Sukses


Cara Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

Bola.com, Jakarta - Hidup bersih dan sehat menjadi dua hal yang penting untuk dilakukan agar segala aktivitas dalam kehidupan sehari-hari tidak terganggu.

Pola hidup bersih dan sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kebersihan serta kesehatan.

Pola hidup bersih dan sehat harus didasari atas kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan tubuh, dan menjauhkan diri dari kebiasaan buruk yang mengundang beragam jenis penyakit.

Untuk bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat bukan perkara mudah. Mengubah kebiasaan tidak hanya bermodal niat saja, tetapi juga perlu mencoba langkah-langkah pola hidup bersih dan sehat.

Selain itu, hidup sehat dan bersih perlu diterapkan di berbagai lingkungan. Satu di antaranya di lingkungan sekolah.

Perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah harus dilakukan demi menjaga kesehatan dan juga keselamatan seluruh siswa, guru, dan warga sekolah lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. Seluruh anggota sekolah tentu penting mengetahuinya.

Berikut ini cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah, dilansir dari laman smadwiwarna.sch.id, Selasa (3/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Mencuci Tangan Pakai Sabun dengan Air yang Mengalir

Tangan menjadi satu di antara bagian tubuh yang bisa menyebarkan virus penyebab berbagai penyakit. Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut harus rutin mencuci tangan dengan air yang mengalir.

Saat mencuci tangan jangan lupa untuk memakai sabun. Cuci tangan dengan benar dengan memastikan seluruh bagian tangan dicuci hingga bersih.

Kamu harus mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum dan sesudah makan, setelah batuk atau bersih, setelah menggunakan toilet, membuang sampah atau setelah menyentuh hewan dan sarana umum.

Untuk mendukung perilaku ini maka sediakan tempat cuci tangan dan sabun di gerbang sekolah, kantin, toilet, kelas, dan tempat strategis lainnya.

3 dari 6 halaman

2. Mengonsumsi Jajanan Sehat di Kantin Sekolah

Supaya kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik maka kamu harus rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Makanan atau minuman bergizi yang dikonsumsi juga berguna sebagai sumber energi, menjaga kesehatan tubuh, pertumbuhan serta mengganti sel-sel yang rusak.

Satu di antara upaya yang bisa dilakukan sekolah untuk membantu menjaga kesehatan siswa yaitu kantin sekolah menjual jajanan sehat dan bergizi.

4 dari 6 halaman

3. Membuang Sampah pada Tempatnya

Cara perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah selanjutnya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.

Setiap sekolah harus menyediakan tempat sampah tertutup yang diletakkan di ruang kelas, kantin, halaman sekolah, selasar jamban, dan tempat strategis lainnya.

Keberadaan tempat sampah di berbagai tempat tersebut sebagai upaya untuk mendukung siswa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Pastikan tempat sampah tersebut selalu dikosongkan setiap hari agar tidak menjadi sarang penyakit. Bangun kebiasaan untuk membuang sampah pada tempatnya sesuai kategorinya.

5 dari 6 halaman

4. Olahraga yang Teratur dan Terukur

Olahraga yang teratur dan terukur penting untuk dilakukan setiap hari. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan rutin jalan santai kurang lebih 15 menit setiap hari.

Olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan bermanfaat untuk kesehatan, seperti bisa meningkatkan kebugaran, mengendalikan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan masih banyak lagi.

6 dari 6 halaman

5. Menggunakan Jamban yang Bersih dan Sehat

Setiap sekolah diharuskan untuk memiliki jamban yang bersih dan sehat. Alasannya karena jamban yang bersih dan sehat bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit berbahaya.

Supaya jamban tersebut tetap bersih berarti setiap hari harus selalu dibersihkan. Untuk siswa yang menggunakannya juga harus ikut menjaga kebersihan jamban dengan caara menyiram jamban setelah menggunakannya.

 

Sumber: Web SMA Dwiwarna Boarding School

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer