Sukses


Daftar Olahraga yang Ampuh Tingkatkan Mood

Bola.com, Jakarta - Aktivitas fisik seperti olahraga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, satu di antaranya untuk kesehatan mental.

Banyak studi yang dilakukan oleh para peneliti membuktikan bahwa olahraga bisa meningkatkan mood atau suasana hati dan menurunkan tingkat stres.

Ketika kamu melakukan olahraga, otak akan melepaskan endorfin dan dopamin. Semua bahan kimia otak ini akan bekerja sama untuk membuat tubuh merasa lebih baik sehingga akan merasa lebih tenang dan nyaman.

Saat mood dalam kondisi tidak baik, hal tersebut hanya akan menurunkan produktivitas dan meningkatkan stres pada seseorang.

Dengan demikian, kita harus selalu menjaga mood agar tetap baik sehingga apa pun yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik.

Berikut daftar olahraga yang ampuh tingkatkan mood, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (27/1/2023).

2 dari 4 halaman

Daftar Olahraga yang Ampuh Tingkatkan Mood

1. Angkat Beban

Mengangkat beban bagus untuk mengencangkan otot tubuh. Satu yang perlu diketahu, olahraga jenis ini juga mampu meningkatkan kinerja otak serta mood.

Pada sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Experimental Neuropsychology, orang dewasa yang melakukan latihan beban sebanyak tiga hingga lima kali seminggu selama satu bulan bisa memiliki hasil tes kognitif yang jauh lebih baik daripada mereka yang tidak melakukan angkat beban.

2. Naik Sepeda 

Naik sepeda juga olahraga yang bisa membuat bahagia. Manfaat olahraga ini untuk mood telah diteliti di University of Georgia, Athena.

Penelitian tersebut menyebutkan, bersepeda selama 30 menit dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Peneliti yakin bahwa hal itu juga turut membuat mood menjadi lebih positif karena bersepeda terbukti mampu mengaktifkan sirkuit saraf otak yang membuat seseorang merasa bersemangat.

3 dari 4 halaman

Daftar Olahraga yang Ampuh Tingkatkan Mood

3. Pilates

Studi yang baru-baru ini dipublikasikan dari Appalachian State University, Boone, North Carolina, menemukan bahwa Pilates dikaitkan dengan stabilitas mood yang lebih baik.

Pilates dapat membantu memperbaiki mood karena merangsang pelepasan hormon endorfin dan serotonin, di mana keduanya disebut sebagai hormon kebahagiaan.

4. Yoga 

Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine meneliti tingkat kecemasan dan mood orang-orang yang berlatih yoga selama satu jam sebanyak tiga kali seminggu.

Hasilnya menunjukkan, tingkat kecemasan yang dimiliki oleh partisipan mengalami penurunan signifikan.

Hal ini karena yoga dapat membantu mengatur ritme pernapasan, serta meningkatkan kadar GABA―asam amino dan neurotransmiter yang dapat membantu mengurangi kecemasan.

Studi lain yang dilakukan pada 2010 dan diterbitkan dalam Al Ameen Journal of Medical Sciences mengungkapkan bahwa yoga adalah latihan untuk meningkatkan mood secara keseluruhan.

4 dari 4 halaman

Daftar Olahraga yang Ampuh Tingkatkan Mood

5. Tai Chi 

Tai chi adalah olahraga yang gerakan-gerakannya terbukti dapat membantu meredakan stres.

Seorang psikolog bernama Kate Hays berteori bahwa kecepatan gerakan tai chi mampu memusatkan pikiran seseorang, bahkan berfungsi sebagai pengingat atas hal-hal terdahulu.

6. Berenang 

Olahraga lainnya yang mampu meningkatkan mood, yaitu berenang. Saat berenang dibutuhkan pergerakan hampir seluruh otot tubuh serta tarikan napas dalam.

Kondisi ini akan menciptakan efek relaks dan tenang sehingga membantu menurunkan tingkat stres. Selain itu, bonus dari melakukan olahraga renang bisa membakar banyak kalori dalam tubuh.

7. Zumba

Banyak orang pasti setuju bahwa nari Zumba merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

Sebuah studi menemukan bahwa setelah berjoget, tingkat stres seseorang dapat menurun dan mood yang baik pun meningkat.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 20/11/2021)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer