Sukses


Cara agar Tubuh Lebih Segar saat Bangun di Pagi Hari

Bola.com, Jakarta - Tak jarang pada kehidupan sehari-hari, seseorang terbangun di pagi hari dengan rasa lelah dan tak berenergi.

Kondisi bangun tidur yang tidak tepat ini kerap membuat mood kita seharian menjadi rusak dan tidak produktif.

Satu di antara langkah instan yang kerap diambil adalah mengonsumsi kafein di pagi hari. Namun, itu semua tidak baik dan malah akan membuat tubuh menjadi lemah.

Munculnya rasa lelah saat terbangun ini bisa disebabkan karena berbagai hal, termasuk tidur yang tidak nyenyak dan berbagai aktivitas yang dilakukan sebelum terlelap.

Lantas, bagaimana cara yang bisa dilakukan agar kita bisa bangun dalam kondisi segar dan siap menjalani aktivitas sepanjang hari?

Berikut cara agar tubuh lebih segar saat bangun di pagi hari, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (19/1/2023).

2 dari 4 halaman

Cara agar Tubuh Lebih Segar saat Bangun di Pagi Hari

1. Matikan Lampu Kamar

Ingin segar saat bangun tidur? Matikan lampu kamar tidurmu. Penelitian menyebutkan, tidur dalam ruangan gelap membuat tubuh melepaskan hormon melatonin. Hormon tersebut dapat membuatmu lebih cepat terlelap.

2. Waktu Tidur Konsisten 

Bangun dan memulai tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat mengaktifkan "jam alami" tubuh. Dengan demikian, tubuh akan terbiasa dengan aturan tersebut dan akan secara otomatis menyesuaikan diri untuk tidur atau bangun di waktu yang sama.

3. Jauhkan Gawai saat Mendekati Waktu Tidur

Kebiasaan memeriksa handphone pertama kali saat bangun tidur membuat benda ini sering diletakkan di samping kasur. Ternyata, kebiasaan tersebut bisa mengganggu kamu untuk merasa segar saat bangun pagi.

Faktanya, handphone dan gawai sejenis membuatmu terpapar dengan blue light. Cahaya ini dianggap dapat merangsang otak dan menghalangi tubuh memproduksi hormon melatonin yang mengatur tidur.

Maka itu, sebaiknya jauhkan handphone dan gawai lainnya saat waktu tidurmu sudah dekat.

3 dari 4 halaman

Cara agar Tubuh Lebih Segar saat Bangun di Pagi Hari

4. Hindari Makan sesaat Sebelum Tidur 

Agar segar saat bangun pagi, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berat mendekati jam tidur.

Faktanya, konsumsi makan berat—termasuk yang tinggi karbohidrat—sebelum waktu tidur dapat membuatmu merasa mulas atau kembung. Kedua hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan kamu saat tidur.

5. Olahraga Teratur

Olahraga rutin yang dilakukan setidaknya tiga hingga empat kali dalam seminggu dapat meningkatkan kualitas tidur. Jadi, agar kamu segar bangun pagi, sempatkan waktu untuk berolahraga minimal 30 menit, sebanyak tiga kali dalam seminggu.

6. Buat Kebiasaan sebelum Tidur 

Cobalah membuat kebiasaan rutin sebelummu tidur. Contoh kebiasaan yang dimaksud, yaitu mandi sebelum tidur, membaca buku, atau bermeditasi.

4 dari 4 halaman

Cara agar Tubuh Lebih Segar saat Bangun di Pagi Hari

7. Hindari Kafein, Alkohol, dan Nikotin 

Kafein merupakan kandungan pada kopi, yang berguna untuk membuatmu tetap terjaga. Jika ingin bangun tidur dalam keadaan segar, jauhi kafein, alkohol, nikotin antara 4-6 jam sebelum tidur.

8. Ubah Suasana Kamar

Lingkungan kamar yang tenang dan sejuk dapat membantu kamu lebih mudah tertidur. Jauhkan komputer, televisi, dan gawai dari jangkauan. Cara ini dapat membantu memusatkan pikiranmu untuk bisa tertidur tanpa gangguan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 9/2/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer