Sukses


Contoh Teks Ceramah untuk Salat Jumat yang Singkat dan Mudah Dimengerti

Bola.com, Jakarta - Ceramah merupakan satu di antara media dakwah dalam penyebaran agama Islam. Dalam isi ceramah biasanya berisi ajakan berbuat kebaikan untuk meninggalkan keburukan.

Kegiatan ceramah biasanya dilakukan saat salat Jumat, salat subuh, pengajian, majelis taklim, dan kegiatan keagamaan lainnya.

Ceramah biasanya dilakukan oleh siapa saja. Namun, biasanya diutamakan oleh seseorang yang sudah paham mengenai ilmu agama.

Ketika seseorang sedang memberikan ceramah, dia berharap pendengar bisa memahami apa yang disampaikan.

Hanya, terkadang banyak orang yang menganggap bahwa mendengarkan ceramah adalah aktivitas yang membosankan dan membuat ngantuk. Terlebih jika ceramah yang dibawakan terlalu panjang.

Dengan demikian, bagi Anda yang ingin menyampaikan sebuah ceramah, buatlah naskah sepadat mungkin dan semenarik mungkin.

Jika masih bingung dalam membuatnya, banyak sumber yang bisa Anda jadikan referensi dalam membuat naskah ceramah.

Berikut ini contoh teks ceramah untuk salat Jumat yang singkat dan mudah dimengerti, disadur dari Brilio, Kamis (9/2/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Ceramah untuk Salat Jumat

Contoh teks ceramah tentang pergaulan bebas

Assalamualaikum wr.wb

Selamat siang generasi muda berkualitas Indonesia. Mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt. karena kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Izinkan saya menyampaikan beberapa patah kata bagi saudara sekalian.

Apakah teman-teman pernah mempunyai pacar? Atau ada yang mempunyai geng dan suka nongkrong? Dunia remaja yang identik dengan kebebasan perlu mendapatkan pengawasan ekstra. Perubahan hormon dan lingkungan sosial bisa sangat berpengaruh pada kebiasaan remaja tersebut. Di masa ini, perhatian orang tua berperan penting agar remaja tidak terjerumus pada pergaulan bebas.

Cara mengontrol remaja pun perlu disesuaikan dengan karakternya, seperti dengan memberikan edukasi langsung, menegur, hingga meminta bantuan psikolog. Kesalahan dalam menegur remaja hingga dianggap mengekang justru membuat remaja makin tertutup dan berpotensi melakukan pelanggaran.

Waspadai pergaulan bebas yang bisa merusak generasi muda sejak dini. Generasi yang baik akan memberikan kontribusi positif pada Indonesia. Mari kita bangun negeri ini dengan generasi berkualitas. Sekian ceramah dari saya.

Wassalamualaikum wr.wb

 

Contoh teks ceramah untuk anak muda

Assalamualaikum wr.wb

Selamat siang generasi muda berkualitas Indonesia. Mari kita panjatkan puji syukur pada Allah Swt. karena kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Izinkan saya menyampaikan beberapa patah kata bagi saudara sekalian, yang terutama masih duduk di bangku sekolah menengah.

Apakah teman-teman pernah merasa minder karena berada di lingkungan yang penuh orang berpengaruh? Mungkin teman-teman memiliki idola yang sukses dan berhasil melakukan banyak pencapaian. Sebenarnya, hal tersebut juga bisa teman-teman dapatkan. Ada banyak cara untuk meraih kesuksesan, salah satunya dengan memanfaatkan waktu senggang.

Coba jujur pada diri sendiri, ada berapa banyak waktu yang digunakan untuk berselancar di media sosial dibandingkan untuk belajar? Jika waktu tersebut dimanfaatkan secara baik, kesuksesan akan makin dekat dengan kita. Sesekali teman-teman bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari ide dan melihat peluang pasar. Carilah mentor yang sesuai dengan bidang teman-teman dan jangan berhenti belajar sekalipun gagal ketika mencoba.

Setiap dari kita memiliki potensi untuk sukses dan berkontribusi pada negeri melalui cara apa pun. Maksimalkan potensi tersebut dengan memilih lingkungan yang tepat. Akhir kata, saya memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penyampaian. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Ceramah untuk Salat Jumat

Contoh teks ceramah tentang jodoh

Assalamualaikum wr.wb

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur pada Allah Swt. karena kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan ceramah tentang jodoh.

Jodoh bisa diartikan sebagai teman hidup yang mencerminkan diri sendiri. Ada tiga hal yang menjadi landasan bahwa orang tersebut layak untuk dijadikan pendamping. Pertama, pilihlah orang yang pemaaf apabila kita berbuat salah, meskipun sangat sulit mendapat pasangan yang baik.

Kedua, pilih orang yang bisa memaklumi dan menerima setiap kekurangan kita. Karena pada dasarnya semua orang tidak ada yang sempurna, karena semuanya saling melengkapi. Ketiga, pilih yang bisa memotivasi kita karena roda kehidupan terus berputar dan dapat memotivasi kita ke arah yang lebih baik.

Kesimpulan yang dapat diambil dari tema ini adalah kita harus memilih jodoh yang bisa menuntun kita ke arah yang lebih baik sehingga kita dapat hidup dengan orang yang tepat dan berakhlak mulia.

Sekian ceramah hari ini yang bisa saya sampaikan,

Wassalamualaikum wr.wb

 

Contoh teks ceramah tentang larangan berpacaran dalam Islam

Assalamualaikum wr.wb

Sebelumnya, mari kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur atas nikmat dan rahmat yang Allah Swt. berikan kepada kita semua. Selawat serta salam semoga terus tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad saw. yang telah membimbing kita menuju jalan yang lurus dan terbebas dari kebodohan dan kejahiliahan. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai pacaran.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pacaran kini sudah menjadi hal yang biasa di tengah kalangan masyarakat indonesia khususnya para remaja. Masyarakat tidak menyadari bahwa pacaran yang dilakukan oleh anak muda zaman sekarang sudah sangat jauh dari kebenaran akhlak seorang muslim yang sebenarnya.

Allah Swt. telah beberapa kali mengingatkan kita untuk tidak berpacaran. Karena ketika seorang wanita dan pria sedang berpacaran maka secara otomatis itu akan menyebabkan perzinahan. Mengapa demikian?

Dengan hanya memikirkan orang yang kita cintai saja kita sudah dapat dikatakan berzina, karena setelah kita memikirkan orang yang kita cintai tidak menutup kemungkinan jika suatu hal negatif pun akan terlintas dipikirannya. Selain zina pikiran ada juga zina mata, yaitu di mana kita sedang memandang orang yang kita cintai dengan penuh nafsu setan.

Yang lebih parah adalah jika seseorang itu telah melakukan zina perbuatan, yaitu ketika kita sampai bersentuhan atau berbuat hal yang tidak semestinya. Maka Allah akan melaknat orang telah melakukan perbuatan yang demikian. Seperti yang telah dijelaskan oleh Allah Swt di dalam Al-Qur'an surah Al-Isra’ ayat 32 yang artinya:

"Dan janganlah kalian mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk." (Q.S. Al-Israa’/17:32)

Untuk itu kita sebagai umat manusia, marilah kita saling mengingatkan satu sama lain agar kita tidak terjerumus ke dalam kemaksiatan.

Demikian ceramah saya pada kali ini, semoga teman-teman bisa mengambil manfaat dari ceramah ini.

Wassalamualaikum wr.wb

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Ceramah untuk Salat Jumat

Contoh Ceramah Singkat tentang Bersyukur

Assalamualaikum wr.wb

Hadirin yang Allah muliakan, pada kesempatan kali ini saya akan membahas majelis ilmu singkat mengenai syukur. Syukur dalam penerapannya mempunyai banyak dimensi dan warna yang berbeda. Syukur dalam agama Islam mempunyai peranan yang penting dalam mengatur tindakan yang berangkat dari hati.

Kalau kita mau melihat fenomena kekacauan yang terjadi pada akhir zaman ini, kita akan mendapati bahwa satu di antara akar masalah dari kekacauan tadi adalah kurangnya rasa syukur yang dimiliki oleh manusia dan jauh dari mengingat kematian. Syukur yang benar pasti akan melahirkan perilaku yang baik dan tepat.

Allah berfirman tentang keharusan bersyukur dalam surah Al-Baqarah ayat 152 dan 172, artinya seperti ini:

"Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar"

Dalam ayat satunya Allah berfirman yang artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya"

Dua ayat di atas secara jelas memerintahkan kita untuk bersyukur atas apa saja yang Allah beri.

Selain itu, Rasulullah saw. bersabda: "Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan pula baginya." (HR. Muslim)

Dalam ayat yang lain surat An-Nisa’ dan Ibrahim Allah juga berfirman yang artinya:

"Allah tidak akan menyiksamu jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui"

Pada surat Ibrahim bunyinya seperti ini:

"Dan ingatlah ketika tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat"

Dari dua dalil Al-Qur'an di atas, jelas bagi kita pelajaran yang dapat dipetik, yaitu untuk selalu bersyukur disetiap keadaan yang menimpa kita. Jangan sampai kita termasuk orang-orang yang mengingkari nikmat, sehingga mendapatkan azab dari Allah.

Saya kira cukup sampai di sini majelis ilmu singkat mengenai syukur ini, semoga kita bisa mengamalkan syukur ini dalam setiap sendi kehidupan kita. Aamiin.

Wassalamualaikum wr.wb

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Shofia Nida. Published: 9/12/2021)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer