Sukses


Bacaan Doa Mengusir Ular Menurut Islam, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Ular merupakan satu di antara hewan yang ditakuti banyak orang. Hewan reptil ini sering membahayakan manusia karena bisanya ular memiliki racun yang mematikan.

BACA JUGA: Cara Mengusir Semut Dengan Mudah Menggunakan Bahan Alami

Tak heran jika keberadaan ular di sekitar kita tentu akan membuat panik hingga ketakutan. Apalagi kalau hewan melatan tersebut sampai masuk ke dalam rumah.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan ular bisa masuk ke rumah. Satu di antaranya karena lokasi rumah yang berdekatan dengan alam bebas seperti rawa, sawah, sungai, hutan, juga kebun.

Selain itu, pergantian cuaca juga bisa membuat ular mencari tempat baru untuk berlindung. Oleh karena itu, cara mengusir ular perlu diketahui, agar kamu dapat melakukan penanganan yang tepat.

Banyak cara dilakukan untuk menyingkirkan ular. Namun, kamu juga dianjurkan untuk berlindung kepada Allah dari gangguan ular. Kamu bisa membaca doa mengusir ular agar tidak terganggu dengan kehadiran hewan tersebut.

Berikut ini bacaan doa mengusir ular yang bisa diamalkan umat muslim, disadur dari Liputan6, Senin (19/12/2022).

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Mengusir Ular

Ya ardhu, rabbi wa rabbukillah. A'udzu billahi min syarriki, wa syarrima fiki, wa syarrima yadibbu'alaiki. A'udzu billahi min asadin wa aswadin wa hayyatin wa 'aqrabin wa min syarri walidin wa ma walad wa min syarii sakinil balad.

Artinya:

“Hai bumi, Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Aku berlindung kepada Allah dari kejahatanmu, kejahatan barang yang ada padamu, kejahatan barang yang berjalan di atasmu. Aku berlindung kepada Allah dari macan, ular hitam, segala ular, kalajengking, dari kejahatan segala yang beranak dan yang diberanakkan, dan dari kejahatan yang berdiam di tempat ini,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, [Jakarta, Cetakan Al-‘Aidrus]).

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Mengusir Ular

Selain itu, umat muslim juga bisa meminta perlindungan kepada Allah Swt. supaya terhindar dari bahaya binatang buas dan berbisa. Berikut ini doa yang dianjurkan untuk dibaca:

A’udzu bikalimatillahittammati min syarri maa khalaq.”

Artinya: “ Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya.”

Soal doa ini, terdapat sebuah hadis yang menganjurkannya: “ Barangsiapa membaca doa ini pada sore hari sebanyak tiga kali, tidak berbahaya baginya sengatan (binatang berbisa) pada malam itu.” [HR. Ahmad dan An-Nasa’i]

Selain itu, sebagian ulama mengatakan, apabila bertemu dengan binatang buas, seperti ular maupun kalajengking, hendaknya membaca surah Ash Shaffaat ayat 79:

Salamun ‘ala Nuhin fil ‘alamin.

Artinya: “ Kesejahteraan dilimpahkan atas Nuh di seluruh alam.”

Sebagian ulama menuturkan, hewan-hewan itu telah mengambil perjanjian dengan Nabi Nuh ‘Alaihis Salam untuk tidak merugikan dan mengganggu siapa pun ketika mereka naik Bahtera Nabi Nuh ‘Alaihis Salam.

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Yulia Lisnawati. Editor: Sulung Lahitani. Published: 21/5/2020).

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer