Sukses


Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa menghilangkan rasa takut dan cemas bisa kamu amalkan umat muslim agar terhindar dari kondisi tersebut.

Setiap orang pasti pernah merasakan takut dan cemas. Tak bisa dimungkiri, takut dan cemas bukanlah perasaan yang menyenangkan.

BACA JUGA: Doa Untuk Menghilangkan Rasa Sakit Beserta Artinya

Itulah mengapa perasaan tersebut sering dianggap sangat mengganggu. Orang yang takut biasanya akan merasa gelisah dan tidak senang.

Perasaan cemas dan takut muncul karena berbagai hal, terutama saat sedang mengalami masalah atau kesulitan. Bukan perkara mudah bisa menghilangkan rasa takut dan cemas tersebbut.

Apa pun masalah dan kondisinya, sebagai umat muslim dianjurkan selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt. Ketika merasa cemas dan takut, kamu dianjurkan untuk membaca doa menghilangkan rasa takut dan cemas.

Dengan berdoa kita berharap diberi ketenangan oleh Allah Swt. Ada beberapa doa yang bisa dibaca umat muslim untuk menghilangkan rasa takut dan cemas.

Berikut ini bacaan doa menghilangkan rasa takut dan cemas yang bisa diamalkan umat muslim, disadur dari Dream, Sabtu (7/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas

1. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas pada Kejahatan

Dalam kitabnya Al Adzkar oleh Imam an-Nawawi dianjurkan membaca bacaan doa menghilangkan rasa takut dan artinya berikut ini:

Allahumma inna naj'aluka fi nuhurihim wa na'udzubika min syururihim.

Artinya:

"Ya Allah, kami menjadikan Engkau sebagai pihak yang memegang leher mereka dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka."

2. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas pada Kesulitan

Doa menghilangkan rasa cemas berikut ini diambil dari Al-Qur'an surah Al Baqarah ayat 250. Tentara Talut pernah memanjatkan doa ini ketika hendak melawan tentara Jalut yang terlihat lebih perkasa dan kuat.

Rabbanaa afrigh 'alainaa shabraw-wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas

3. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dari Nabi Musa

Berikut bacaan doa menghilangkan rasa takut dan artinya sebagaimana yang dibaca oleh Nabi Musa saat membelah lautan berikut ini:

Bismillahir rahmanir rahim. Ilahi kaifa ad'uka wa ana ana, wa kaifa aqtho'u rajai wa anta anta ilahi, falaqtal bahra li musa 'alaihis salam wa najjaitahu minal gharaqi rabbi najjini mimma ana fihi rabbi hab li farjan wa makhrajan birahmatika ya arhamar rahimin.

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Tuhanku, bagaimana aku memohon kepada-Mu sementara aku adalah aku, dan bagaimana aku memutus harapanku sementara Engkau adalah Tuhanku. Engkau belah lautan untuk Nabi Musa (keselamatan atasnya) dan Engkau selamatkan dia dari tenggelam. Wahai Tuhanku, selamatkan aku dari apa yang sedang aku ada di dalamnya. Wahai Tuhanku, berilah aku kemudahan dan jalan keluar dengan rahmat-Mu, wahai Zat Yang Maha Pengasih di antara para pengasih."

4. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan

Berikut ini bacaan doa menghilangkan rasa takut berlebihan dan artinya sebagaimana dalam hadis riwayat Thabrani dari Abu Umamah. Sesungguhnya Nabi saw. berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah:

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas

5. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas

Berikut ini bacaan doa menghilangkan rasa takut dalam buku berjudul Doa Zikir Mohon Pelindungan dan Ketenangan Hati oleh Darul Insan:

Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul’udatam-milisaanii. Yafqohuu qoulii

Artinya:

"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekauan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."

6. Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas

Allahumma inni audzubika minal hammi wal huzni wal ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.

Artinya:

"Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta dukacita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Reporter: Arini Saadah. Published:15/4/2022)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer