Sukses


Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Mudah

Bola.com, Jakarta - Tenggorokan gatal adalah tanda tubuh terganggu karena adanya lendir berlebih di saluran pernapasan. Tenggorokan gatal memberikan sensasi seperti digelitik.

Tak jarang, tenggorokan gatal juga disertai batuk kering.

Batuk merupakan satu di antara mekanisme tubuh untuk menyingkirkan lendir atau zat iritan lain penyebab gatal. Namun, batuk tidak selalu bisa menghilangkan gatal tenggorokan.

Rasa kering di tenggorokan atau mulut dapat disebabkan beberapa hal, di antaranya infeksi, alergi, dehidrasi, dan penggunaan obat-obat tertentu.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Berikut cara mengatasi tenggorokan gatal dengan mudah, disadur dari Klikdokter, Selasa (3/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Mudah

1. Cukup Minum Air Hangat

Cairan membantu membersihkan lendir yang dapat menyebabkan rasa gatal. Suhu hangat juga dapat mengurangi frekuensi batuk. 

Air hangat bisa menjadi pilihan obat tenggorokan gatal alami. Coba minuman hangat untuk membantu mengurangi gejala gatal tenggorokan.

2. Berkumur

Menjaga kebersihan mulut penting untuk mencegah iritasi tenggorokan. Satu di antara kiatnya, coba berkumur dengan cairan pembersih mulut sebagai cara mengobati tenggorokan gatal. 

Jangan anggap sepele kebersihan rongga mulut. Berkumurlah rutin untuk menghindari keluhan gatal tenggorokan.

3. Antihistamin

Antihistamin dapat mengurangi reaksi alergi. Namun, tidak semua tenggorokan gatal disebabkan oleh alergi. 

Maka itu, pemeriksaan dokter diperlukan untuk memastikan diagnosis. Menghindari pencetus alergi juga perlu kamu lakukan untuk menurunkan keluhan gatal tenggorokan yang disebabkan alergi.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Mudah

4. Obat Penurun Peradangan 

Obat penurun peradangan bekerja dengan meredakan sakit tenggorokan. Satu di antara contohnya adalah ibuprofen. 

Namun, jangan sembarangan menggunakan obat ini tanpa pemantauan dokter. Selain itu, tidak semua gatal tenggorokan memerlukan obat penurun peradangan.

5. Obat Pengencer Dahak

Satu di antara penyebab tenggorokan gatal adalah lendir pada tenggorokan. Cara menghilangkan gatal tenggorokan akibat lendir ini bisa dilakukan dengan menggunakan obat pengencer dahak agar dahak lebih mudah dikeluarkan.

6. Berhenti Merokok

Penyebab gatal di tenggorokan lainnya adalah iritasi tenggorokan oleh asap rokok. Jadi, kurangi paparan asap rokok jika kamu ingin mengurangi keluhan gatal tenggorokan.

 

 

Disadur dari Klikdokter.com (Published: 11/1/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer