Sukses


8 Cara Terbaik untuk Berhenti Kecanduan Alkohol

Bola.com, Jakarta - Bagi orang yang sudah dalam tahap kecanduan mengonsumsi minuman mengandung alkohol, menghentikannya harus melewati tahapan yang tidak mudah.

Orang yang sudah kecanduan minuman beralkohol juga akan terus mengonsumsi minuman tersebut tanpa mengenal situasi dan kondisi, serta tidak memedulikan konsekuensinya.

Ada reaksi kimiawi yang membuat seseorang merasa puas ketika minum alkohol. Hal tersebut yang membuat para pecandu alkohol sulit melepaskan ketergantungannya.

Akan tetapi, jika hal ini dibiarkan dan tidak segera dihentikan, dapat memberikan efek samping yang tidak baik. Mulai masalah kesehatan hingga risiko munculnya masalah sosial.

Jika kamu sudah bertekad lepas dari alkohol, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan guna membantu usahamu dalam berhenti dari kecanduan mengonsumsi alkohol.

Berikur delapan cara terbaik untuk berhenti kecanduan alkohol, seperti dikutip dariĀ Healthline dan Riahealth, Jumat (17/2/2023)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Terbaik untuk Berhenti Kecanduan Alkohol

1. Minta Bantuan Psikolog

Jika kamu tidak mampu mengatasi kecanduan alkohol ini sendiri, saatnya untuk menemui psikolog. Masalah kecanduan alkohol dapat diatasi dengan pendekatan psikologisĀ bersama psikolog.

Psikolog akan membantu dengan beberapa cara mengatasi kecanduan alkohol, seperti mengubah perilaku yang membuat kecanduan minum alkohol, membangun sistem pendukung diri yang kuat, dan membantu membangun tujuan hidup baru.

2. Memberikan Diri Motivasi

Motivasi menjadi suatu hal yang perlu ketika ingin berhenti dari kecanduan. Katakan kepada dirimu bahwa terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat membuat kondisi kesehatanmu menurun.

Ada banyak gangguan kesehatan jika kamu terlalu banyak mengonsumsi alkohol, seperti munculnya kanker, gagal jantung, diabetes, dan gangguan saraf otak.

3. Menjauhi Stres

Menjauhi stres bisa menjadi cara untuk menghindari kecanduan alkohol. Pada beberapa kasus, kecanduan minum minuman beralkohol yang dialami seseorang dikarenakan mereka mengalami stres.

Kamu dapat mencoba mengurangi stres dengan melakukan hobi atau kegiatan yang kamu sukai, atau melakukan relaksasi untuk mengurangi ketegangan penyebab stres.

3 dari 4 halaman

Cara Terbaik untuk Berhenti Kecanduan Alkohol

4. Mencari Kegiatan Lain

Pertimbangkan pergi ke gym setelah bekerja untuk menggantikan minum bir. Carilah kelompok sosial yang berfokus pada hobi bersama, seperti musik, olahraga, seni dan kerajinan, atau hiking.

Isi jadwalmu dengan hal-hal yang harus dilakukanĀ daripada mendatangi bar untuk minum minuman beralkohol, dan perhatikan saat itu semua akhirnya menggantikan alkohol dalam hidupmu.

5. Hindari Godaan Minum Alkohol

Untuk beberapa situasi, strategi terbaikmu mungkin menghindari godaan sama sekali. Jika kamu merasa bersalah menghindari atau membatalkan janji bertemu teman-temanmu (di mana ada kemungkinan godaan besar untuk minum alkohol), kamu bisa mengubah lokasiĀ bertemu di tempat yang tidak menjual alkohol.

Kamu tetap bisa menjalin hubungan pertemanan dengan melakukan aktivitas lain yang tidak melibatkan atau menghadirkan alkohol, dan mengganti minuman alkohol dengan minuman lainnya yang lebih menyehatkan.

6. Temukan Minuman Favorit Baru

Memilih minuman pengganti yang tepat dapat membantu kamu tetap teguh dalam keinginan untuk berhenti minum alkohol.Ā Air putih mungkin menawarkan banyak manfaat kesehatan, tetapi memang bukan pilihan yang paling menarik.

Dengan sedikit kreativitas, kamu perlu berusaha sedikit keras untuk menemukan minuman favorit baru, tetapi tidak masalah asalkan kamu tidak mendekat lagi pada alkohol. Kamu dapat mencoba mengganti minuman alkohol dengan jus buah atau kopi yang tak kalah enaknya.

4 dari 4 halaman

Cara Terbaik untuk Berhenti Kecanduan Alkohol

7. Meminta Dukungan Orang Terdekat

Beritahu orang terdekat mengenai keputusanmu untuk berhenti minum alkohol. Hal ini dapat memotivasi kamu agar tetap konsisten dalam mengambil keputusan. Keluarga, pasangan, dan teman terdekat dapat memberikan dorongan dan dukungan saat kamu ingin berhenti minum.Ā 

Mereka juga bisa kapan saja kamu mintai tolong untuk mengingatkan setiap saat kamu akan mulai meminum alkohol kembali. Dukungan secara moral sangat dibutuhkan ketika kamu ingin berhenti dari kecanduan terhadap beberapa hal.

8. Mengubah Gaya Hidup

MengubahĀ gaya hidup merupakan langkah penting untuk mengatasi kecanduan alkohol. Kamu perlu mulai menerapkanĀ gaya hidup sehat, seperti dengan beristirahat cukup dan rutin berolahraga.

Aktivitas lama yang berkaitan dengan alkohol perlu dijauhi dan diganti dengan aktivitas baru yang lebih positif, seperti membangun aktivitas spiritual dengan lebih rutin beribadah. Selain itu, kamu perlu menjauhi teman dan situasi yang tidak mendukung proses pemulihan.

Ā 

Sumber:Ā Healthline, Riahealth

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklikĀ tautan ini.

Video Populer

Foto Populer