Sukses


Apa Itu Pameran? Ketahui Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya

Bola.com, Jakarta - Pameran merupakan suatu pertunjukan karya seni atau produk menarik yang dilakukan oleh seniman. Biasanya pameran diadakan di galeri seni dan museum

Kegiatan pameran berguna agar sebuah karya seni bisa dikenal serta diapresiasi oleh masyarakat secara luas.

Adapun fungsi dari kegiatan ini, yaitu suatu bentuk promosi yang dilakukan oleh produsen, organisasi, atau juga perkumpulan tertentu dengan menampilkan display produk kepada calon pembeli maupun relasi.

Seiring berkembangnya zaman, pameran sudah cukup diminati masyarakat luas dari berbagai kalangan. Jadi, tidak hanya penikmat seni saja yang berkunjung ke pameran.

Pameran sudah sering digelar baik di kota besar maupun kecil. Bahkan, beberapa pameran menjadi agenda rutin. Karya yang dipajang dalam pameran cukup bervariasi, sesuai bidang tertentu.

Agar lebih memahami apa itu pameran, simak penjelasannya yang telah dirangkum pada artikel ini.

Berikut ini pengertian pameran, tujuan, fungsi, manfaat, dan jenis-jenisnya, yang bisa menambah wawasanmu, dilansir dari laman ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id dan Maxmanroe, Selasa (17/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Pengertian Pameran

Secara umum, pengertian pameran adalah suatu pertunjukan karya seni atau produk menarik lainnya yang diadakan di galeri seni, museum, atau di pameran perdagangan.

Pendapat lain mengatakan pengertian pameran adalah suatu kegiatan yang menyajikan karya seni atau produk tertentu untuk dikomunikasikan pada khalayak sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat secara luas.

Sedangkan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pameran adalah pertunjukan (hasil karya seni, barang hasil produksi, dan lain sebagainya).

Jadi, dapat didefinisikan pameran sebagai kegiatan menyampaikan ide gagasan melalui karya seni rupa sehingga dapat diapresiasi oleh orang banyak.

3 dari 6 halaman

Tujuan Pameran

Pada dasarnya, tujuan utama pameran adalah untuk menampilkan atau memamerkan suatu produk atau karya seni kepada khalayak serta mendapatkan opini atau apresiasi dari masyarakat luas terhadap produk atau karya seni yang dipamerkan.

Selain itu, beberapa tujuan pameran adalah sebagai berikut:

  • Tujuan Komersial

Kegiatan pameran untuk tujuan komersial adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan agar karya yang dipamerkan dibeli pengunjung sehingga penyelenggara pameran memperoleh keuntungan.

  • Mengumpulkan Informasi

Melalui kegiatan pameran, semua pihak dapat mengumpulkan dan memahami tren yang sedang berkembang di suatu industri. Dengan begitu, pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pameran dapat lebih memahami industri yang menjadi bidang bisnisnya.

  • Tujuan Kemanusiaan

Kegiatan pameran untuk kemanusiaan adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan untuk kepentingan pelestarian, pembinaan, nilai-nilai, serta pengembangan hasil karya seni budaya yang ada di masyarakat.

Hasil penjualan karya dalam pameran tersebut disumbangkan untuk tujuan kemanusiaan, seperti korban bencana, panti asuhan, dan lainnya.

  • Tujuan Sosial

Kegiatan pameran untuk tujuan sosial adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan untuk kepentingan sosial. Dalam hal ini, hasil penjualan tiket maupun produk dalam pameran akan disumbangkan untuk kepentingan kegiatan sosial.

4 dari 6 halaman

Fungsi Pameran

  • Fungsi Edukasi

Fungsi edukasi pada pameran berguna untuk memberikan pendidikan dan melatih masyarakat luas dalam memahami arti dari keahlian rohani manusia. Kegiatan ini mampu menyeimbangkan kembali ingatan dan pandangan manusia terhadap lingkungan sekitarnya.

  • Fungsi Apresiasi

Pamerandigunakan sebagai suatu media dalam menyampaikan apresiasi kepada para seniman sehingga para pengunjung akan menyampaikan apresiasinya kepada seniman dan hasil karyanya.

  • Fungsi Prestasi

Pameran berfungsi membantu memacu para pegiat seni untuk bisa berprestasi dalam menghasilkan suatu karya yang menginspirasi.

  • Fungsi Rekreasi

Pameran bermanfaat untuk media releksasi dan melepaskan diri dari berbagai tekanan kegiatan sehari-hari yang menguras pikiran dan energi.

5 dari 6 halaman

Manfaat Pameran

  • Sebagai sarana bagi para seniman dan pencipta karya untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan dalam membuat suatu produk atau karya seni yang berkualitas.
  • Sebagai sarana bagi masyarakat luas untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan dalam mengapresiasi hasil karya orang lain.
  • Membantu masyarakat luas agar lebih mampu dalam menilai atau mengevaluasi suatu hasil karya secara objektif.
  • Memberikan lebih banyak pengalaman bagi para pencipta produk atau karya seni.
  • Sebagai sarana untuk melatih masyarakat dalam hal merencanakan dan menyelenggarakan suatu kegiatan.
  • Sebagai sarana untuk relaksasi dan penyegaran jiwa.
6 dari 6 halaman

Jenis-jenis Pameran

  • Pameran Tetap

Pameran tetap adalah jenis pameran yang menyajikan berbagai karya koleksi, seperti dari Galeri Nasional Indonesia yang dilaksanakan secara periodik.

Hal tersebut berdasarkan konsep kuratorial, di mana penyelenggaraannya dilakukan oleh Galeri Nasional Indonesia. Jenis pameran ini diselenggarakan secara teratur dalam waktu tertentu, misalnya enam bulan sekali atau setahun sekali.

  • Pameran Temporer

Pameran temporer adalah jenis pameran yang dilakukan secara tunggal atau bersama dalam jangka waktu tertentu dengan menampilkan berbagai karya seni rupa.

Pameran tersebut bisa diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau bekerja sama dengan pihak lain. Jenis pameran ini umumnya berlangsung minimal 10 hari dan maksimal 30 hari.

  • Pameran Keliling

Pameran keliling adalah jenis pameran yang menyajikan berbagai koleksi, bisa dari Galeri Nasional Indonesia maupun dari luar yang diselenggarakan ke berbagai daerah di Indonesia atau luar negeri.

Pameran ini diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau bekerja sama dengan pihak lain di mana waktu penyelenggaraannya berlangsung minimal selama 10 hari.

 

Sumber: ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id, Maxmanroe

Dapatkan artikel edukasi berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer