Sukses


Jenis-Jenis Camilan Sehat dan Hemat yang Bisa Dikonsumsi

Bola.com, Jakarta - Sebagian orang terkadang membutuhkan camilan sebagai makanan penunda lapar. Tak hanya sebagai penunda lapar saja, camilan penting bagi para penjuang diet untuk menjaga tubuh tetap berenergi.

Namun, sebaiknya jangan sembarang makan camilan. Demi menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar, perlu memperhatikan asupan gizi dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Bukan sekadar enak, pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak.

Maka itu, perlu memilih makanan-makanan sehat baik itu berupa makanan berat maupun makanan ringan.

Nah, bagi kamu yang masih bingung apa saja camilan sehat untuk dikonsumsi, perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis camilan sehat yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Berikut ini jenis-jenis camilan sehat dan bergizi yang bisa dikonsumsi sehari-hari, dilansir dari ditsmp.kemdikbud.go.id, Selasa (27/12/2022).

2 dari 5 halaman

Rujak Buah

Buah-buahan yang agak mentah mempunyai nilai gizi, dan karena belum terlalu matang, kadar gulanya juga tidak terlalu tinggi.

Rujak buah umumnya terdiri dari buah-buahan seperti mangga, jambu air, bengkuang, kedondong, nanas, dan pepaya.

Untuk menambah cita rasa, kamu bisa menambahkan garam yang dicampur cabai sebagai bumbu. Selain itu, bisa juga menambahkan sambal rujak yang terbuat dari sedikit gula merah, cabai, dan bawang.

Namun, perlu diingat, gula merah yang digunakan cukup sedikit saja.

3 dari 5 halaman

Kacang Edamame

Sekarang banyak penjual edamame alias kedelai jepang dalam bentuk mentah. Edamame kaya akan protein yang baik bagi tubuh.

Edamame kini tersedia dalam keadaan telah direbus kemudian dibekukan, dan tersedia juga edamame mentah yang harus kamu rebus terlebih dahulu.

Edamame biasanya dikonsumsi tanpa tambahan apa pun. Lantaran termasuk keluarga kacang-kacangan maka rasa dari edamame mirip dengan kacang kedelai.

4 dari 5 halaman

Kuaci

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa kuaci termasuk camilan sehat yang bisa dikonsumsi. Umumnya kuaci berasal dari biji bunga matahari atau labu.

Bila kamu ingin mengonsumsi kuaci, sebaiknya pilih yang original tanpa tambahan rasa dan garam karena rasa asli kuaci bisa dikatakan sudah cukup enak.

5 dari 5 halaman

Wortel Muda

Ada cemilan sehat yang sedang tren di kalangan remaja luar negeri, namanya Baby Carrot. Yap, wortel muda mentah! Ternyata rasanya renyah dan segar!

Kamu bisa memilih wortel lokal karena rasa yang diberikan juga tidak kalah enak. Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan berperan sebagai antioksidan.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer