Sukses


Cara Membuat Meditasi Jadi Lebih Efektif

Bola.com, Jakarta - Meditasi adalah kegiatan untuk melatih fokus pikiran dan ketenangan. Meditasi bisa dilakukan di mana saja, bahkan kamu pun bisa melakukan meditasi di dalam mobil saat terjadi kemacetan.

Beberapa orang ada yang melakukan meditasi untuk meningkatkan konsentrasi dan mengurangi stres.

Kendati begitu, masih banyak yang belum tahu berapa lama atau durasi ideal untuk berlatih meditasi. Durasi atau lama latihan meditasi wajib diketahui agar manfaat yang kamu dapat lebih maksimal.

Waktu yang dibutuhkan untuk meditasi berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini juga bergantung pada referensi dan waktu yang dibutuhkan untuk bermeditasi.

Meditasi sebaiknya dilakukan selama 15 menit. Namun, bagi pemula, meditasi boleh dilakukan selama lima menit per hari untuk membiasakan diri terlebih dahulu.

Berikut cara membuat meditasi jadi lebih efektif, disadur dari Klikdokter, Selasa (31/1/2023).

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Meditasi Jadi Lebih Efektif

1. Frekuensi dari Sesi Latihan

Menurut studi tahun 2018, bermeditasi selama 13 menit sehari selama empat minggu dapat menurunkan suasana hati yang negatif, meningkatkan fokus, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi kecemasan. 

Kamu perlu meditasi secara rutin atau berulang agar manfaat yang dirasakan lebih maksimal. 

2. Durasi atau Lamanya Waktu Latihan

Penelitian tahun 2017 menemukan bahwa fokus seseorang jadi lebih meningkat, terutama di hari atau jadwal mereka latihan meditasi. 

Beberapa penelitian juga mengatakan, manfaat meditasi dapat lebih terasa jika dilakukan dalam durasi yang lebih lama. 

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Meditasi Jadi Lebih Efektif

3. Kepatuhan Terhadap Instruksi Latihan

Seseorang orang akan mendapatkan rasa tenang dan emosi yang lebih stabil usai meditasi. Hal itu karena saat meditasi, kamu akan memusatkan diri dan fokus terhadap kondisi saat itu.

Selain itu, kamu tidak boleh memikirkan hal yang sudah atau belum terjadi saat meditasi.

4. Kompetensi

Menurut penelitian, durasi latihan tidak menentukan hasil atau seberapa banyak perasaan sejahtera yang muncul setelah meditasi.

Hal yang dapat memengaruhi efektivitas meditasi adalah keterampilan kamu untuk bisa fokus kepada hal-hal yang dituntut dilakukan saat berlatih. 

5. Alasan Latihan Meditasi

Meditasi dapat menjadi efektif jika seseorang memiliki kesadaran terhadap apa sedang dilakukannya.

Kamu harus menentukan dulu apa tujuan meditasi, apakah memang untuk healing, untuk mindfulness atau lainnya. Tujuannya agar proses meditasi lebih terarah dan manfaatnya lebih terasa.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 20/8/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer