Sukses


9 Cara Cepat dan Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat agar Pernapasan Kembali Plong

Bola.com, Jakarta - Mengalami hidung tersumbat kerap kali terjadi dan pastinya bisa menimbulkan ketaknyamanan serta mengganggu aktivitasmu.

Pasalnya, ketika mengalami hidung tersumbat, kamu jadi susah bernapas, tidur tidak nyaman, dan membuat penciuman kehilangan sensitivitasnya.

Hal inilah yang akhirnya membuat tidak sedikit orang mencari berbagai cara mengatasi hidung tersumbat.

Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti alergi debu, asap atau tidak kuat terhadap cuaca dingin.

Lantas, bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dipraktikkan agar pernapasan kembali plong?

Berikut ini sembilan cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif, dilansir dari Healthline dan Medicalnewstoday, Senin (6/2/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

1. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Berjemur di matahari pagi bisa membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Kamu disarankan untuk setidaknya duduk di bawah matahari pagi antara jam 7-9.

2. Minum Air Jahe Hangat

Hal lain yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif adalah dengan minum air jahe hangat. Air jahe hangat tidak hanya membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat, melainkan juga membuat kamu lebih fit dan sehat.

3. Menghirup Uap Panas

Satu di antara cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif lainnya adalah dengan menghirup uap panas. Kamu bisa merebus air hingga mendidih, lalu letakkan ke dalam wadah atau ember.

Kemudian, kamu duduk menghadap baskom tersebut sehingga uapnya bisa mengenai wajahmu. Tutupi kepala dengan handuk dan bernapaslah di antara uap tersebut.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

4. Menjaga Tubuh Terhidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan satu di antara cara mengatasi hidung tersumbat. Pasalnya, kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan kondisi kesehatan makin memburuk.

Untuk itu, penting menjaga cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih. Minum air putih dalam jumlah cukup juga akan membantu mengencerkan lendir pada hidung sehingga akan meredakan hidung tersumbat.

5. Menjaga Suhu Tubuh Tetap Hangat

Lendir di rongga hidung yang menyebabkan hidung tersumbat menjadi lebih mudah menebal apabila kamu merasa kedinginan atau saat suhu tubuh menurun. Karena itu, jika kamu sudah merasakan hidung mampet, cobalah meredakannya dengan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Kamu bisa menghangatkan tubuh dengan menggunakan pakaian hangat dan selimut ketika tidur. Selain itu, mengonsumsi minuman hangat seperti jahe, teh, hingga air putih pun bisa menjadi alternatif untuk menghangatkan tubuh guna mengurangi gejala hidung mampet.

6. Mandi dengan Air Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat ini akan ampuh untuk kamu yang mengalami hidung mampet karena gejala batuk dan pilek.

Uap dari mandi air hangat mampu membuat lendir di rongga hidung menjadi lebih cair dan mudah untuk dikeluarkan. Ketika lendir sudah menipis atau bahkan hilang, kamu pun bisa bernapas dengan normal lagi.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

7. Dekongestan

Kamu bisa mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan obat bebas yang bisa dibeli di mana saja. Belilah obat oral atau obat nasal berjenis dekongestan.

Obat jenis ini memiliki sifat zat yang mampu mengurangi peradangan di rongga hidung, dan peradangan inilah yang membuat hidung tersumbat. Jika ingin hasil yang lebih cepat, gunakan dekongestan yang berjenis nasal. Penggunaan obat ini adalah dengan cara disemprotkan ke hidung.

8. Mengoleskan Minyak Kayu Putih

Mengoleskan minyak kayu putih bisa menjadi cara campuh untuk mengatasi hidung tersumbat. Oleskan minyak kayu putih ke permukaan hidung agar aromanya terus terhirup.

Bila perlu, oleskan minyak kayu putih ke bagian dada supaya tubuh menjadi hangat dan nyaman. Minyak kayu putih atau eucalyptus oil bisa membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi sinus dan meredakan peradangan pembuluh darah secara bertahap.

9. Berkumur Air Garam Hangat

Berkumur dengan air garam dapat melembabkan tenggorokan yang sakit dan gatal saat hidung tersumbat. Selain itu, berkumur dengan air garam bermanfaat memberi kelegaan pada saluran pernapasan sementara.

Caranya larutkan setengah sendok teh garam ke dalam 200 ml air hangat, berkumur dengan larutan tersebut dan lakukan empat kali dalam sehari.

 

Sumber: Healthline, Medicalnewstoday

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Persiapan Angkat Besi Indonesia Menuju SEA Games 2023

Video Populer

Foto Populer