Sukses


Bacaan Salat Fardu Lengkap dari awal Sampai Akhir beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Salat merupakan satu di antara ibadah yang wajib dikerjakan oleh umat Islam. Pasalnya, kedudukan salat dalam agama Islam diibaratkan tiang penopang dari suatu kubah atau kemah.

BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat 5 Waktu Arab Dan Latin Lengkap Dengan Tata Caranya

Tiang penopang yang dimaksud di sini adalah tiang utama. Hal ini berarti jika tiang utama ini roboh maka suatu kubah atau kemah akan roboh sehingga para ulama mendefinisikan salat sebagai tiang agama.

Hal ini ditegaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah saw. bersabda:

"Inti segala perkara adalah Islam dan tiangnya yang merupakan salat." (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973.)

Selain itu, ibadah ini juga yang nantinya akan dihisab pertama kali di hari akhir kelak.

Ada dua macam salat, yakni salat fardu dan sunah. Salat fardu adalah salat yang wajib dilaksanakan lima waktu dalam sehari semalam. Sedangkan salat sunah, merupakan salat yang didirikan di antaranya salat fardu. Apabila dikerjakan mendapat pahala, jika ditinggalkan tidak menjadi dosa.

Maka itu, sudah seharusnya umat Islam mengerjakan dan menyempurnakan ibadah salat, termasuk memperhatikan apa yang dibaca ketika salat.

Berikut ini bacaan salat fardu lengkap dari awal sampai akhir beserta artinya, yang penting dipahami umat Islam, disadur dari Merdeka, Rabu (15/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Bacaan Niat Salat Fardu

  • Salat Subuh

"Ushalli fardhas subhi rak’ataini mustqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: "Saya berniat salat fardu subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala/Ma'mum karena Allah Ta'ala/Imam karena Allah Ta'ala."

  • Salat Zuhur

"Ushalli fardhadz dzuhri arba’a raka’aatin mustqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa."

Artinya: "Saya berniat salat fardu zuhur empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala/Ma'mum karena Allah Ta'ala/Imam karena Allah Ta'ala."

  • Salat Asar

"Ushalli fardhal ashri arba’a raka’aatin mustqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa."

Artinya: "Saya berniat salat fardu asar empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala/Ma'mum karena Allah Ta'ala/Imam karena Allah Ta'ala."

3 dari 6 halaman

Bacaan Niat Salat Fardu

  • Salat Magrib

"Ushalli fardhal maghribi salasa’ raka’aatin mustqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa."

Artinya: "Saya berniat salat fardu magrib tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala/Ma'mum karena Allah Ta'ala/Imam karena Allah Ta'ala."

  • Salat Isya

“Ushalli fardhal ‘isyaa-i raka’aatin mustqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa. ”

Artinya: "Saya berniat salat fardu isya empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala/Ma'mum karena Allah Ta'ala/Imam karena Allah Ta'ala."

4 dari 6 halaman

Bacaan Salat Lengkap dari Awal hingga Akhir

  • Takbiratul Ihram

"Allaahu akbar"

Artinya: "Allah Maha Besar."

  • Bacaan Doa Iftitah

"Allaahu akbar kabiiraw walhamdu lillaahi katsiira wa subhaanallaahi bukrataw wa'ashiila."

Artinya: "Allah Maha Besar, maha sempurna kebesaran-Nya. Segala puji bagi Allah, pujian yang sebanyak-banyaknya. Dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan petang."

  • Bacaan Doa Iftitah Selanjutnya

"Wajjahtu wajhiya lilladzii fataras samawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin. inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil aalamiin. laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin."

Artinya: "Kuhadapkan wajahku kepada Zat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan penuh ketulusan dan kepasrahan dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku dan matiku semuanya untuk Allah, penguasa alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan demikianlah aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang yang muslim."

  • Bacaan Surah Al-Fatihah

“Bismillahir rahmaa nirrahiim. alhamdu lilla hi rabbil 'alamin. ar rahmaanirrahiim. maaliki yaumiddiin. iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. ihdinash shirraatal musthaqiim. shiraathal ladziina an'amta 'alaihim ghairil maghduubi 'alaihim waladh-dhaalliin.”

Artinya: "Dengan nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam, yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

Kemudian dianjurkan membaca "Aamiin" setelah membaca atau mendengar imam selesai melantunkan Al-Fatihah.

  • Membaca Surah Pendek dari Al-Qur'an
5 dari 6 halaman

Bacaan Salat Lengkap dari Awal hingga Akhir

  • Bacaan Rukuk

"Subhaana robbiyal 'adziimi wabihamdih", sebanyak tiga kali.

Artinya: "Maha Suci Tuhan yang Maha Agung serta memujilah aku kepada-Nya."

  • Bacaan I’tidal

"Sami'allaahu liman hamidah."

Artinya: "Allah maha Mendengar terhadap orang yang memuji-Nya."

  • Bacaan I’tidal Selanjutnya

“Robbanaa lakal hamdu mil us samawaati wamil ul ardhi wamil u maa syi'ta min syain ba'du.”

Artinya: "Ya Allah Tuhan kami, bagi-Mu segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh sesuatu yang Engkau kehendaki sesudah itu."

  • Bacaan Sujud

“Sub haana robbiyal a'la wabihamdih”, sebanyak tiga kali.

Artinya: "Maha Suci Tuhan yang Maha Tinggi serta memujilah aku kepada-Nya."

6 dari 6 halaman

Bacaan Salat Lengkap dari Awal hingga Akhir

  • Bacaan Duduk di Antara Dua Sujud

“Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii.”

Artinya: "Ya Allah ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, cukupkanlah segala kekurangan dan angkatlah derajatku, berilah rezeki kepadaku, berilah aku petunjuk, berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku."

  • Bacaan Tasyahud Awal

“Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaatu lillaah. assalaamu 'alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatullahi wa barokaatuh. assalaaamu'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish shoolihiin. asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rosuulullah. allahumma sholli 'alaa muhammad.”

Artinya: "Segala penghormatan, keberkahan, selawat, dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad."

  • Bacaan Tasyahud Akhir

“Allahumma sholli 'alaa muhammad wa 'alaa aali muhammad kamaa shollaita 'alaa ibroohim wa 'alaa aali ibroohimm innaka hamiidum majiid. alloohumma baarik 'alaa muhammad wa 'alaa aali muhammad kamaa baarokta 'alaa ibroohim wa 'alaa aali ibroohimm innaka hamiidum majiid.”

Artinya: "Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau maha terpuji lagi Maha Mulia."

  • Bacaan Salam

"Assalaamu alaikum wa rahmatullah."

Artinya: "Semoga keselamatan dan rahmat Allah dilimpahkan kepadamu."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Andre Kurniawan. Published: 19/11/2021)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer