Sukses


Arti Kedutan Mata Kanan Bawah secara Medis dan Primbon

Bola.com, Jakarta - Kedutan mata kanan bawah sering kali dianggap sebagai sebuah tanda dalam kepercayaan masyarakat Jawa. Tanda-tanda tersebut, seperti akan menangis, membawa keberuntungan, hingga mendapatkan rezeki tidak terduga.

Namun, hal tersebut hanya mitos belaka. Sebenarnya, ada penjelasan menurut medis mengenai kedutan mata kanan atas tersebut.

Ada beberapa kondisi medis yang diketahui dapat memicu terjadinya mata berkedut, seperti mata lelah akibat menggunakan gawai dalam kurun waktu lama, kurang tidur, hingga konsumsi kafein berlebihan.

Jika kamu ingin mengurangi kedutan bisa melakukan beberapa latihan teknik pernapasan, yoga, melakukan hobi, menghabiskan waktu dengan orang terkasih, dan lain sebagainya.

Agar lebih paham, berikut arti kedutan mata kanan bawah, dinukil dari laman Siloamhospitals dan 99, Jumat (6/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Arti Kedutan Mata Kanan Bawah Menurut Kesehatan

Mata berkedut adalah kondisi yang ditandai dengan sensasi berdenyut pada area kelopak mata dan tidak bisa dikendalikan. Kondisi ini bisa terjadi pada satu sisi mata, kiri atau kanan, maupun keduanya sekaligus dalam satu waktu.

Namun, mata berkedut pada dua sisi sekaligus dalam satu waktu lebih jarang terjadi.

Mata berkedut umumnya bukan kondisi serius karena cenderung tidak menimbulkan rasa nyeri dan hanya berlangsung sebentar, yaitu sekitar satu sampai dua menit. Walau demikian, mata berkedut bisa saja terasa mengganggu apabila sensasi kedutannya cukup kuat dan berlangsung lebih lama.

Berdasarkan tingkat keparahannya, mata berkedut dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

- Minor eyelid twitch

Minor eyelid twitch (myokymia) merupakan jenis mata berkedut dengan tingkat keparahan paling rendah. Biasanya, sensasi kedutan pada mata karena minor eyelid twitch hanya berlangsung sebentar. Jenis myokymia ini sering kali muncul karena mata lelah.

- Benign essential blepharospasm

Benign essential blepharospasm adalah kondisi yang diawali dengan meningkatnya frekuensi kedipan kedua mata. Di kondisi ini, sensasi kedutan pada mata terjadi cukup kuat hingga mengakibatkan mata membuka dan menutup tanpa terkendali.

- Hemifacial spasm

Yaitu jenis myokymia yang cukup langka dan umumnya disebabkan oleh tekanan pembuluh darah arteri pada saraf sekitar wajah. Kondisi ini biasanya akan melibatkan saraf otot wajah lainnya, seperti mulut dan hidung.

3 dari 4 halaman

Arti Kedutan Mata Kanan Bawah Menurut Primbon Jawa

1. Pertanda Rezeki

Beruntunglah kamu yang mengalami kedutan di bagian ini. Pasalnya, kedutan mata kanan bawah merupakan sebuah pertanda baik, yaitu pertanda datangnya rezeki di waktu dekat.

2. Pertanda Kehilangan

Primbon Jawa juga menafsikan kondisi kedutan mata kanan bawah sebagai tanda kehilangan. Dalam waktu dekat ini kamu akan kehilangan sesuatu yang sangat berharga dalam hidup kamu.

Sebagai contoh, kamu mungkin akan kehilangan orang yang sangat kamu cintai.

3. Tanda Kekecewaan

Kedutan mata ini juga bisa diartikan sebagai tanda kekecewaan yang buruk untuk kamu. Bisa jadi, hal yang membuatmu kecewa merupakan suatu hal yang kamu sangat harapkan.

Bisa jadi kekecewaan yang akan kamu alami berasal dari pengkhianatan seseorang yang kamu percaya.

4. Pertanda Kabar Buruk

Kedutan mata kanan bawa juga kerap dikaitkan sebagai pertanda buruk. Menurut Primbon Jawa, kamu akan mendapatkan kabar tersebut dalam waktu dekat.

Dengan begitu, cobalah lapangkan hatimu mulai dari sekarang agar kelak kamu bisa ikhlas dan menerima cobaan yang menimpa.

 

4 dari 4 halaman

Arti Kedutan Mata Kanan Bawah Menurut Primbon Jawa

5. Pertanda akan Menangis

Arti kedutan mata kanan bawah lainnya adalah pertanda kamu akan menangis.

Di waktu yang akan datang, kamu akan mengalami hal yang cukup menyedihkan sehingga kamu cukup banyak mengeluarkan air mata. Mungkin saja merupakan tangisan perpisahan dengan seseorang yang sudah lama kamu kenal.

6. Pertanda Keberuntungan

Bukan hanya menjadi pertanda hal buruk saja, kedutan mata kanan bawah juga bisa menjadi firasat bahwa kamu akan mendapatkan keberuntungan. Keberuntungan itu bisa jadi rezeki yang tak terduga hingga kenaikan jabatan.

7. Sembuh dari Sakit

Arti selanjutnya adalah bisa jadi pertanda kamu akan sembuh dari penyakit.

8. Datangnya Tamu

Kedutan ini juga bisa jadi pertanda akan datangnya tamu yang kamu nantikan kehadirannya.

 

Sumber: Siloamhospitals, 99

Yuk, baca artikel arti lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer