Sukses


Cara Tepat Mencegah Munculnya Karies Gigi

Bola.com, Jakarta - Karies gigi adalah area yang rusak secara permanen di permukaan keras gigi yang bisa berkembang menjadi bukaan atau lubang kecil.

Hal ini sering kali dialami oleh kalangan anak-anak, terlebih mereka yang suka mengonsumsi berbagai makanan manis.

Namun, sebenarnya, tak hanya anak-anak, orang dewasa hingga lanjut usia juga rentan terkena karies gigi.

Karies gigi yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan gigi berlubang. Pengabaian ini bisa berakibat munculnya nyeri bahkan hingga infeksi pada gigi.

Maka itu, kamu perlu mencegah karies gigi sedini mungkin agar penyakit ini tidak muncul dan menyebabkan struktur gigi yang rusak secara permanen.

Berikut cara tepat mencegah munculnya karies gigi yang perlu diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (13/1/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Tepat Mencegah Munculnya Karies Gigi

1. Pemberian Fluor 

Pemberian fluor dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara lokal dan sistemik. Metode lokal bisa dengan cara pengolesan, penggunaan pasta gigi mengandung fluoride, dan larutan kumur mengandung fluoride. 

Untuk cara sistemik, pemberian fluor dapat dilakukan dengan konsumsi tablet mengandung fluor dan penambahan fluor pada air minum.

Jika satu di antara cara pemberian fluor tersebut dilakukan rutin, bisa membantu mencegah terjadinya karies gigi. 

2. Rutin ke Dokter Gigi

Terkadang, karies tidak dapat dideteksi hanya dengan penglihatan biasa apalagi tanpa bantuan alat-alat. Maka itu, perlu bantuan dokter gigi untuk mendeteksinya. 

Itulah mengapa sebaiknya kamu rutin memeriksa gigi minimal enam bulan sekali. Hal ini penting dilakukan sebagai pencegahan karies gigi. 

Karies gigi sebenarnya dapat disembuhkan. Namun, jika tidak terdeteksi, bisa berubah menjadi gigi berlubang. Oleh karena itu, periksakan dan lakukan pembersihan karang gigi secara rutin, kendati kamu merasa tidak ada keluhan sama sekali.

3 dari 4 halaman

Cara Tepat Mencegah Munculnya Karies Gigi

3. Menjaga Kebersihan Mulut

Kebersihan gigi dan mulut yang baik merupakan faktor terpenting dalam mencegah penyakit-penyakit di dalam mulut, seperti karies gigi, gigi berlubang, bau mulut, dan radang gusi. 

Gosoklah gigi dua kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sikat gigi dengan teknik yang benar agar hasil dapat maksimal. Jangan lupa gunakan pasta gigi mengandung fluoride untuk memberikan perlindungan gigi terhadap karies gigi. 

Lalu, selalu bersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi menggunakan dental floss.

4. Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Ngemil makan makanan dan minuman manis memang menyenangkan, tetapi kebiasaan ini bisa memicu terjadinya karies gigi lantaran kandungan gula pada sisa makanan yang menempel di gigi bisa mengundang kuman untuk bersarang di sana.

Jika terjadi terus-menerus maka bisa membentuk karies gigi. 

Kalau memang ingin snacking, konsumsilah snack sehat, seperti buah potong, yoghurt, kacang-kacangan, dan keju. Makanan-makanan tersebut bermanfaat untuk kesehatan gigi dan membantu mencegah karies gigi.

4 dari 4 halaman

Cara Tepat Mencegah Munculnya Karies Gigi

5. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Banyak makan makanan tinggi kandungan air dan serat dapat menjadi cara self-cleansing yang baik untuk gigi. Dengan mengunyah makanan berserat, produksi air ludah bisa terangsang. Air ludah memiliki daya self-cleansing untuk membersihkan permukaan gigi. 

Tak hanya itu, vitamin dan mineral dari buah dan sayur dapat memperkuat gigi serta gusi di sekitarnya. Makan buah dan sayur merupakan satu di antara cara mudah untuk mencegah karies gigi. 

6. Melakukan Perawatan Pit and Fissure Sealant 

Cara ini juga ampuh sekali untuk mencegah karies gigi. Pit and fissure sealant merupakan tindakan oleh dokter gigi yang dilakukan dengan menutup celah-celah yang dalam pada permukaan gigi, terutama pada gigi geraham yang baru tumbuh, dimulai sekitar anak berumur enam tahun.

Celah tersebut merupakan awal mula tempat terjadinya karies gigi.

7. Kurangi Ngemil di Sela-sela Waktu Makan

Snacking atau ngemil merupakan kebiasaan yang mungkin cenderung meningkat. Sebenarnya ngemil boleh saja dilakukan, tetapi kamu harus tahu aturannya supaya tidak menyebabkan karies gigi. 

Pilih jenis makanan yang baik untuk snacking. Lalu, atur jadwal ngemil, yaitu jangan di sela-sela waktu makan besar karena ngemil di waktu tersebut sama saja ibaratnya membiarkan gigi berendam di dalam larutan gula sepanjang hari.

Hal ini tentunya bisa menyebabkan karies gigi apabila dilakukan terus-menerus. 

Maka itu, disarankan untuk memberi jeda waktu yang cukup antara snacking dengan waktu makan besar berikutnya. Waktu tersebut diperlukan gigi untuk menetralkan rongga mulut sehingga gigi tidak terus dibiarkan terpapar larutan gula.

 

Sumber: Klikdokter.com (Publsihed: 11/2/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer