Sukses


Cara Kreatif Meminimalisasi Sampah agar Tidak Mencemari Lingkungan

Bola.com, Jakarta - Sampah merupakan sisa-sisa kegiatan setiap hari dari manusia, atau dari proses alam yang terjadi. Ada dua jenis sampah di lingkungan, yaitu sampah organik dan anorganik.

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat diproses secara alami.

Seperti diketahui, sampah memiliki banyak efek buruk, terutama terhadap lingkungan. Tak hanya jangka pendek, tapi juga jangka panjang. Maka itu, penting mengelola sampah yang ada di sekitar dengan baik.

Bila sampah hanya dibuang untuk kemudian dibuang lagi di suatu tempat, dan dari suatu tempat itu kemudian dibuang lagi di tempat lain, maka hal itu tidak akan ada habisnya.

Harus ada cara lain untuk mengatasi sampah tersebut. Sampah dapat diolah kembali menjadi hal yang menarik, selain meminimalisir jumlahnya, juga dapat mengurangi dampak buruknya bagi lingkungan.

Berikut ini cara kreatif meminilasasi sampah agar lingkungan tetap bersih, dilansir dari dlh.semarangkota.go.id, Jumat (13/1/2023).

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Daur Ulang Sampah Plastik dan Perca

Sampah plastik yang susah diurai, yang apabila hanya dibakar akan menimbulkan polusi udara ternyata dapat didaur ulang menjadi barang yang berguna dan berdaya jual.

Contohlah, bungkus makanan platik, bila dikumpulkan satu-satu, maka akan dapat dijadikan sebagai tas plastik bermotif unik.

Contoh lain, wadah minuman gelas, dipotong dan diambil bagian tepi atasnya untuk selanjutnya dirangkai menjadi gantungan yang modelnya berlubang-lubang. Bisa untuk gantungan jilbab, syal ataupun kain lainnya.

Sementara untuk limbah kain (kain perca) dapat didaur ulang menjadi keset yang cantik bergantung pada jahitannya. Dapat pula dijadikan sebagai boneka jari untuk alat storytelling. Jadi jangan asal buang ya.

3 dari 6 halaman

Dijadikan Alat Seni

Sampah tak selamanya menjadi sampah. Sampah bisa pula menjadi sebuah karya seni yang keren. Seperti halnya yang sempat terjadi di sepanjang jalan Malioboro Yogyakarta, dipamerkan seni patung yang terbuat dari sampah-sampah plastik.

Semuanya terbuat dari sampah dan akhirnya terlihat menarik. Ada panggung yang merupakan rangkaian dari banyak sampah botol, di dalam sampah botol itu dimasukkan sampah plastik (kantong kresek, bungkus snack dll).

Panggung itu terlihat kukuh berdiri dan tidak ambruk meski dinaiki para pengunjung yang penasaran dan antusias.

4 dari 6 halaman

Media Menanam

Dengan metode menanam vertikultur, sampah botol plastik yang masih utuh dapat digunakan sebagai media tanam.

Botol plastik tinggal dilubangi sedemikian rupa untuk memasukkan tanah ke dalamnya, serta jangan lupa untuk melubangi bagian ujung botol sebagai jalan masuknya tali penggantung.

Bisa disusun sampai banyak, 5 susun juga bisa. Letakkan di seputaran tempat tinggalmu untuk mendapatkan udara yang segar setiap hari.

5 dari 6 halaman

Dijadikan Pupuk

Sampah organik bila sekadar didiamkan akan membusuk dan ditumbuhi organisme yang menjijikkan. Baunya yang tidak sedap juga mengganggu indra penciuman.

Oleh karena itu, sampah jenis ini dapat dimanfaatkan untuk didaur ulang sebagai pupuk tanaman. Katakanlah semacam demokrasi tanaman, dari tanaman, untuk tanaman dan oleh tanaman itu sendiri. Akan lebih menghemat pengeluaranjuga dibanding membeli pupuk lagi.

 

6 dari 6 halaman

Sebagai Alat Edukasi

Bahaya sampah dan ketakbersihan lingkungan perlu diedukasikan ke masyarakat. Sampah merupakan ancaman yang tidak bisa dianggap sepele.

Oleh karenanya, sampah itu sendiri dapat dijadikan sebagai peraga alat edukasi. Tentu bukan semua sampah, tapi yang sekiranya diperlukan saja.

Sumber: dlh.semarangkota.go.id

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer