Sukses


Apa Itu Teks Tanggapan? Ketahui Ciri-Ciri, Fungsi, Tujuan, Struktur, dan Unsurnya

Bola.com, Jakarta - Teks tanggapan merupakan satu di antara jenis tulisan yang cukup umum ditemui di kehidupan sehari-hari.

Teks tanggapan atau bisa disebut juga sebagai teks tanggapan kritis, merupakan teks yang berisikan kritik tajam terhadap suatu hal atau persoalan mengenai kesalahan dan biasanya terjadi saat ada perdebatan.

Pengertian lain, teks tanggapan ialah pandangan terhadap suatu hal, baik mendukung atau menolak, dengan disertai argumen yang objektif, sopan, logis, dan jelas. Informasi yang terkandung dalam teks ini dapat menjadi saran yang membangun.

Dari pemaparan di atas bisa disederhanakan bahwa teks tanggapan adalah teks yang berisi pendapat seseorang tentang suatu hal melalui sudut pandang pribadi.

Permasalahan yang dibahas pada teks tanggapan biasanya berupa kritikan pedas terkait kesalahan atau isu-isu yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Misalnya karya seseorang, fenomena sosial di masyarakat, lingkungan, peristiwa, dan lain-lain.

Itulah sedikit ulasan mengenai teks tanggapan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memahami, ciri-ciri, fungsi, tujuan, struktur, dan unsurnya, dilansir dari laman Theinsidemag dan Tamanpendidikan, Kamis (19/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Ciri-ciri Teks Tanggapan

  • Teks tanggapan memiliki isi yang bersifat objektif. Arti dari objektif adalah bisa dipahami sebagai suatu yang berdasarkan fakta dan data atau keadaan yang sebenarnya (tidak dibuat-buat).
  • Teks tanggapan memiliki kaidah kebahasaan yang unik. Kaidah kebahasaan ini disampaikan secara jelas dan logis, tetapi tetap mematuhi norma sopan santun yang berlaku di masyarakat.
  • Teks tanggapan memiliki struktur teks yang terdiri dari tiga bagian, yaitu evaluasi, deskripsi, dan penegasan kembali.
3 dari 6 halaman

Fungsi Teks Tanggapan

  • Memberikan saran akan suatu hal secara sistematis, dan terarah sehingga tanggapan menjadi penilaian atau evaluasi secara objektif, dan bukan pujian atau kritikan semu.
  • Mengapresiasi sebuah karya atau kebijakan atau objek dengan memperhatikan setiap detail, sejelas mungkin.
  • Sebagai wadah komunikasi antarsesama penanggap dapat berdialog melalui sebuah konteks, deskripsi, dan penilaian terhadap suatu hal.
  • Memberikan masukan yang membangun terhadap suatu hal agar bisa lebih baik lagi.
4 dari 6 halaman

Tujuan Teks Tanggapan

Teks tanggapan harus memiliki alasan dan tidak bersifat subjektif, dikarenakan teks ini diharapkan dapat membuat orang lebih baik lagi dalam segala hal yang telah dilakukannya.

Tujuan teks tanggapan kritis adalah untuk memilih satu di antara pernyataan karena teks tanggapan ini berisi alasan yang mendukung dan yang menolak.

5 dari 6 halaman

Struktur Teks Tanggapan

- Evaluasi

Evaluasi terdapat pada bagian awal teks tanggapan, di bagian ini pengkritisi memberi pernyataan umum tentang apa yang akan dikritisi.

Melalui bagian ini, pembaca teks tanggapan tersebut jadi paham dan tahu arah fokus permasalahan yang akan dibahas oleh penulis.

- Deskripsi Teks

Deskripsi teks adalah inti pembahasan dari teks tanggapan kritis. Bagian ini berisi opini penulis dari berbagai sudut pandang terhadap masalah yang dikritisinya.

Opini atau pendapat ini nantinya akan diperkuat dengan penjabaran fakta-fakta berupa informasi atau data.

- Penegasan Ulang

Pada bagian akhir, ada struktur teks tanggapan yakni penegasan ulang yang isinya menyampaikan simpulan dari hasil mengkritis masalah dari berbagai sudut pandang. Terkadang, penulis juga bisa memberikan solusi berupa saran.

6 dari 6 halaman

Unsur Teks Tanggapan

Pada saat membuat teks tanggapan, ada unsur-unsur yang harus dimuat dalam teks tersebut. Adapun unsur teks tanggapan adalah sebagai berikut:

  • Masalah yang dikritisi.
  • Opini yang dapat berupa, pujian, kritikan, dan saran.
  • Argumen yang dapat berupa argumen untuk memperkuat pujian dan argumen untuk memperkuat kritikan.
  • Fakta.

Keempat unsur-unsur teks tanggapan di atas harus dipenuhi agar menjadi teks tanggapan valid dan bisa menjadi satu kesatuan utuh dari teks tanggapan.

 

Sumber: Theinsidemag, Tamanpendidikan

Dapatkan artikel edukasi berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer