Sukses


7 Manfaat Berlibur ke Pantai untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pantai menjadi satu di antara destinasi wisata favorit bagi banyak kalangan. Deburan ombak dan birunya air laut yang menenangkan membuat banyak orang suka mengunjunginya.

Selain itu, ada banyak hal yang bisa dilakukan di pantai. Tidak hanya bermain air, kamu juga bisa bermain pasir dan menikmati kuliner khas daerah pesisir.

Tak hanya memanjakan mata, mengunjungi pantai ternyata juga bisa mendatangkan manfaat untuk kesehatan kita, baik secara fisik maupun mental.

Matahari dan ombak bisa membuat tubuh terasa rileks sepenuhnya, melepaskan tubuh dari rasa sakit, dan membebaskan,u dari stres harian.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan saat berlibur ke pantai?

Berikut manfaat berlibur ke pantai untuk kesehatan yang wajib diketahui, disadur dari Klikdokter, Selasa (20/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Berlibur ke Pantai untuk Kesehatan

1. Mendapat Vitamin D yang Cukup

Bagi kamu yang belum tahu, satu di antara sumber vitamin D terbesar adalah sinar matahari. Sinar matahari yang paling banyak bisa kamu dapatkan adalah ketika berjemur di pantai. 

Hampir 90 persen dosis harian vitamin D dalam tubuh diperoleh dari sinar matahari. Oleh karena itu, liburan ke pantai bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuhmu. 

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Sumber vitamin yang paling alami dan baik tergantung pada seberapa banyak sinar UVB (ultraviolet B) yang masuk dalam tubuhmu. 

Sumber ini bisa didapatkan hanya dari cahaya matahari. Cahaya ini nantinya akan bekerja dengan senyawa terkait kolesterol dan mengubahnya menjadi vitamin D yang baik untuk tulang dan kulit.

Selain dari sinar matahari, kamu juga bisa memperoleh asupan vitamin D tambahan dari susu atau produk olahan susu seperti yoghurt dan keju.

3 dari 4 halaman

Manfaat Berlibur ke Pantai untuk Kesehatan

3. Pasir Bisa Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Pasir yang ada di pantai ternyata bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Ini adalah satu di antara manfaat pantai yang sayang untuk kamu lewatkan.  

Ya, tidak hanya sinarnya yang baik untuk kesehatan kulit, tapi pasir pantai pun bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati.

Pernahkah kamu merasa bahwa bermain di pasir atau tiduran di atas pasir itu menyenangkan? 

Jika ya, hal ini karena pasir basah memiliki tekstur lembut yang bisa mengelupas sel-sel kulit mati di tubuhmu. Lalu, pasir tersebut juga dapat menjadikan kulit lebih lembut dan cerah.

4. Mengurangi Depresi

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa seseorang akan lebih bahagia ketika berada di cuaca yang lebih hangat ketimbang mendung atau hujan. 

Secara alami, sinar matahari memang bisa membuat manusia lebih bahagia dibanding air hujan.

Bahkan, tidak hanya sinar mataharinya yang membuat kamu lebih bahagia. Deburan air ombak dan suara burung di pantai juga dipercaya mampu menenangkan pikiran dan membuat penderita depresi merasa lebih baik.

Tidak sedikit orang yang sedang cemas dan stres pergi ke pantai untuk mendapatkan ‘pengobatan’ alami.

4 dari 4 halaman

Manfaat Berlibur ke Pantai untuk Kesehatan

5. Menurunkan Berat Badan

Siapa bilang berjemur di pantai hanya mendapatkan kulit yang ‘gosong’ dan terbakar?  Fakta membuktikan, berjemur di pantai juga bisa menurunkan berat badan lewat air keringat yang keluar.

Hal ini sama saja dengan berdiam diri di dalam sauna, tapi dengan cara yang lebih alami dan menyenangkan.

Apalagi pergi ke pantai juga membuat seseorang jadi bergerak lebih banyak ketimbang hanya berdiam diri dalam rumah. 

Pergi ke pantai biasanya akan melibatkan aktivitas fisik, seperti berenang, joging, berselancar, atau bermain air di tepi pantai.

6. Baik untuk Pernapasan

Tahukah kamu, liburan ke pantai juga bermanfaat untuk sistem pernapasan? Dengan berlibur ke pantai, polusi udara cenderung lebih rendah dibanding di perkotaan.

Oleh karena itu, dengan memilih berlibur ke pantai dapat membantu menjaga kesehatan sistem pernapasan.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Setelah seharian bermain pasir, berenang di laut, atau berselancar, tentunya hal ini dapat membuatmu lebih mudah terlelap karena tingginya aktivitas di pagi hingga sore hari.

Sebelum bersenang-senang di pantai, gunakan tabir surya dengan minimal SPF 15 atau 30. Oleskan tabir surya 15-30 menit sebelum keluar agar dapat meresap ke dalam kulit dengan baik. 

Ulangi penggunaan tabir surya setiap dua jam sekali agar kulit tetap terproteksi saat kamu bermain di pantai.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 5/4/2022)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer