Sukses


Bacaan Doa Memperlancar Segala Urusan, Tenangkan Hati dan Pikiran

Bola.com, Jakarta - Kekuatan doa yang dipanjatkan umat muslim kepada Allah Swt. dapat mempermudah segala urusan yang akan atau sedang dilakukan.

BACA JUGA: Ayat Kursi Lengkap Dengan Arti Dan Tafsirnya

Membaca doa agar dilancarkan segala urusan bisa menjadi tanda seorang hamba berserah diri kepada Allah Swt.

Sebagai manusia biasa, sudah sepantasnya kita menyandarkan harapan kepada-Nya untuk memudahkan segala urusan. Allah Swt. telah berfirman:

"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina." (Q.S. Ghafir ayat 60)

Dalam bacaan doa memperlancar segala urusan berisi sebuah makna bahwa segala urusan hamba di dunia dan akhirat tidak luput dari campur tangan Allah Swt.

Berikut bacaan doa memperlancar segala urusan, yang bisa menenangkan hati dan pikiran, disadur dari Dream, Kamis (26/1/2023).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Memperlancar Segala Urusan

Sebagai umat Islam, dalam kondisi suka maupun duka kita dianjurkan untuk berdoa kepada Tuhan. Hal ini penting karena manusia adalah makhluk yang tidak bisa hidup tanpa campur tangan Allah Swt. termasuk menyelesaikan segala urusannya di dunia.

Membaca doa memperlancar segala urusan menjadi cara manusia untuk memohon kepada-Nya. Sebaiknya doa memperlancar segala urusan ini dibaca setiap pagi ketika akan memulai aktivitas.

Satu di antara bacaan doa agar dimudahkan segala urusan dan ucapan adalah doa ashabul kahfi. Doa ini tercatat dalam Al-Qur'an surah Al-Kahfi ayat 10.

Berikut doa ashabul kahfi yang bisa dijadikan sebagai bacaan doa agar dimudahkan segala urusan dan ucapan:

 رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada.

Artinya:

"Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Memperlancar Segala Urusan

Mengawali hari dengan doa, akan memberikan kita kekuatan untuk menjalani hidup yang keras. Sebab, kita yakin bahwa Tuhan akan selalu ada untuk hamba-Nya yang memohon pertolongan. Lafal doa memperlancar segala urusan yang satu ini dikutip dari Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 286.

Sejatinya doa ini berisi permohonan agar tidak diberikan beban yang terlalu berat. Selain itu, doa ini juga berisi permohonan ampun kepada Allah Swt.

Robbanaa laa tuaa-khidznaa innasiinaa au akhtho'na, robbanaa walaa tahmil 'alainaa ishran kamaa hamaltahuu 'ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa' fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa 'ala al qaumilkaafiriin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Memperlancar Segala Urusan

Lafal doa memperlancar segala urusan juga bisa diambil dari Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 255 atau yang biasa disebut ayat kursi berikut ini.

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa khalfahum walaa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya-uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya:

"Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 30/6/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer