Sukses


Jenis-Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Bola.com, Jakarta - Sistem pencernaan memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia. Sistem pencernaan berguna untuk mengubah makanan menjadi nutrisi.

Sistem pencernaan makanan pada manusia melibatkan beberapa organ tubuh. Sistem pencernaan tersebut terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

Organ-organ tersebut merupakan jalan masuknya zat dari luar. Untuk bisa mengolah makanan, sistem pencernaan tersebut harus sehat agar berfungsi dengan baik.

Jadi, organ tersebut bisa mengalami banyak gangguan atau penyakit pada sistem pencernaan. Penyakit atau gangguan yang menyerang ini akan menghambat sistem kerja organ-organ yang lainnya.

Itulah mengapa, diperlukan kewaspadaan untuk menghindari penyakit atau gangguan yang akan mengancam sistem pencernaan.

Masalah-masalah pencernaan yang paling umum meliputi konstipasi, diare, kembung, sensasi panas di dada (heartburn), dan kram usus. Maka itu, penting menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan cara menjaga pola makan.

Selain menjaga pola dan asupan makanan, kamu juga perlu melakukan aktivitas olahraga secara teratur. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mendukung kesehatan pencernaan.

Berikut ini beberapa olahraga yang baik untuk menjaga sistem pencernaan, disadur dari Merdeka, Senin (8/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Yoga

Jenis olahraga yang baik untuk pencernaan rekomendasi pertama adalah yoga. Berdasarkan penelitian, orang-orang yang mempunyai penyakit Crohn ringan, mendapatkan peningkatkan kualitas hidup dan tingkat stres serta efek samping penyakit yang lebih rendah dengan melakukan latihan yoga.

Dalam hal ini, beberapa gerakan yoga terbukti efektif dalam mendukung fungsi dan kesehatan pencernaan lebih baik.

Kamu bisa mempraktikkan latihan yoga dengan panduan video tutorial di YouTube, atau bisa juga dengan mengikuti kelas yoga khusus yang dibimbing oleh instruktur terlatih.

Latihan ini dapat dilakukan secara rutin untuk mendukung tubuh yang lebih sehat dan bugar.

3 dari 6 halaman

Tai Chi

Jenis olahraga yang baik untuk pencernaan berikutnya adalah Tai Chi. Tai chi adalah praktik kuno yang melibatkan serangkaian gerakan lambat dan pernapasan dalam yang terfokus. Ini tergolong latihan berdampak rendah yang berguna untuk membantu peregangan tubuh dengan baik.

Selain itu, berdasarkan penelitian, latihan Tai Chi dapat meningkatkan kualitas hidup pada orang sehat serta orang-orang yang menderita penyakit kronis, termasuk gangguan pencernaan.

Jika tertarik, kamu bisa mencari video tutorial Tai Chi di YouTube untuk latihan sehari-hari. Kamu juga bisa mengikuti kelas atau komunitas Tai Chi jika lebih nyaman latihan secara berkelompok.

4 dari 6 halaman

Napas Dalam

Jenis olahraga yang baik untuk pencernaan selanjutnya adalah napas dalam atau deep breathing. Seperti diketahui, latihan pernapasan dalam termasuk satu di antara fokus yang ada pada latihan yoga maupun Tau Chi. Meskipun begitu, ini juga bisa menjadi jenis latihan yang berdiri sendiri.

Latihan napas dalam terbukti dapat mengurangi tingkat stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mendukung sistem pernapasan dan pencernaan yang lebih baik.

Bagi kamu yang tertarik mencoba, kamu bisa memulai latihan secara mandiri di rumah. Pertama, temukan tempat yang nyaman dan tenang untuk memulai latihan. Gunakan posisi senyaman mungkin, kamu bisa duduk atau berbaring.

Kemudian mulai latihan dengan menarik napas panjang melalui hidung. Fokuskan perhatian pada bagian dada dan perutmu yang mengembang saat menarik napas. Buang napas perlahan melalui mulut atau hidung. Lakukan latihan ini selama 10 hingga 20 menit setiap hari.

5 dari 6 halaman

Berjalan

Berjalan atau jalan kaki juga termasuk satu di antara jenis latihan yang baik untuk pencernaan. Menurut penelitian, latihan jalan kaki secara rutin dapat membantu mengurangi gejala penyakit radang usus secara efektif.

Tak heran, para ahli lebih merekomendasikan latihan ringan seperti jalan kaki dibandingkan olahraga berat karena dapat memperburuk respons peradangan.

Jika kamu jarang berolahraga, kamu bisa memulai latihan dengan berjalan-jalan sebentar di lingkungan sekitar rumah satu kali sehari. Ketika sudah mulai terbiasa, kamu bisa melakukan latihan dengan jarak yang lebih jauh.

Selama latihan, kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti postur punggung yang lurus dan tidak kaku, lengan dapat berayun bebas, langkah dari tumit ke ujung kaki, serta gunakan sepatu dengan penyangga lengkung yang baik serta sol yang tebal dan fleksibel.

6 dari 6 halaman

Latihan Inti

Jenis olahraga yang baik untuk pencernaan terakhir, tetapi tak kalah efektif adalah latihan inti atau core exercise. Sit-up, crunch perut, dan plank adalah contoh latihan inti.

Beberapa jenis gerakan dalam latihan inti ini dapat meningkatkan kekuatan otot perut dan punggung, serta mendukung sistem pencernaan yang lebih baik dan sehat.

Jika tertarik, kamu bisa melakukan latihan ini secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Hal yang perlu diperhatikan adalah, kamu harus mempraktikkan setiap gerakan dengan posisi yang benar untuk menghindari risiko cedera pada punggung.

Agar lebih aman, kamu bisa melakukan latihan dengan didampingi pelatih berpengalaman yang bisa mengarahkan setiap gerakan dengan benar.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter : Ayu Isti Prabandari. Published: 3/2/2022)

Baca artikel olahraga lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer