibu bukan hanya sekadar hari untuk mengenang hari-hari bahagia bersama ibu. Peringatan Hari Ibu di Indonesia memiliki makna yang berbeda dengan negara lain.

Berikut ini makna peringatan Hari Ibu Nasional yang perlu diketahui, dilansir dari bkd.jogjaprov.go.id, Jumat (16/12/2022).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Makna Hari Ibu Nasional

Peringatan Hari Ibu di Indonesia sesungguhnya mengandung makna yang lebih agung dari sekadar romantisme perayaan belaka.

Hari Ibu bukan hanya diperuntukan bagi para ibu dalam arti harfiah saja melainkan juga untuk seluruh perempuan Indonesia.

Selaras dengan sejarah ditetapkannya, misi awal peringatan Hari Ibu ditujukan untuk mengenang semangat dan perjuangan perempuan Indonesia dalam meningkatkan kualitas bangsa.

Perayaan tersebut juga sekaligus menjadi cerminan semangat kaum perempuan yang mampu bersatu untuk memajukan negara.

Namun, seorang ibu tak boleh melupakan tugas utamanya sebagai pendidik. Disematkan gelar ibu karena ada generasi yang harus ia besarkan.

Para ibu di zaman sekarang mesti paham tugas besar ini. Sebagai subjek, ibu berhadapan dengan anak-anak yang menjadi tanggung jawabnya.

Peringatan Hari Ibu bukan saja peringatan untuk mengucapkan terima kasih atas jasa para ibu yang begitu istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia, tetapi lebih dari itu.

Peringatan Hari Ibu bertujuan mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Jadi, Hari Ibu merupakan hari spesial untuk para perempuan, khususnya para wanita di Indonesia.

 

Sumber: Situs resmi BKD Provinsi Yogyakarta

Baca artikel seputar Hari Ibu lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer