Sukses


Jenis-Jenis Sepeda Motor dan Mobil, Lengkap beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Dunia otomotif identik dengan kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil. Kedua jenis kendaraan tersebut sering digunakan untuk menunjang kegiatan sehari hari.

Sepeda motor adalah kendaraan atau alat transportasi yang menggunakan roda dua sampai roda tiga. Sepeda motor menggunakan sumber tenaga bahan bakar gasoline, tenaga listrik, atau gabungan tenaga bahan bakar dan listrik (hybrid).

Sementara, mobil adalah kendaraan roda empat yang mempunyai ruangan untuk melindungi pengendara dari sinar matahari dan hujan. Seperti halnya motor, mobil merupakan kendaraan yang sering ditemui di jalan raya.

Sepeda motor dan mobil memiliki beragam jenis. Jenis mobil dan motor sangat banyak sesuai kebutuhan dan kegunaannya. Apa saja jenis-jenis sepeda motor dan mobil?

Berikut ini jenis-jenis sepeda motor dan mobil beserta penjelasannya, dilansir dari Buku Dasar-dasar Teknik Otomotif untuk SMK/MAK Kelas X terbitan Kemdikbud, Jumat (27/1/2023).

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Motor

Sepeda Motor Sport

Sepeda motor sport merupakan sepeda motor yang digunakan untuk balapan, tetapi pada kenyataannya sepeda motor ini banyak dijumpai di jalan umum.

Sepeda Motor Naked

Sepeda motor naked mirip jenis sepeda motor sport, tetapi desain lebih ramping dan posisi pengendaranya tidak terlalu membungkuk sehingga lebih nyaman digunakan pada kegiatan sehari-hari.

Sepeda Motor Trail

Sepeda motor trail atau enduro atau motor cross merupakan sepeda motor yang digunakan di segala medan dan mampu melibas jalan dan medan yang tidak rata, berbatu, berlumpur,atau jalan yang terjal.

Sepeda Motor Bebek

Sepeda motor bebek atau moped atau Ccb, yaitu sepeda motor yang digunakan untuk kegiatan sehari hari, lantaran desainnya menyerupai leher bebek dengan kapasitas daya yang relatif kecil sehingga lebih hemat, efektif, dan efisien.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Motor

Sepeda motor skuter

Sepeda motor skuter yaitu sepeda motor yang awalnya menggunakan sumber tenaga bahan bakar dengan sistem motor bakar dua langkah. Namun, dalam perkembangannya menggunakan motor bakar empat langkah dan menggunakan listrik.

Sepeda motor cruiser

Sepeda motor cruiser merupakan sepeda motor dengan desain posisi tangan setir yang tinggi sehingga pengendara lebih nyaman untuk perjalanan jauh dalam berkendara

Tree wheelers

Tree wheelers merupakan sepeda motor dengan desain dan penggunaan yang khusus menggunakan tiga roda.

ATV

ATV (All Terrain Vehicle) merupakan kendaraan yang didesain khusus menggunakan empat roda, tetapi kapasitasnya lebih kecil dari mobil.

Penggunaan kendaraan untuk melalui jalan yang berpasir, berbatu, atau berlumpur dengan lebih nyaman.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Mobil

Mobil Convertible

Mobil convertible yaitu kendaraan ringan atau mobil kecil dengan atap yang dapat dibuka.

Mobil Coupe

Mobil coupe yaitu kendaraan ringan atau mobil dengan dua pintu karena kapasitas penumpangnya hanya dua orang.

Mobil Hatchback

Mobil hatchback yaitu kendaraan ringan atau mobil lima pintu dengan desain ruang bagasi menyatu dengan kabin.

Mobil Multi Purposes Vehicle

Mobil Multi Purposes Vehicle (MPV), yaitu kendaraan ringan dengan lima pintu yang didesain nyaman untuk keluarga karena kapasitas penumpang yang banyak. Di pasaran tersedia low MPV, Medium MPV, Luxury MPV, dan High MPV.

Mobil Sport Utility Vehicle

Mobil Sport Utility Vehicle (SUV), yaitu kendaraan ringan yang mirip dengan mobil MPV, tetapi mobil ini didesain dari perpaduan mobil sedan dan mobil offroad.

Tersedia di pasaran dengan jenis small SUV, small luxury SUV, large SUV, luxury large SUV, medium SUV, dan luxury medium SUV. Penggerak mobil dengan dua roda dan empat roda.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Mobil

Mobil Sedan

Mobil sedan yaitu kendaraan ringan yang didesain secara anggun dan elegan, menggunakan penggerak depan.

Mobil Station Wagon

Mobil station wagon yaitu kendaraan ringan dengan atap yang panjang dan kargo atau bagasi yang cukup luas.

Mobil Single

Mobil single atau double cabin, yaitu kendaraan ringan jenis mobil SUV, tetapi memiliki ruang atau bak terbuka di bagian belakang.

Mobil Sport

Mobil sport yaitu kendaraan ringan atau mobil yang mirip bentuknya dengan mobil sedan, tetapi lebih aerodinamis dan sporty dilengkapi dengan mesin besar, desain, dan pengendalian yang mewah.

Mobil Offroad

Mobil offroad, yaitu kendaraan mobil dengan penggerak empat roda, lantai yang tinggi dari tanah memungkinkan mobil ini digunakan di semua medan terutama jalan yang tidak rata.

Mobil Pick up

Mobil pick up yaitu kendaraan yang mempunyai empat roda dengan ruang kabin dan bak terbuka. Kapasitas mobil ini kurang lebih 800 kg sampai 1,5 ton.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer